Selasa, 12 November 2013

Bekerja dibawah pemimpin yang tidak efektif

“ Tapi pak, pimpinan kami orangnya kurang bijaksana, tidak bisa dikritik, pilih kasih, bisanya marah-marah dan semua selalu disalahkan, padahal kami sudah bekerja maksimal, bagaimana kami tidak frustasi ?”

Pernyataan ini adalah pernyataan yang sangat lazim terjadi ketika kepemimpinan tidak berjalan efektif. Kejengkelan, konflik, frustasi, suasana yang tidak kondusif, selalu menghiasi orang-orang yang bekerja dibawah pemimpin yang tidak efektif. Reaksi yang wajar untuk memperbaiki hal ini adalah mengganti atau memperbaiki pimpinannya, akan tetapi pilihan ini adalah pilihan pemimpin diatas pemimpin yang diatas kita. Kalaupun merupakan pilihan, hal ini juga mungkin kurang tepat.  Apapun keadaan kita, keterbatasan terbesar bukan karena pemimpin diatas kita-yang nota bene pemimpin tidak efektif, melainkan semangat didalam diri kita.


Kalau Anda ingin sukses, jangan biarkan nasib Anda dipengaruhi secara negatif oleh atasan Anda. Mungkin memang tidak mudah, namun Anda sangat mungkin berhasil dalam situasi seperti ini apabila Anda bersedia melakukan cara-cara yang saya rekomendasikan :

  1. Kembangkan hubungan yang mantap dengan pemimpin Anda. Jika Anda menjadikan pimpinan Anda sebagai musuh, akan tercipta situasi dimana semua menjadi pecundang. Cobalah untuk mengenal dirinya, temukan satu kesamaan, dan bangunlah hubungan profesional yang kokoh.
  2. Identifikasikan dan hargai kekuatan pemimpin Anda. Mungkin kekuatannya bukan kualitas yang Anda hargai atau kagumi. Itu bukan masalah. Temukan saja, dan kemudian pikirkan bagaimana memanfaatkannya untuk kepentingan organisasi. Jadilah satu tim dengannya.
  3. Berkomitmenlah pada diri sendiri untuk menambah nilai pada kekuatan pemimpin Anda. Jalur kearah kesuksesan didalam karier Anda, adalah memaksimalkan kekuatan Anda.
  4. Mintalah ijin untuk mengembangkan sebuah rencana permainan guna melengkapi kelemahan pemimpin Anda. Anda harus sangat berhati-hati dalam menangani kelemahan nya. Jangan berpendapat tentang kelemahannya, kecuali ia menanyakannya pada Anda. Idenya adalah Anda melakukan hal yang tidak dapat ia lakukan.
  5. Tunjukkan sumber daya kepemimpinan yang baik pada pemimpin Anda. Pendekatan yang Anda lakukan sangat penting. Jika Anda mungkin menemukan bahan referensi yang baik seperti buku, artikel atau cd tentang kepemimpinan yang baik, perlihatkan kepada pemimpin Anda, tapi jangan membuatnya tersinggung dengan mengatakan,” Wah, Anda membutuhkan ini.” Lebih baik Anda mengatakan seperti,”Saya baru saja selesai membaca buku ini, bagus sekali, saya kira anda mungkin menyukainya juga.” Atau bisa juga, katakan, ”Saya sedang membaca buku luar biasa ini, dan saya ingat Anda karena penulisnya mempunyai latar belakang yang sama dengan Anda. Saya kira Anda mungkin menyukainya.”
  6. Berilah semangat secara terbuka pada pemimpin Anda. Dukungan Anda terhadapnya akan membantu membentuk kepercayaan terhadap diri Anda. Selama dukungan Anda jujur dan berfokus pada kekuatan pemimpin Anda, hal tersebut tidak akan memberi cerminan buruk terhadap Anda, malahan akan melahirkan respek dari yang lain.
Kalau Anda tetap bertekun dalam jangka panjang, pada waktunya nanti orang akan mengakui bakat Anda. Yang lain akan mengakui kontribusi Anda. Mereka akan mengagumi kemampuan Anda untuk berhasil dan membantu orang lain, meskipun pemimpin Anda orang yang kurang berbakat dibandingkan Anda dalam menuju kesuksesan. Anda tidak boleh menyerah pada kefrustasian jangka pendek yang Anda rasakan. Jika Anda benar-benar mendapati kefrustasian tersebut menghalangi kelebihan Anda, mungkin sudah waktunya Anda ganti pekerjaan.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
10 Comments

10 komentar:

  1. Luar biasa Pak Han...setuju sekali sy Pak dengan rekomendasi Pak Han....dengan cara seperti itu pasti kt bisa menjadi orang yang hebat dimata pimpinan maupun dimata rekan2 yang kt pimpin...dan itu akan menghasilkan prestasi yg melebihi apa yg kita bayangkan...Hidup Lebih Luar Biasa Lagi Dari Hari Ini....Salam Sukses Hidup Luar Biasa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Michelle, kalau Anda setuju, bagikan untuk rekan-rekan yang masih resah dan gelisah supaya segera mendapat pencerahan. Alhamdulillah, bila bermanfaat bagi banyak orang. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
    2. Memang masih banyak yang hidupnya resah dan gelisah ya Pak Han...? wah kalo masih resah nnt yang disekelilingnya juga ikut resah dong Pak...he..he.. siap Pak smoga semua bisa berubah dan membawa kehidupan lebih indah lagi dan lebih optimis...Salam Sukses,Hidup lebih luar biasa hari esok...

      Hapus
    3. Hehehe...kalau statusnya masih berupa keluhan ya pasti hidupnya masih resah. Memang menular, maka cepat tularkan yang positif yaa...banyak eposnya.

      Hapus
  2. Sangat setuju dan Benar Sekali dengan rekomendasi yang Pak Han berikan, itu memang Rekomendasi yang luar Biasa yang harus segera di sampaikan ke Rekan-Rekan kita.
    Biar tercipta orang- orang yang punya pendirian teguh ...Orang-Orang yg berani menghadapi tantangan...Orang-Orang yg pingin maju dan sukses.
    Salam Sukses Hidup Luar Biasa..

    Rajiman Antoko

    BalasHapus
  3. Rekomendasi dari Bapak Luar biasa sekali...Dan bisa di jadikan Solusi untuk memecahkan masalah Hubunngan kerja antara Atasan dan Bawahan yang tidak Harmonis menjadi Harmonis . SALAM SUKSES , HIDUP LUAR BIASA ( Samun Samino. SPBU ; 44-531-05 Wangon )

    BalasHapus
  4. cocok diterapkan di Otokits Majenang nih...

    BalasHapus
  5. Guruh Kurniawan ERTE ne. sampang13 November 2013 pukul 12.28

    Siap Laksanakan Pak Han ....
    Mudah mudahan terbuka hati n pikiran
    Matur Suwun Pak Han ...

    BalasHapus
  6. Rekomendari yg luar biasa....perlu kesungguhan untuk dapat melaksanakannya...
    jika berhasil, pasti kita akan menjadi team yg luar biasa.
    Trm kasih Pak Han

    BalasHapus
  7. Waahhh...6 Langkah Cara Mempengaruhi Keatas...Hebat pak...

    #hidupluarbiasa

    BalasHapus