Sabtu, 12 Juli 2014

Keunggulan


Setiap perusahaan dan produk atau jasa harus mengembangkan rancangan penjualan yang unik dan kreatif untuk dapat merebut pasar. Inilah cara untuk membedakan produk atau jasa perusahaan kita dengan produk atau jasa perusahaan pesaing.  Sering kali disebut sebagai nilai lebih dalam bersaing atau bisa juga kita sebut ‘keunggulan’.

Prinsip yang berlaku di dalam bisnis yang kompetitif juga berlaku bagi semua orang, termasuk Anda. Anda adalah pemimpin dari kehidupan Anda sendiri, sekaligus pemilik perusahaan jasa pribadi Anda. Anda adalah pekerja mandiri, artinya Anda bekerja untuk diri Anda sendiri, tak peduli siapa pun yang menandatangani slip gaji Anda.

Anda dapat bekerja di kantor atau perusahaan orang lain, tetapi Anda tetap bekerja pada diri Anda sendiri. Banyak orang gagal dalam karier karena mereka keliru beranggapan bahwa mereka bekerja untuk orang lain, sehingga tidak mengeluarkan seluruh potensi mereka. Kalau belum dapat menjadi ‘entrepreuner’ jadilah ‘intrapreuner’, karena Anda adalah direktur atau CEO bagi diri Anda sendiri.

Dengan pemahaman seperti itu, maka Anda bertanggung jawab terhadap perusahaan Anda sendiri. Anda bertanggung jawab untuk menyusun rancangan penjualan unik dan kreatif jasa Anda sendiri agar mendapatkan penawaran tertinggi. Lalu muncul pertanyaan-pertanyaan yang harus dapat Anda jawab untuk memenuhi persyaratan keunggulan.

Apakah yang Anda lakukan selama ini sudah lebih baik dari orang lain ? Mengapa Anda berbeda dan lebih istimewa dibandingkan dengan orang lain ? Apakah bidang keunggulan kompetitif Anda ? Jika ada suatu pekerjaan tertentu yang menuntut kemampuan lebih tinggi dan dibayar lebih, mengapa harus memilih Anda bukan orang lain ?

Banyak orang kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Namun, mulai saat ini dan seterusnya sepanjang karier Anda, tanyakan pada diri Anda sendiri, kemudian Anda jawab sendiri. Tidak ada orang lain yang akan melakukannya. Dengan pola pikir seperti ini, Anda akan mengalami kemajuan pesat dalam karier Anda.

Sebagai pengurus olah raga catur selama puluhan tahun, saya sering bergaul dengan orang-orang yang hebat dalam bermain catur. Kebanyakan dari mereka tidak mempunyai latar belakang sekolah atau pun karier yang membanggakan. Dalam hal kecerdasan secara umum, menurut saya juga jauh dari yang diharapkan, tetapi mereka bisa berprestasi dan menikmati hasil kerja kerasnya.

Karena mereka tidak sekedar bisa, tetapi mereka adalah ahli di bidangnya. Mereka fokus melakukan spesialisasi, bukan generalisasi, yang serba bisa tapi tidak ahli. Anda bisa naik sepeda motor, tapi apakah Anda dapat bersaing dengan Lorenzo di MotoGP ? Anda bisa bulu tangkis tapi apakah Anda masuk ke pelatnas ? Penjual yang laris, adalah karena mereka mahir berjualan. 

Dari semua bidang yang Anda kerjakan, Anda harus mampu mengembangkan salah satu bidang keunggulan dan berkinerja sangat baik, disesuaikan dengan sasaran yang Anda pilih. Jika Anda suatu saat nanti memang bisa menguasai keterampilan tertentu, pertimbangkanlah keterampilan apa yang paling cepat membawa Anda melesat ke puncak lalu cari tahu apa yang harus Anda lakukan.

Kekuatan kita ibarat otot, membutuhkan latihan yang keras untuk mengembangkannya hingga dapat meraih keunggulan dalam berkompetisi. Seperti kata Michael Jordan,” Semua orang memiliki bakat, tetapi dibutuhkan kerja keras untuk mengubahnya menjadi kemampuan.”


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar