Kamis, 14 September 2017

Tujuan Hidup



Nama De beers mungkin tidak asing lagi bagi penggemar permata terutama ibu-ibu karena tidak jarang tampil iklannya di majalah wanita. Ada kisah menarik tentang berdirinya De beers yang sampai kini masih eksis menguasai pasar industri berlian dunia walaupun usia bisnis ini sudah lebih dari satu abad.

Di antara orang-orang yang berburu tambang berlian ke Afrika Selatan ada seorang pemuda berusia 18 tahun yang bernama Cecil Rodhes. Meskipun tidak punya modal, hanya berbekal mimpi untuk sukses, ia berangkat dari Inggris bersama kakaknya. Tetapi karena tujuannya jelas, ia dapat merencanakan dengan baik misi  kepergiannya ke sana.

Ia sengaja memboyong peralatan pembuat es dari Inggris sehingga dapat berjualan es pada para pekerja tambang yang sering menderita karena panas. Dari hasil itulah kemudian ia bisa membeli sedikit demi sedikit area lokasi tambang di situ, sampai akhirnya membuat ia mampu mendirikan perusahaan De beers pada tahun 1880 yang kemudian dikenal sebagai produsen berlian terbesar di dunia.

Kita semua pasti punya tujuan dan keinginan dalam hidup ini. Bahkan kadang banyak sekali sehingga tidak jelas mana yang utama mana yang bukan. Tapi ketika kita memiliki tujuan yang jelas, kita terdorong untuk berimajinasi, merancang rencana-rencana apa yang harus dilakukan seperti yang dilakukan oleh pemuda itu. Semakin jelas tujuan, semakin besar hasrat kita untuk mewujudkannya. Orang yang tidak memiliki tujuan hidup tidak akan mencapai apa yang diinginkan.

Tujuan hidup yang tidak jelas, samar-samar, lama-kelamaan akan mati terabaikan. Itulah mengapa kita perlu menetapkan tujuan yang tidak hanya asal tujuan, tapi tujuan yang jelas dan serinci mungkin. Daripada menetapkan ' saya akan berlatih catur', bukankah lebih baik menetapkan ' saya akan berlatih catur 4 jam setiap hari ?'

Setiap orang tentu memiliki tujuan hidup tapi tidak setiap orang mau menghidupi tujuannya.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar