Senin, 30 Desember 2013

Kekuatan Dari Keputusan

Suatu ketika, seorang teman bertanya kepada saya,” Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar menguasai keahlian berbisnis seperti Anda ?” Teman tadi tahu kalau sebelumnya saya adalah seorang karyawan Pertamina, bukan pebisnis. Dengan cepat saya menjawab,” Anda ingin berapa lama ?”

Jika Anda bertindak selama sepuluh kali dalam waktu sehari, sedangkan orang lain melakukannya sekali dalam sebulan. Maka Anda memiliki sepuluh bulan pengalaman dalam sehari dibandingkan orang lain. Ketika Anda menguasai melebihi orang lain, ironisnya mungkin Anda akan dianggap “berbakat dan beruntung.”

Rekan-rekan saya banyak yang beranggapan, dan mengatakan betapa beruntungnya diri saya karena lahir dengan bakat alami seperti itu. Saya mencoba mengatakan kepada mereka bahwa menguasai sesuatu membutuhkan waktu selama  yang Anda inginkan. Lagi pula, apakah semua tindakan saya hebat dan tidak pernah salah ? Sama sekali tidak ! Saya hanya memastikan bahwa saya belajar dari setiap pengalaman bagaimana caranya saya bisa semakin baik.

Alasan saya membaca ratusan buku, mencari informasi-informasi yang saya butuhkan untuk menambah pengetahuan tentang bidang yang saya tekuni, mendengarkan banyak cd, menghadiri workshop, seminar adalah karena saya memahami kekuatan dari membuat perbedaan. Saya harus melakukan sesuatu yang berbeda dari orang kebanyakan. Perbedaan mendorong kita mengambil keputusan lebih baik, dan menciptakan hasil yang benar-benar kita inginkan.
Tindakan yang berbeda memberikan hasil yang berbeda. Setiap orang mendapatkan hasil yang berbeda dengan orang lain ketika menghadapi situasi yang sama, namun melakukan tindakan yang berbeda. Ini yang menginspirasi saya ketika melakukan sesuatu. Ketika berjualan pelumas, kita harus berbeda dengan orang lain. Ketika menjalankan usaha cucian mobil, kita harus berbeda dari pesaing kita. Ketika menjadi seorang karyawan pun, kita harus berbeda dengan karyawan yang lain.

Ingatlah bahwa keberhasilan sebenarnya adalah hasil dari keputusan yang baik. Keputusan yang baik adalah hasil dari pengalaman, dan pengalaman sering kali merupakan hasil dari keputusan yang buruk. Pengalaman yang tampaknya buruk atau menyakitkan terkadang merupakan pengalaman yang paling penting.

Jawaban dari itu semua sesungguhnya adalah sebuah keputusan. Semua yang terjadi dalam takdir kita adalah dimulai dari sebuah keputusan. Sebuah keputusan yang berbeda pasti akan membuat hidup saya sangat berbeda hari ini. Mungkin Anda mengambil keputusan untuk mengubah karier yang mengubah hidup Anda. Mungkin Anda memutuskan untuk menikah atau bercerai dalam beberapa tahun belakangan ini. Mungkin Anda memutuskan pensiun dini dan menjadi pengusaha. Semua keputusan tersebut membawa Anda ke titik kehidupan saat ini.

Sayangnya, sebagian besar dari diri kita tidak memahami apa artinya mengambil keputusan yang sungguh-sungguh. Kita tidak menyadari kekuatan sebuah keputusan yang selaras dan berkomitmen. Sebagian masalahnya adalah kita sudah terbiasa dengan menggunakan kata keputusan dengan tidak tepat sehingga kata itu menggambarkan daftar permohonan. Bukannya mengambil keputusan, kita malah terus mengajukan berbagai pilihan lain. Ketika Anda memutuskan tidak akan pernah merokok lagi. Itu sudah cukup, semua sudah berakhir ! Anda bahkan tidak mempertimbangkan kemungkinan untuk merokok.

Kejelasan semacam ini memberi kita kekuatan. Dengan kejelasan tersebut Anda bisa mendapatkan hasil yang benar-benar Anda inginkan untuk hidup Anda. Mengambil keputusan berarti bertekad untuk mencapai sebuah hasil dan kemudian menjauhkan diri Anda dari kemungkinan lainnya. Saya percaya pada saat Anda mengambil keputusan, takdir Anda dibentuk. Apakah Anda juga percaya ?

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. Selamat Siang INDONESIA

    Banyak orang menganggap keputusan adalah sebuah akhir, jika keputusan sudah diambil maka sebuah masalah kadang dianggap selesai. Tetapi menurut saya sebuah keputusan merupakan sebuah awal. Seperti yang disebutkan dalam artikel, sebuah keputusan harus berselaras dan berkomitmen, semua hal yang mengandung komitmen pasti berhubungan dengan tanggung jawab, jadi sebuah keputusan yang berkomitmen mengandung sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan setelah keputusan yang diambil.

    Semua keputusan itu baik, asalkan kita yakin dan mampu untuk melaksanakan dengan sebaik - baiknya dan mempertanggung jawabkan keputusan yang telah diambil. Jika ternyata kita tidak bisa melaksanakan keputusan tersebut dengan baik dan melaksanakanya dengan selalu mengeluh, maka jangan lanjutkan, tetapi berhentilah dan mencari jalan lain, karena berhenti dan mencari jalan lain merupakan sebuah keputusan juga yang merupakan awal dari tanggung jawab baru.

    Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetaplah berkomitmen pada keputusan kita, tetapi tetap luwes dalam pendekatan kita. Seringkali, dalam memutuskan sesuatu yang kita inginkan, kita memilih cara yang kita ketahui saat itu. Kita membuat sebuah peta dan seharusnya kita terbuka pada berbagai pilihan rute lainnya, untuk sampai ke tujuan. Hasil akhirlah yang kita kejar. Semoga lebih memperjelas, Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Sebaiknya sebelum kita mengambil suatu keputusan,kita harus berfikir untuk jangka panjang,karena dengan keputusan yang kita pilih , keputusan itulah yang akan kita jalani,dengan harapan kedepannya akan lebih baik. Amin.

    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
  3. [Menjawab Pertanyaan Pak Handojo diatas]
    Apakah Anda juga percaya ?...

    Yaa,saya juga Percaya!!!
    ...(∩_∩)...
    Seseorang yang menggenggam seekor Burung ditangan yang MASIH HIDUP,maka dia Punya 2 Pilihan.
    yang pertama;...dia bisa melepaskan burung itu hidup-hidup,
    yang kedua;...dia bisa membunuh burung itu terlebih dahulu kemudian melepaskan-nya dalam keadaan MATI,
    Begitu pula dengan HIDUP kita,kita-lah yang MENGGENGGAM-nya !!! (TUHAN telah memberikan kewenangan kepada kita,maka kita-Lah yang memutuskan-nya)

    KESUKSESAN itu hanya-Lah sejauh keinginan kita untuk bertindak.
    Try ten times is GOOD but One Hundred is BETTER...The MORE the BETTER!...

    Sebuah TELUR yang dipecahkan oleh KEKUATAN dari luar,maka kehidupan yang didalam-nya akan BERAKHIR...
    Namun,apabila Sebuah TELUR dipecahkan oleh KEKUATAN dari dalam,maka kehidupan BARU akan TERLAHIR...
    Semua HAL yang BESAR itu selalu dimulai dari DALAM!!!,...begitu juga dengan KESUKSESAN!!!,...

    Make your DREAM come TRUE,...
    Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, komennya bagus sekali, mas Nuzul. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  4. Keputusan....adalah suatu hal yang akan memberikan arti dan warna di dalam kehidupan kita..

    Salam Sukses... Hidup Luar Biasa

    BalasHapus