Kamis, 24 Juli 2014

Jangan Biarkan Penampilan Anda Menjatuhkan Anda


Beberapa bulan terakhir, setiap kali menginap di luar kota, saya sengaja berganti-ganti brand hotel karena perlu untuk membanding-bandingkan kualitas berbagai hotel yang sekelas atau lebih tinggi sedikit bintangnya dengan hotel yang rencana saya kembangkan. Saya perhatikan standar pelayanan mereka, penampilan mereka, tampilan hotelnya, kebersihannya, sirkulasi udaranya, sampai fasilitas-fasilitasnya.

Ada beberapa hal yang membuat saya kagum, tapi tidak sedikit yang kurang memperhatikan hal-hal kecil yang menjatuhkan nilai dari hotel tersebut. Hal itu menjadi catatan tersendiri agar saya dapat mengembangkan hotel yang lebih baik dan sukses dalam menjalankannya nanti. Saya melihat bahwa selain kualitas, penampilan adalah faktor penting dalam menjual produk. Kadang-kadang itu bahkan lebih penting. Baik penampilan dari hotel itu sendiri mau pun dari para staffnya.

Sudah bukan rahasia besar bahwa kualitas sangat menentukan dalam menjalankan suatu bisnis. Dan hal ini sudah dipahami oleh semua orang sejak dahulu kala. Setiap orang biasa melakukannya. Kata seorang pemilik restoran Nick Ottomanelli yang  mempunyai sepuluh lokasi di daerah New york, “ Rahasianya, saya berkonsentrasi penuh pada penampilan dan rasa.”

Salah satu alasan mengapa McDonald’s selalu mengubur restoran burger lainnya adalah keteguhan untuk memelihara standar kebersihan yang tinggi. Restoran lain tampaknya agak longgar soal itu dan agak kurang terkontrol pada cabang mereka, dan hasilnya juga tercermin. Orang mungkin masih bisa menerima kekurangan cita rasa makanan, tapi tempat sampah atau toilet kotor akan membinasakan bisnis Anda.

Itu juga yang menjadi alasan Pertamina memberikan nilai yang tinggi pada kebersihan toilet-toilet di SPBU Pertamina dibandingkan nilai kebersihan yang lain. Bahkan lampu penerangan di area toilet pun harus terjaga dengan baik, tidak boleh ada yang mati. Alasannya cukup jelas, karena toilet bersih akan meningkatkan pengunjung.

Dengan memberikan seragam bagi pekerja dan tempat usaha yang bersih, cerah dan berpenerangan baik, beberapa bisnis khususnya bisnis makanan, bisa berjalan baik walaupun produknya biasa saja dan pelayanannya pas-pasan. Tak seorang pun mau mempekerjakan orang yang berpakaian lusuh, ternoda atau kumal. Siapa yang mau melakukan bisnis dengan orang seperti itu ?

Dalam buku karangan Irving Rein, Martin Stoller bersama bapak marketing dunia Philip Kottler yang berjudul ‘High Visibility’, pada bab ‘ Citra Diri Terdiri dari Apa Saja ?’ tercantum daftar sebagai berikut,

Penampilan Anda
Nama Anda
Suara Anda
Bahasa tubuh Anda
Perilaku Anda, dan
Isi ucapan Anda.


Kalau Anda menjual lewat telpon, Anda dapat menghilangkan ‘bahasa tubuh Anda’, dan kalau Anda melakukan lewat ‘surat’, Anda dapat menghilangkan ‘suara Anda’ dan ‘perilaku Anda’. Namun, ‘penampilan’, apakah itu terpancar lewat iklan, kepala surat, atau pakaian Anda, adalah hal penting yang membedakan Anda dengan orang lain.

Ada peribahasa lama, “ Penampilan yang baik, tujuh puluh persen tergantung pada pakaian dan tiga puluh persen sifat bawaan.” Anda bisa tampil sebagai pemenang kalau Anda mau, demikian juga dengan karyawan yang lain.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar