Selasa, 19 November 2013

Persahabatan

Pagi ini tiba-tiba saya mendapat sms dari seorang teman yang sudah cukup lama tidak kontak,  ia sedang mengerjakan proyek pembangunan hotel di Bali, sudah hampir setahun disana. Dan kebetulan, akhir bulan ini saya punya rencana menghadiri acara tahunan NSM (National Sales Meeting) selama tiga hari yang diadakan oleh PT.Pertamina Lubricant di hotel Westin Nusa Dua Bali. Setelah mengutarakan rencana kunjungan saya, langsung saja ia  menawarkan untuk menjemput kedatangan saya di bandara Ngurah Rai. Kangen pun menyelimuti hati kami, ingin segera bertemu.

Persahabatan memang harus dijaga, kebaikan-kebaikan juga harus ditaburkan saat menjalin hubungan dengan seseorang. Saya memang termasuk orang yang jarang bepergian, tapi kalau saya renungkan, ternyata ada saja para sahabat yang mau meluangkan waktunya untuk menyambut kedatangan saya ketika saya berkunjung ke kota-kota di seluruh Indonesia. Apakah Anda juga meluangkan waktu untuk menemui teman Anda bila kebetulan ia berkunjung ke kota Anda ? Hadirilah pernikahan sahabat Anda, walau mungkin hanya sekedar untuk mengucapkan selamat. Mampirlah sejenak untuk sekedar bertemu muka atau minum bersama pada saat Anda kebetulan singgah di kota para sahabat. Coba luangkan waktu untuk memprioritaskan menghadiri undangan para sahabat atau kerabat walau mungkin tidak efisien karena harus menempuh perjalanan cukup melelahkan dan memerlukan biaya.


Persahabatan tidak harus diperhitungkan dengan uang, waktu dan tenaga, apalagi dihubungkan dengan efisiensi. Kalau di perusahaan tentu beda, karena dalam bekerja, kita harus selalu bekerja secara efisien dan efektif. Berbicara mengenai efektivitas kerja, coba hitung berapa pencapaian Anda hari ini dibagi dengan waktu kerja Anda. Misalnya Anda dapat menyelesaikan 5 pekerjaan dalam 8 jam kerja, apakah Anda merasa efektif ? Bagaimana dengan total jam dalam seminggu dibanding pencapaian Anda ? Apakah masih efektif ? Bagaimana dibandingkan dengan pencapaian rekan kerja Anda yang melakukan pekerjaan serupa ? Intinya, efektivitas adalah yang berhubungan dengan hasil.

Efektif tidak sama dengan efisien. Kalau efisiensi adalah yang berhubungan dengan biaya. Yang Anda hasilkan bisa saja meningkat, tetapi biayanya mahal. Artinya efektif tapi tidak efisien. Sebaliknya, hasilnya tidak ada, tetapi biayanya sudah keluar, namanya tidak efektif, sekaligus tidak efisien. Yang efektif bisa saja membutuhkan sumber daya yang sangat besar sedangkan yang efisien barangkali memakan waktu yang lama. Sehingga, sebisa mungkin efektivitas dan efisiensi bisa mencapai tingkat optimum kedua-duanya.

Sahabat-sahabatku yang luar biasa,

Marilah kita kesampingkan jauh-jauh soal efisiensi bila berhubungan dengan persahabatan.  Persahabatan adalah ikatan emosional, ikatan hati bukan formalitas diatas kertas. Setiap orang berharap agar persahabatan yang dimilikinya akan terus berlangsung sampai kapan pun. Coba sempatkan untuk menghitung berapa jumlah sahabat yang saat ini kita miliki. Masih sedikit ya ? Kalau begitu, sama dengan saya. Marilah kita selalu berusaha menambah banyak sahabat, agar hidup ini lebih indah dan berarti dengan lebih banyak berbagi. Semakin banyak teman dan semakin banyak silaturahmi, semakin banyak pula rejeki kita. Omong-omong, apakah Anda mau menjadi sahabat baik saya ?

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
8 Comments

8 komentar:

  1. persahabtan sulit di jelaskan dan tidak pernah di pelajari di sekolah,Namun jika seseorang tidak berusaha mempelajari makna persahabatan, maka dia tidak dapat mempelajari apa-apa..


    salam luar biasa....

    BalasHapus
  2. Guruh Kurniawan ERTE ne. sampang19 November 2013 pukul 15.52

    Luar biasa Pak Han ... Anda seorang yang besar " tapi sungguh bijak dalam segala hal
    sungguh teramat mulia bisa mengenal Anda, apalagi dikenal Anda ... sungguh suatu anugrah

    Salam Hormat saya Pak Han ...

    BalasHapus
  3. saya mau pak jadi sahabat bapak....jadi kalau ke tegal boleh ya pak diluangkan waktunya untuk ketemu saya..hehehehehe

    BalasHapus
  4. untuk sahabat-sahabat yang lain juga, jika ke tegal ingat inyong yaa..hehehehe dan jangan lupa mampir jika ada waktu.

    BalasHapus
  5. Persahabatan...persahabatan didunia ini sangat luas cakupannya tidak cukup antar manusia...dua makhluk atau lebih yang didasari ikatan emosional yg dalam dan dengan ikatan hati itu bisa memberikan rasa saling membutuhkan,saling menghargai,saling mengisi sehingga dgn persahabatan itu akan menciptakan suasana nyaman,suasana bahagia dalam kebersamaan...dalam konteks pekerjaan...rasa persahabatan pasti akan tumbuh seiring dengan kebersamaan ditiap saat,menghadapi masalah pekerjaan bersama,memecahkan permasalahan bersama,perasaan senasib dan perasaan itu akan langgeng sampai kapanpun...oleh karna itu sy sangat setuju jika tiap tahun PT GELORA GROUP mengadakan acara Gathering...karna bisa memupuk rasa persahabatan dan kebersamaan yg merupakan modal dasar untuk memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang Lebih LUAR BIASA lagi....Setuju Pak Han...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pencetus ide ini, dengan meyakinkan dewan direksi bahwa acara ini akan berdampak bagi perusahaan sepadan dengan anggaran yang dikeluarkan. Asal kalian dapat membuktikan perubahan yang memuaskan dewan direksi, tentu saya adalah orang pertama mengusulkannya lagi. Ini bulan ke delapan, ayo lebih semangat, kita harus bersatu-padu mewujudkan visi-misi spbu bintang. Capai dulu WTMS excellent, kalian pasti bisa ! Dewan direksi hanya perlu bukti.

      Hapus
  6. Memang betul ,"Arti Persahabatan sangat Bermakna dalam hidup kita." Salam Sukses, Hidup Luar Biasa. ( Samun Samino SPBU Wangon )

    BalasHapus
  7. Pepatah Cina berbunyi: Satu Musuh, terlalu banyak.
    Seribu sahabat, terlalu sedikit.
    Bagi yg punya 1.000 sahabat, masih terlalu sedikit, ayo cari ;agi sebanyak2nya.
    Sungguh berbahagia kita punya sahabat seperti pak Han...
    Beliau telah mengajarkan kerendahan hati.
    Berada di posisi "atas" , tetapi tak segan mengulurkan persahabatan kepada org2 yg di bawahnya.
    Salam HLB

    BalasHapus