Jumat, 04 Juli 2014

Mental yang Baru


Sudah agak lama, mungkin hampir setahun saya jarang melayani langsung pembeli yang mencari barang di swalayan bengkel kami. Ketika mencari di rak yang biasa untuk memajang barang tersebut  saya tidak menemukannya, karena ternyata sudah diganti dengan pajangan barang yang lain. Secara periodik memang penataan di pajangan sering dirubah sebagai penyegaran.

Menata rumah pun demikian, perabotan dipindah kesana geser kesini untuk memberikan warna baru mengusir kejenuhan. Tetapi menciptakan perubahan mental di dalam diri seseorang tidak dapat demikian. Celakanya, banyak orang yang semata hanya menata ulang perabot mental lama mereka untuk mendapatkan suasana baru.

Apabila Anda ingin pribadi yang baru, Anda tidak sekedar menata kembali perabot lama, tetapi mengeluarkannya dari rumah kemudian mengganti dengan perabot yang baru. Kita memerlukan kehidupan baru yang ingin kita capai dan untuk itu kita perlu memiliki mental yang baru. Dan ketika kita memilikinya, secara mengagumkan segalanya bakal ikut tercapai.

Pernahkah Anda membaca buku, menyimpannya dan beberapa tahun kemudian membacanya lagi ? Bisa jadi Anda akan berkata, “ Sungguh aneh, buku ini berbeda sama sekali dengan apa yang pernah kubaca. Sulit dipercaya bahwa ini adalah buku yang sama.”

Sudah pasti, buku itu buku yang sama yang pernah Anda baca sebelumnya. Setiap kata betul-betul sama, tetapi Andalah yang berubah. Perilaku dan sudut pandang Anda benar-benar berubah, karena itu Anda bereaksi secara berbeda terhadap kata-kata yang sebenarnya sama dengan yang sudah Anda baca bertahun-tahun sebelumnya.

Hal yang sama juga akan terjadi ketika Anda memilhat dunia dengan pikiran yang baru. Anda masih mengerjakan urusan yang sama, namun Anda melihatnya secara berbeda, Anda akan bereaksi atau merespons dengan cara yang lebih segar. Reaksi baru Anda akan menghasilkan dunia yang sungguh baru !

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah ditawari untuk membangun hotel oleh seorang kolega dan reaksi saya ketika itu negatif. Sama sekali tidak terbayangkan bahwa beberapa tahun kemudian saya melihatnya sebagai peluang yang harus saya wujudkan. Karena reaksi saya berbeda terhadap urusan yang sama.

Mungkin Anda pun pernah mengalami hal yang sama, tidak melihat sebuah peluang karena Anda belum mengalami transformasi mental. Marilah kita ganti perabot lama mental kita yang tidak lagi relevan dengan kehidupan yang ingin kita tuju. Perubahan mental inilah yang akan mengubah secara dramatis kehidupan sehari-hari kita.

Mohon jangan menganggap semua ini sebagai hal yang mistis atau mustahil. Tidak ada hal yang lebih praktis dibandingkan merubah mental kita, yang langsung dapat dirasakan manfaatnya. Apabila hal ini diterapkan, segala hal yang ada di luar diri Anda niscaya bakal berubah, termasuk transaksi bisnis, pekerjaan, hubungan dengan lawan jenis, kehidupan sosial dan lain-lain.

Saya yakin mental baru Anda akan melihat dunia yang sama sekali baru, karena ‘reaksi baru Anda akan menghasilkan dunia yang sungguh baru’. Mungkin perlu ada uji coba untuk menguji kebenaran kata-kata saya. Namun, yang pasti, apa yang saya uraikan adalah hasil dari pengalaman saya sendiri, bukan sekedar teori seperti banyak profesional berbagi inspirasi. Masih ragu ?



Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar