Minggu, 10 Januari 2016

Monster sungai

Siang ini saya bertemu beberapa teman lama dari hiswana migas (himpunan wiraswasta minyak dan gas bumi) di sebuah acara hajatan. Sudah lama jarang bertemu dengan mereka, karena saya lama tidak aktif di organisasi itu, yang aktif hanya anak dan istri saja. Selain menanyakan tentang kabar kesehatan, mereka juga menanyakan kegiatan bisnis saya di luar bidang migas.

Kebanyakan dari mereka adalah para pemain lama dalam bidang migas yang sudah berada di zona nyaman, sehingga mereka kadang tidak berani mencoba bisnis baru selain bisnis yang sudah mereka kuasai. Itulah kenapa mereka menanyakan bagaimana awal punya keberanian melakukan terobosan. Jawaban saya agak mirip sebuah cerita tentang Monster sungai yang sengaja saya kutip dari buku Anthony de Mello.


Suatu hari, seorang pendeta yang sedang khusuk berdoa merasa terganggu oleh anak-anak. Untuk menghalau anak-anak itu, pendeta itu mengarang cerita. Ia berkata kepada anak-anak itu," Cepat pergilah ke sungai, kalian dapat melihat monster yang menyemburkan api lewat lubang hidungnya." Sebentar saja semua orang di desa itu mendengar kabar penampakan dari monster itu, mereka bergegas menuju sungai. Sang pendeta itu lalu ikut bergabung bersama banyak orang. Sembari berlari tersengal-sengal sejauh empat mil, ia terus bicara sendiri, " Memang aku sendiri yang mengarang cerita, tapi siapa tahu benar-benar ada !"

Kadang, cara yang paling baik untuk memiliki keyakinan pada kesuksesan yang akan kita wujudkan adalah meyakinkan orang lain bahwa kesuksesan itu benar-benar dapat dicapai. " Awalnya, saya meyakinkan para karyawan melalui motivasi bahwa perusahaan akan sukses walau saya sendiri belum yakin. Akhirnya, saya sendiri yang jadi termotivasi dan yakin bisa sukses," kataku menjelaskan kepada teman-teman hiswana migas itu.
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Postingan Baru di tahun baru...
    Terus memotivasi dengan artiket inspiratif Pak Han...
    Salam Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya usahakan minimal seminggu sekali bisa tetap posting di sini. Terima kasih, Anto. Salam sukses hidup luar biasa.

      Hapus