Selasa, 26 November 2013

30 Detik Pertama


Siapa yang tidak kenal Andi.F.Noya dengan gayanya yang khas saat talk show kick Andy di Metro TV. Yang membuat saya kagum dan suka menonton acara ini adalah karena kepiawaian Andy melontarkan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaannya begitu lugas dan cerdas, membuat siapa saja yang menyimak akan terkesima. Sang narasumber pun tidak merasa sakit hati, ketika pria berambut ikal ini melancarkan pertanyaan setajam silet. Bahkan kadang menimbulkan semua orang yang menyaksikan tertawa geli. Ada perhatian, penegasan dan penghargaan yang tulus tersirat didalam pertanyaannya.

Satu pelajaran yang saya petik untuk membuat orang lain menyukai Anda adalah 30 detik pertama.  Mulailah dengan memberikan perhatian yang tidak terbagi, tegaskan dan tunjukkan penghargaan Anda terhadap mereka dalam 30 detik pertama. Lalu saksikan apa yang terjadi. Anda akan terkejut melihat seberapa positifnya mereka. Jika Anda suka lupa untuk berfokus terhadap mereka, mungkin kata-kata bijak William King dapat membantu. Ia berkata “ Tukang gosip adalah yang bercerita tentang orang lain pada Anda. Orang yang membosankan adalah orang yang bercerita mengenai dirinya sendiri pada Anda. Namun seorang pembicara yang cemerlang adalah orang yang berbicara mengenai diri Anda pada Anda.”


Kebanyakan orang, saat hendak bertemu orang lain, mereka mencari cara untuk terlihat lebih baik. Kunci untuk menerapkan 30 detik pertama, justru kebalikannya. Saat kita membina hubungan dengan orang lain, usahakan jangan berfokus pada diri sendiri, namun carilah cara untuk membuat mereka terlihat baik. Berhentilah sejenak, pikirkan sesuatu yang dapat dikatakan untuk memotivasi mereka. Bisa berupa ucapan terima kasih atas sesuatu yang mereka lakukan, bisa memuji salah satu prestasi mereka, bisa berikan pujian atas kualitas pribadi mereka, atau pun mungkin sekedar memuji penampilan mereka. Tindakan ini tidak rumit, namun membutuhkan usaha, waktu dan disiplin.

Vince Lombardi, pelatih rugbi terkenal dan seorang disiplin sejati yang ditakuti. Namun ia juga seorang motivator yang hebat. Suatu hari ia melumat seorang pemain yang tidak melakukan tugas blocking dengan baik. Setelah usai latihan, ia bergegas masuk keruang locker dan melihat bahwa pemain itu sedang duduk di depan lockernya, kepalanya tertunduk kecewa. Lombardi mengacak-acak rambut pemain itu, menepuk punggungnya, dan berkata, “ Suatu hari nanti kamu akan menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.” Pemain itu adalah Jerry Kramer dan ia berkata bahwa ia terus melihat gambaran positif sepanjang kariernya.

Jika Anda ingin membuat kesan yang bertahan lama dan positif, kita sekarang tahu apa yang mendatangkan hasil dan tidak. Cara yang paling efektif adalah “kesan pertama” atau prinsip 30 detik yang menciptakan pengaruh awal yang membuat orang lain terhubung dengan Anda.

Jika Anda terus memuji orang lain, menyuntikkan energi positif dengan memotivasi, Anda akan menciptakan lingkungan yang disukai orang. Setiap kali Anda masuk ke dalam sebuah ruangan, orang-orang akan merasa senang dan gembira. Kehadiran anda saja membuat hari orang lain cerah.

Semua orang dimana pun mereka berada, membutuhkan kata-kata yang manis serta pujian yang membesarkan hati untuk membakar harapan dan impian mereka. Mengucapkan kata-kata itu tidak membutuhkan banyak usaha, namun orang-orang yang menerimanya benar-benar bisa menjadi lebih bahagia. Jika Anda ingin membuat orang lain merasa puas dengan diri mereka sendiri dan merasa senang setiap kali  mereka bertemu Anda, terapkanlah prinsip 30 detik. Semua tahu, bagi mereka Anda sungguh bermanfaat.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Guruh Kurniawan ERTE ne. sampang26 November 2013 pukul 15.24

    SETUJU Pak Han .... pada kenyataannya di lapangan sering kali kita dihadapkan dengan kemajemukan kepribadian tp hal yang paling mendasar adalah mereka jg butuh PENGHARGAAN walau dengan kata-kata atau ungkapan manis serta pujian dan saya sadari ini akan berdampak positif bagi kita semua dan mereka lebih bersemangat.
    Matur suwun Pak Han .....

    BalasHapus
  2. Betul sekali Pak Han....Setiap orang disekeliling kita pasti akan lebih senang bersama kita jika kita bisa memberikan rasa nyaman,menumbuhkan semangat yaitu salah satunya dengan memberikan pujian,puji kelebihan/karakter yang menonjol pd orang yg kita hadapi...arahkan pujian kita pd target yg kita inginkan dari orang itu....berikan pujian pd tiap perkembangannya,beri solusi yang ringan dan tidak membebani pd setiap permasalahan yg dihadapi ...beri pujian dengan kata kata maupun dengan bahasa tubuh kita secara kontinue...dan akhirnya mereka akan lebih terbuka pd kita,lebih mudah dalam melaksanakan apa yg Perusahaan Targetkan...jangan kita selalu memuji orang yg memang sudah mampu/ahli...alihkan pujian kita pd orang yg memang sangat membutuhkan dorongan semangat dari kita...HIDUP LEBIH LUAR BIASA DARI HARI INI...

    BalasHapus
  3. Biasakan melihat hal2 positif dan kelebihan org lain, maka kita akan terbiasa memberikan pujian yg tulus kepada setiap orang.
    Pujian juga akan membuat orang merasa dihargaihasil kerjanya.
    Terima kasihPakHan untuk tulisannya yg inspiratif.
    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa,

    BalasHapus