Rabu, 27 November 2013

Zona Kekuatan

Teman-teman saya banyak yang bertanya mengenai kunci kesuksesan. Menurut pendapat saya, kunci itu berkaitan dengan tiga hal : (1) kemurahan Tuhan; (2) orang-orang hebat disekeliling saya; dan (3) kemampuan saya berada dalam zona kekuatan saya. Perlu waktu bertahun-tahun untuk memahami apa saja kekuatan saya. Seiring waktu, saya mempersempit fokus pada beberapa hal yaitu, memimpin, menciptakan, mengkomunikasikan, memotivasi dan membimbing. Ada banyak hal yang tidak bisa saya lakukan dengan baik, seperti merencanakan keuangan, melakukan pekerjaan administrasi, dan lain-lain.

Sebagai pemimpin sekaligus pekerja, saya berusaha membantu orang lain melakukan hal yang sama, yaitu menemukan zona kekuatan masing-masing, dan memposisikan mereka disana. Bagaimana cara saya melakukannya ?

Pertama, saya mencari sisi baik orang lain. Melihat hal-hal baik memang tidak mudah bila kita tidak membiasakannya. Lebih mudah melihat kelemahan, kesalahan dan kekurangan orang lain. Jangan mencari cacat, tetek bengek, dan kelemahan orang lain. Carilah hal-hal terbaik di dalam diri mereka.

Kedua, saya mengungkapkan kebaikan itu secara terus terang. Bisa saja Anda memikirkan orang lain, tetapi jika Anda tidak memberitahu mereka, Anda sebenarnya tidak membantu mereka. Cara kedua ini sebetulnya baru saya sadari dan temukan belum lama. Saya percaya bahwa semua orang memiliki “benih kesuksesan” di dalam diri mereka. Saya sering memandang orang lain dan bertanya, “ apa saja benih kesuksesan mereka ?” Ketika saya menemukan benih-benih itu, saya akan menunjukkan pada mereka, kemudian memberi pupuk dengan dorongan semangat dan mengairinya dengan peluang untuk naik kelas.


Hukum Tempat yang Tepat (the man on the right place) menyatakan,” Semua orang memiliki tempat dimana mereka memberi nilai tambah paling besar.” Tempat itu, adalah “zona kekuatan” mereka. Kebanyakan orang memiliki kekuatan yang jarang dipergunakan. Kekuatan itu mungkin keahlian yang berhubungan dengan pekerjaan, pengetahuan, kemampuan secara umum, karakter kepribadian, atau ciri-ciri lain. Sekali waktu saya pernah membaca fakta yang menarik, hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa semua orang bisa melakukan setidaknya satu hal lebih baik dari sepuluh ribu orang lainnya. Pikirkan itu ! Artinya Anda bisa saja memiliki kemampuan yang tidak dapat disamai oleh siapa pun juga di perusahaan, di lingkungan bahkan mungkin di kota Anda.

Pertanyaannya, apakah Anda sudah menemukan kemampuan itu ? Jika jawabannya ya, selamat ! Anda sedang berada di jalan yang benar untuk mengejar tujuan hidup Anda. Jika belum, tidakkah Anda ingin seseorang datang di sisi Anda dan menunjukkannya ? Bagaimana perasaan Anda pada orang itu ? Saya yakin Anda akan sangat bersyukur akan keberadaannya.

Hasil penelitian pada pekerja, hampir setengahnya mengatakan bahwa mereka bisa menggandakan efektivitasnya dua kali lipat jika mereka mau. Faktanya banyak sekali pekerja yang tidak bekerja di area kekuatan mereka. Apakah Anda bersemangat saat diminta bekerja di area yang menjadi kelemahan Anda ? Saya tidak. Namun ketahuilah, saat Anda bekerja di area kekuatan Anda, maka Anda tidak membutuhkan motivasi dari luar. Jika tugas-tugas di area kelemahan seseorang disingkirkan dan orang itu diberi tugas untuk bekerja di area kekuatan mereka, kita akan segera melihat bahwa motivasi, antusiasme, dan produktivitas mereka akan melejit.

“Seorang Manajer yang hebat memiliki keahlian untuk membuat para pekerjanya merasa bahwa mereka lebih baik daripada apa yang mereka duga”.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Guruh Kurniawan ERTE ne. sampang28 November 2013 pukul 09.19

    Memang kebanyakan orang tidak menyadari zona kekuatan yang dimilikinya
    mereka sering kali terjebak dalam rutinitas atau bahkan tradisi pendahulunya
    Tanpa berpikir dan mencermati potensi kemampuan yang dimilikinya
    Beri mereka kail ...
    Kepercayaan
    Tanggungjawab
    Teknik
    Skill/keahlian
    yuuukk tunjukan kemampuan kita n jadikan .... HIDUP LUAR BIASA

    BalasHapus
  2. Luar Biasa Pak Han,,
    Saya jadi terpacu untuk menemukan zona kekuatan saya..

    Terima kasih Pak Han, yg telah memberikan inspirasi buat saya.
    Salam Sukses. Hidup Luar Biasa

    BalasHapus