Kamis, 21 November 2013

Akhir Cerita FIlm

Istri saya Lani, punya hobi menonton dvd serial drama film-film korea. Dan kalau orang menonton film seri biasanya sulit berhenti, begitu selesai satu disk ingin melanjutkan ke disk berikutnya, sehingga kadang sampai lupa waktu saking asyiknya. Saya tidak ikut menonton, karena kurang suka. Ada hal menarik yang saya perhatikan, yaitu Lani akan menonton disk yang terakhir lebih dulu baru kemudian menonton disk kisah awalnya, mungkin karena ingin tahu akhir ceritanya terlebih dahulu.

Sesungguhnya cara ini bisa menjadi suatu teknik yang luar biasa untuk memprogram pikiran dan membangun keyakinan kita dengan latihan akhir cerita film. Aturan mainnya sederhana. Biasanya film yang sama diputar beberapa kali di bioskop. Bayangkan Anda datang kebioskop lebih awal sepuluh menit terakhir sebelum film selesai, dan akan diputar ulang lagi untuk sesi berikutnya. Anda masuk dulu menonton akhir cerita film yang mau Anda tonton nanti, sehingga Anda bisa melihat bagaimana drama itu terselesaikan, bagaimana film itu berakhir memuaskan. Kemudian Anda menunggu beberapa saat dan ketika film dimulai lagi, Anda menonton kisahnya dari awal.



Sekarang Anda tahu akhir ceritanya baik-baik saja, sehingga Anda akan menonton dengan duduk santai dan damai, jauh dari ketegangan atau terperangkap dengan dugaan dari drama yang belum jelas hasil akhirnya. Anda sudah tahu film itu akan berakhir bahagia. Terapkanlah teknik yang sama untuk hampir semua hal yang akan Anda lakukan. Bangkitkanlah perasaan “akhir cerita film”  yang dalam diri Anda setiap kali Anda membayangkan peristiwa yang akan Anda hadapi atau masalah yang menyebabkan ketegangan atau Anda merasa tidak aman sama sekali.

Sebelum melakukan pertemuan, janji penjualan, tampil presentasi, atau mungkin wawancara dimulai, ambillah waktu sejenak untuk mendapatkan perasaan “akhir film” itu. Kemudian, rileks saja. Apa pun yang akan terjadi hanyalah untuk sementara, kita tidak perlu khawatir karena seolah kita sudah tahu bagaimana hasil akhirnya. Situasi ini pasti akan membaik bagi semua pihak, sesuai dengan yang kita yakini pada “akhir film”. Menariknya, jika kita melakukan hal ini berulang-ulang, selain kita akan lebih percaya diri, peristiwa-peristiwa dalam hidup kita cenderung akan berubah sebaik atau bahkan lebih baik dari harapan kita.

Sahabat-sahabatku yang luar biasa,

Akhir cerita film, bisa happy ending seperti yang kita harapkan, namun bisa juga tidak sesuai. Semua itu tidaklah penting. Yang terpenting bagi kita adalah jangan pernah berhenti meningkatkan diri. Jalani prosesnya dengan penuh keyakinan, tanpa perlu lagi ada kekhawatiran karena kita sudah tahu akhir kisahnya, baik atau pun buruk.

Setiap pagi di Afrika, seekor kijang bangun, ia tahu bahwa ia harus berlari lebih cepat dari singa yang tercepat, atau ia akan mati dimangsa.


Setiap pagi seekor singa bangun, ia tahu , ia harus mengejar kijang terlemah, atau ia akan mati kelaparan.

Tidaklah penting, Anda singa atau kijang, ketika matahari mulai menampakkan sinarnya...Anda lebih baik lari sekuat tenaga.


Ayo, lari, lari lagi, lari pagi....menyehatkan, kata bang haji Rhoma.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. memang saya pun selalu merasa takut terhadap apa yang ada di hadapan saya, karena saya tidak tahu apa yang akan terjadi, sehingga saya hanya mampu menduga duga saja, sampai pada saya takut akan dugaan saya sendiri, yang belum tahu benar atau tidaknya....

    BalasHapus
  2. Ada kalanya diawal saya melangkah punya rasa takut,kadang juga sy sangat yakin apa yang saya lakukan pasti berhasil, karna saya punya prinsip bahwa kita di beri kesempatan hidup oleh Tuhan di dunia untuk menjalankan apa yang ada dalam pikiran kita dan memberi wujud nyata dengan didasari aturan2 yang Tuhan berikan pada kita...ketakutan2 yang dirasakan sy biasanya karna kurangnya percaya diri dan faktor utamanya belum tahu ilmu tentang permasalahan yg sedang dihadapi...oleh karna itu jika saya mau mengerjakan sesuatu biasanya sy sudah mempelajari faktor terburuknya dan persentase keberhasilannya dari akhir sesuatu yg saya lakukan...intinya jika kita mau mengerjakan sesuatu wajib tau ilmunya dulu....Hduplal Lebih Luar Biasa Dari Hari Ini....

    BalasHapus
  3. Dalam melakukan sesuatu atau pekerjaan,kita harus punya rasa Percaya Diri bahwa kita bisa melakukannya dengan hasil yang terbaik, walaupun terkadang masih ada kendala yang harus kita hadapi..Dengan berusaha, kita harus yakin bahwa kita pasti bisa. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa ( Samun Samino , SPBU Wangon )

    BalasHapus
  4. Tips mengatasi rasa khawatir/takut yang sungguh luar biasa untuk bisa melangkah bahkan berlari dengan rasa percaya diri untuk meningkatkan diri kita ke tingkat yang lebih tinggi...

    Semua orang pasti punya rasa was-was, rasa khawatir maupun rasa takut...

    akan tetapi,.. orang yang berani adalah orang yang melakukan apa yang dia khawatirkan / takuti, sedangkan orang yang penakut adalah orang yang biasa melakukan hal yang biasa dan tak ingin mencoba hal yang baru ( pastinya dalam hal yang positif )...

    Sehingga orang yang selalu khawatir / takut dan tidak berani untuk melakukan langkah-langkah yang semestinya tidak perlu dikhawatirkan/ditakuti,..dapat dipastikan orang seperti ini tidak akan mencapai kesuksesan....

    Jadi.... Ayo, kita semua menghilangkan rasa was-was, rasa khawatir maupun rasa takut terhadap hal yang semestinya tidak perlu ditakuti untuk berlari.. dan berlari... mencapai kesuksesan yang Luar Biasa...

    Salam Sukses...Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
  5. Yes!! Yes!! Yes!!
    Ayo berlari kencang.....bekerja dengan sungguh2, tanpa rasa khawatir..

    Sekadar share unt sahabat2 disini:
    Dulu ketika sy manjadi karyawan di perush Farmasi, sy selalu berusaha bekerja semaksimal mungkin, dengan kesungguhan seperti bekerja unt perusahaan sy sendiri.
    (teman sy ada yg bilang: "Ah..cuma menguntungkan boss aja")

    Tetapi tanpa saya sadari, ternyata dgn kejujuran dan kesungguhan dlm bekerja itu sesungguhnya yg paling banyak mendapat keuntungan adalah diri saya sendiri.

    Terbukti, sy bisa membuka usaha sendiri, bukan karena punya uang untuk modal kerja.
    Tapi kesungguhan dlm bekerja itulah yg membuat sy mendapat dukungan dari mana2.

    Jadi....teruslah berlari kencang....happy ending menanti kita semua
    Salam Sukses..Hidup Luar Biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sharingnya, pak Ishak. Sungguh luar biasa, mudah2an dapat menginspirasi sahabat-sahabat yang membaca blog ini. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus