Rabu, 06 November 2013

Kemenangan Kecil

Petang kemarin kereta api Bima dari Gubeng menuju Jakarta berangkat tepat jam 18.15 sesuai dengan jadwal keberangkatan. Kulihat jam tiba di Purwokerto di tiket tertera jam 01.07, kurang lebih 7 jam perjalanan, siap-siap pantat pegel dan menghemat rokok, kuambil hikmahnya baik untuk kesehatan saya. Di gerbong eksekutif 4, kami duduk, pergi berdua dengan istri saya, terasa udara di dalam ruangan agak panas, saya pikir mungkin karena pendingin ruangan baru mulai bekerja, belum sempurna. Petugas kereta pun mulai berlalu lalang menawarkan makanan dan minuman. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam, terasa ruangan semakin gerah sehingga terpaksa saya melepaskan jaket yang saya kenakan. Terlihat beberapa penumpang juga mulai ada yang bersungut-sungut tentang suhu ruangan yang kurang nyaman. Selimut sudah dibagikan pada para penumpang, tetapi yang saya lihat tidak satu pun yang dikenakan hanya ditaruh begitu saja, masih terlipat di dalam bungkusan plastik. Kemudian saya pun mencoba berbicara dengan petugas kereta yang lewat,” Mas, tolong ac nya kurang dingin.” Dia pun menjawab, “ Ya pak, nanti saya sampaikan teknisi.” Kereta terus melaju, dan akhirnya berhenti di stasiun Madiun untuk menurunkan dan menaikkan penumpang, saya sempatkan turun sejenak dan merokok sebatang. Setelah berhenti sekitar lima menit, kereta pun bergerak kembali, saya mencoba komplain lagi pada petugas yang ada, “ Pak, bisa minta tolong ac nya, ruangan kurang dingin.” Petugas ini pun menjawab, “ Ya pak, saya beritahukan teknisinya.” Tapi lagi-lagi tidak ada tindakan, ruangan tetap panas tidak ada perubahan.


Saya sempat berpikir, apakah pak Jonas dirutnya tahu tentang pelayanan yang lambat seperti ini, ditengah-tengah gencarnya PT.KAI melakukan perubahan yang perlu diacungi jempol. Setahun belakangan ini, para penumpang kereta sudah mulai merasa nyaman dengan perubahan yang dilakukan oleh pak Jonas, beli tiket tidak perlu antri karena sudah online internet, tersedia di alfa mart, indo mart, dan lain-lain, perjalanan bebas rokok, bebas pedagang asongan, para pengantar tidak diperkenankan ikut masuk, semua dapat tempat duduk, tertib, bahkan yang kelas ekonomi pun sekarang ber ac. Setelah hampir dua jam tidak direspon dengan baik, akhirnya saya buka beberapa kancing atas baju saya dan mengambil majalah kereta yang ada di selipan tempat duduk dan saya kipas-kipaskan seperti orang yang betul-betul kegerahan. Sengaja saya mencoba lakukan trik  ini sambil menunggu petugas kereta lewat, dan ternyata trik saya berhasil, langsung direspon karena petugas mungkin merasa risih melihat aksi saya. Tak lama kemudian, teknisi pun datang dan membuka panel diujung gerbong, dan terasa angin dingin mengalir lebih kencang. Tidak sampai seperempat jam, ruangan menjadi sejuk dan saya lihat orang-orang mulai menggeliat, mengambil selimut dari bungkus plastiknya, menyelimuti tubuh mereka dan kembali meneruskan tidurnya lebih lelap. Saya pun tersenyum, ada kemenangan kecil yang saya peroleh tidak harus dengan sikap yang kurang baik. Menang terhadap diri saya sendiri, masalah ac pun selesai dengan baik.

Sahabat-sahabatku yang luar biasa,

Bagian tersulit untuk tetap bersikap baik adalah karena sikap baik tidak akan bertahan selamanya. Jika saya mulai tidak sabaran, yang sejauh ini merupakan tantangan terbesar diri saya, saya mencoba mengingatkan diri untuk bersikap baik. Jika saya mulai mengucapkan sesuatu yang sinis, saya akan memeriksa sikap saya. Bukan berarti saya selalu berhasil, tetapi saya harus tetap peka terhadap petunjuk sikap saya. Mudah mengatakan pada diri kita, “Mulai sekarang saya akan bersikap hebat,” tetapi jauh lebih sulit untuk benar-benar menjalankannya. Karena itulah saya yakin, salah satu hal yang terbaik yang dapat kita lakukan adalah menata sikap kita setiap hari. Jadi setiap hari, saya selalu mengingatkan diri saya, hari ini saya akan bersikap baik ! Bagaimana dengan Anda ?

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. SALAM SUKSES , HIDUP LUAR BIASA. .Setelah saya baca artikel Bapak ..ada salah satu pesan yang disampaikan untuk Kita, Bahwa suatu permasalahan sebaiknya diselesaikan dengan cara yang terbaik..Karena jika suatu permasalahan diselesaikan dengan cara yang tidak baik, bukan tidak mungkin akan menimbulkan permasalahan yang baru.TERIMA KASIH Pak.

    BalasHapus
  2. bisa selalu mengingatkan diri sendiri, itu adalah salah satu hal sulit dlm hidup ini. biasanya org lebih mudah mengingatkan/mengkoreksi org lain daripada mengkoreksi diri sendiri.
    jika kita terbiasa mengkoreksi diri sendiri, maka kita akan senantiasa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
    Salam Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
  3. Dengan kita melakukan tindakan dan sikap yang baik pada orang lain sama saja Kita melakukan yg terbaik buat diri kita sendiri, Dengan kita memberikan bantuan pd orang lain dan mampu untuk menuntaskannya...dan hindari melempar permasalahan pd orang lain.Dengan Bahasa dan Sikap yg Santun tentunya orang lain akan lebih suka menerima kita.
    Itulah awal Kemenangan Kita Sesungguhnya...

    Salam Hidup...Luaar...Biasaa...

    Rajiman Antoko

    BalasHapus