Rabu, 20 November 2013

Patah Semangat

Beberapa hari ini saya begitu tidak bersemangat, bisa jadi karena kondisi kesehatan tidak sedang dalam kondisi puncak. Tapi sejujurnya, dalam kehidupan saya, jarang ada hari yang berlalu tanpa membuat saya patah semangat. Ada saat-saat dimana kita merasa seperti itu, dan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan muncul, yang kadang tidak perlu dijawab.

Dampak dari patah semangat jika tidak ditangani dengan benar akan membuat kita berhenti. Paul J. Meyer, pendiri Success Motivation Institute, mengatakan,” Sembilan puluh persen orang gagal bukan karena dikalahkan. Mereka cuma menyerah.” Ketahuilah, kita pasti akan mengalami patah semangat pada titik tertentu, dan yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita akan menyerah atau bangkit ? Diperlukan sikap yang tepat dan keyakinan pada diri sendiri untuk memandang patah semangat sebagai sesuatu yang sementara, kemudian menanganinya dengan benar.


Milikilah perspektif yang tepat. Didalam kesulitan selalu terkandung kesempatan yang mungkin sulit ditemukan. Namun bagaimana kita bisa tahu, jika tidak memilih untuk menerapkan perspektif yang benar dan berusaha menemukan kesempatan itu.

Temui orang yang tepat. Tidak ada yang lebih baik dalam membantu kita mengatasi keputusasaan selain menghabiskan waktu bersama orang yang tepat. Mereka membantu kita memiliki harapan dengan menyemangati.

Ucapkan kata yang tepat. Ketika manajer divisi pelumas Gelora Group mengeluhkan betapa sulitnya mencari dan mendapatkan tenaga-tenaga penjual yang baik, saya bilang coba diganti kalimatnya dengan belum menemukan tenaga penjual yang tepat. Ia pun tersenyum dan setuju, perasaan pun ikut berubah. Temukan kata-kata yang positif yang cocok untuk Anda.

Milikilah ekspektasi yang tepat. Setiap kehidupan manusia adalah catatan harian dimana setiap orang ingin menuliskan kisah tertentu, tetapi dipaksa menuliskan kisah lain. Kisah yang kita tulis sesungguhnya bisa lebih baik dari kisah yang kita bayangkan seandainya kita memiliki ekspektasi yang tepat, bersikap fleksibel dan tidak berharap segalanya berjalan dengan sempurna. Kuncinya, berfokus pada yang dapat Anda raih, bukan apa yang tidak dapat Anda raih.

Ambillah keputusan yang tepat. Penting sekali untuk selalu melakukan hal yang benar. Penyesalan dan rasa bersalah hanya akan memperparah patah semangat. Waktu pengambilan keputusan juga penting. Jangan mengambil keputusan disaat kita sedang terpuruk, sedang berada pada keadaan tidak nyaman. Yang diperlukan pada saat seperti itu adalah kegigihan, bertekunlah. Setelah Anda mendaki ke tempat yang lebih tinggi, berada di puncak, itulah saatnya Anda membuat keputusan.

Sahabat-sahabatku yang luar biasa,

Semakin kita bertambah usia, sesungguhnya ada beberapa hal yang menjadi makin sulit, sedangkan yang lainnya menjadi semakin mudah. Dalam setiap tahap kehidupan, ada sisi baik dan buruknya. Fokuslah pada sisi baiknya, dan belajarlah menjalani sisi buruknya. Jika Anda membiarkan patah semangat merasuk kedalam diri Anda, dia dapat mengalahkan dan mencegah Anda mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Teguhkanlah hati. Sekelam apa pun masalah yang Anda hadapi, selalu ada alasan untuk berharap. Kesuksesan datang tidak dari situasi kita, tetapi dari sikap kita. Kuncinya, jangan pernah menyerah. Never give up !

Jika masih patah semangat, mau ngobrol dengan saya ?


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
9 Comments

9 komentar:

  1. Hidup ini di bangun oleh kebahagian-kebahagian kecil, Kebahagian di bangun oleh kesuksesan-kesuksesan kecil.Kesuksesan besar jarang sekali datang jika kita tidak memiliki kesuksesan-kesuksesan kecil...( NORMAN LEAR )


    Salam Luar Biasa

    BalasHapus
  2. terkadang kita menyerah bukan karena tidak kuat lagi, tapi karena malas untuk bangkit lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temukan alasan yang kuat supaya tidak malas untuk bangkit. Buat proposal hidup. Kenapa kita harus bangkit dan meraih sukses ? Apa yang akan kita banggakan didepan orang-orang yang kita cintai ? Didepan orang tua kita ? Didepan Tuhan YME kelak ? Hanya Anda yang bisa menjawabnya.

      Hapus
  3. Patah semangat memang semua orang pernah mengalami...terutama jika tujuan yg diinginkan tak kunjung dapat tercapai,atau hasilyg diangan2kan tak sesuai apa yg di impikan...tapi yg lebih bahaya lagi dengan orang yang slalu mematahkan semangat orang lain...yaitu orang yg jika diajak maju akn slalu mengeluarkan alasan yg membuat ide2 yg kita keluarkan terhambat...orang tersebut biasanya pnya prinsip hidup apa adanya sj...,saklek dengan pendiriannya...tidak fleksibel...dan dlm hidupnya cuma ada kata "KERJA" tanpa punya "HASRAT" untuk mempunyai terobosan bagaimana perusahaan tempat ia bekerja berkembang,memiliki prestasi yg mengagumkan...memiliki omset yg bagus...oleh karna itu mungkin sangat penting kita untuk menanamkan kata Hasrat dlm kerja kita karna kita bekerja dibidang pelayanan,service public...kita harus lebih kreatif lagi dalam merangkul pelanggan.. Pak Han...?ada ngga trik2 khusus untuk merangkul pelanggan agar kita dpt meningkatkan omset selain dari promosi yg mulai saya jalankan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat motivasi yg lalu saya menyampaikan bgm Joni the bagger, apakah sudah dijalankan ? Tidak harus sama, tapi intinya adalah memberikan nilai tambah. Bisa juga dengan memajang gelas ukur di area penjualan, dan menantang pelanggan bahwa kuantitas yang kita berikan benar2 tepat. Dengan didukung penataan yang apik, serta kesiapan operatornya juga akan meningkatkan kepercayaan customer. Semua perlu proses, artinya perlu waktu, tapi kalau kita tekun meningkatkan terus keistimewaan spbu kita dan semakin jauh meninggalkan pesaing. Jangan lupa, promosi yg paling ampuh adalah dari mulut ke mulut. Dengan mengenal secara personal nama, alamat, sebagai data base juga akan sangat membantu ke depan.Banyak sekali strategi marketing yang bisa dijalankan, hanya memerlukan kejelian dan pertimbangan efektivitas, sehingga benar-benar tepat sasaran. Silahkan konsultasi bila kesulitan via email tim spbu bintang. Selamat berkreasi.

      Hapus
  4. Guruh Kurniawan ERTE ne. sampang21 November 2013 pukul 10.53

    Patah semangat memang dampaknya luar biasa ke kita tapi bila kita bisa menyikapi dan bangkit dari keputusasaan tentu tidak akan sampai terpuruk, menyerah dengan keadaan dan sulit bangkit . ambil sisi baik walau sekecil apapun dan manfaatkan lah, jangan pernah menyerah selalu motivasi diri kalau perlu dekati dan minta nasehat dari orang-orang yang lebih mengerti tentang permasalahan kita dan ikhlas minta Petunjuk dari Allah SWT mudah-mudahan mencukupi.
    SELAMAT BERJUANG SAHABAT SAHABAT KU YANG LUAR BIASA ....

    BalasHapus
  5. Hidup Hanya sekali......Manfaatkanlah usia yang masih Produktif selagi kita masih mampu untuk melakukan sesuatu yang hasilnya bisa sangat Luar Biasa.., Dengan mencintai keluarga kita dan mencintai pekerjaan kita,bisa menjadikan Semangat hidup untuk lebih baik lagi.Amin. Salam Sukses ,Hidup Luar Biasa. (Samun Samino SPBU Wangon )

    BalasHapus
  6. Salah satu yang membedakan orang sukses dan gagal adalah bagaimana kemampuan orang tersebut dalam menangani pada saat mengalami patah semangat...

    Orang gagal akan menyerah terlalu cepat, sementara orang sukses akan mengelola Patah Semangat itu sebagai bagian dari proses pembelajaran dan mendapatkan keuntungan dari pengalaman yang diterimanya....

    Dengan melakukan cara menangani Patah Semangat yang telah diberikan Pak Han diatas,...saya yakin akan dapat kembali menyalakan semangat orang yang Patah Semangat...dan apabila berhasil...kesuksesan telah menunggu...

    Salam Sukses ....Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
  7. Beri dirimu kesempatan, teruslah berusaha, karena setelahnya ada banyak bahagia yang menanti untuk memperkenalkan diri..hehee..

    Muhammad Agung Budi Setiawan [Zarno]

    BalasHapus