Selasa, 30 Januari 2018

Mengukur Kemajuan

Salah satu faktor motivasi terbesar di dalam hidup ini adalah kemajuan. Kalau kita merasa semakin hari kita semakin maju tentu kita akan lebih bersemangat. Itulah mengapa kita harus mengetahui maju tidaknya apa yang selama ini kita kerjakan. Banyak orang merasa kehilangan semangat, lalu frustasi karena mereka merasa sudah bekerja keras tapi tidak membawa hasil yang sepadan dengan upaya mereka.

Mungkin filosofi berpikir dan sikap kita sudah benar. Mungkin pengetahuan dan keterampilan kita sudah cukup. Sekarang tinggal bagaimana tindakan kita, karena hanya tindakanlah satu- satunya cara untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, yaitu dengan bekerja. Bekerja untuk membangun karier yang lebih baik. Bekerja untuk membangun dan berusaha hidup lebih baik, lebih sehat dan lebih bernilai.



Tujuan sudah ditentukan, dan tindakan sedang dikerjakan. Sembari bekerja, kita perlu belajar mengukur seberapa jauh kita telah melangkah. Kemajuan yang diukur berdasarkan oleh waktu yang wajar dan masuk akal. Jika setiap berapa menit sekali kita menanyakan kemajuan, tentu terlalu pendek. Lima tahun sekali terlalu lama. Ukurlah kemajuan langkah kita secara periodik  dalam jarak waktu tertentu, wajar dan masuk akal.

Mengukur kemajuan belajar anak kita di kelas diukur dengan penerimaan rapor dan kenaikan kelas setiap tahunnya. Kita menuntut anak kita naik kelas setiap tahunnya bukan tinggal kelas. Demikian juga berlaku bagi kita orang dewasa, janganlah tinggal di satu kelas lebih lama dari setahun ketika belajar, apakah itu soal belajar manajemen, kewirausahaan, kepemimpinan atau apapun. Tetap jaga langkah dalam belajar.

Ketika aku mengerjakan proyek hotel setinggi enam lantai dua tahun yang lalu, pada mulanya  mengalami kesulitan. Mengerjakan satu lantai ternyata butuh waktu satu setengah bulan, ini terlalu lama. Kemudian tindakan kusesuaikan, metodanya kuubah sehingga akhirnya bisa lebih cepat. Per lantai berikutnya hanya butuh waktu dua minggu seperti keinginanku.


Jika kemudian kita tahu bahwa kemajuan kita sangat lambat atau sedikit, hadapilah, karena itu adalah kenyataan. Kita tidak harus menipu diri sendiri. Kita terima dan pikirkan bagaimana cara meningkatkan kesehatan yang lebih baik, pendapatan lebih baik, keterampilan yang lebih baik, bagaimana meningkatkan kemajuan kita. Kita tidak perlu mengubah ekonomi, tidak perlu mengubah tujuan, kita hanya perlu mengubah diri kita sendiri.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar