Rabu, 25 Desember 2013

Membagikan Rahasia

Saya sering membagikan rahasia tentang kondisi perusahaan, rencana perusahaan ke depan, bahkan kadang informasi penting kepada karyawan saya. Ketika membagikan rahasia ini, mereka akan sangat mendengarkan dan merasa dihargai, karena saya mempercayai mereka. Cara ini pasti membuat mereka menyukai saya.

Inti dari membagikan rahasia dengan seseorang terletak pada dua hal, yaitu konteks sebuah situasi dan niat memberdayakan orang lain. Jika tujuan Anda berbagi rahasia adalah kedua hal ini, maka Anda boleh mencobanya.

Suatu hari, ada dua orang pemancing berpengalaman memutuskan untuk mencoba memancing di atas es. Mereka masing-masing melubangi permukaan es, memasang cacing di kait lalu menjatuhkan tali pancing mereka ke dalam air dan menunggu. Setelah tiga jam, mereka tidak mendapat apa pun.

Kemudian mereka melihat seorang anak laki-laki datang dan membuat lubang di atas es dekat mereka. Ia lalu memasang cacing di kaitnya, menjatuhkan tali pancing ke dalam air dan segera menangkap seekor ikan. Anak laki-laki terus mengulangi tindakannya dan segera ia pun menangkap lebih dari sepuluh ekor ikan. Dua orang pemancing yang terdahulu menyaksikan dengan pandangan takjub.

Salah seorang pemancing akhirnya memberanikan diri bertanya pada anak laki-laki itu,” Nak, kami telah memancing dari tiga jam lalu dan belum menangkap seekor ikan pun. Kamu telah menangkap setidaknya sepuluh ekor hanya dalam beberapa menit. Apa rahasianya ?”

Anak laki-laki itu menggumamkan jawabannya, namun pemancing itu tidak mendengar apa pun.  Lalu ia melihat gumpalan besar di pipi kiri anak laki-laki itu, “ Bisakah tolong kamu keluarkan permen karet dari mulutmu agar saya bisa memahami ucapanmu ?” kata pemancing itu.

Anak laki-laki itu menadahkan tangannya, meludahkan apa yang ada di mulutnya, dan berkata, “ Ini bukan permen karet, inilah rahasianya. Anda harus menjaga agar cacingnya tetap hangat.”

Sahabat-sahabatku yang luar biasa,

Membagikan rahasia artinya membagikan informasi yang bernilai. Informasi itu harus membuat orang yang Anda ajak bicara mempedulikannya. Hal itu harus membuat mereka tertarik dan memenuhi kebutuhan mereka.

Membagikan rahasia dengan orang lain juga membuat orang lain merasa istimewa. Melibatkan seseorang membuat ia merasa sangat bernilai di mata yang membagi rahasia. Untuk memberikan pengaruh yang positif, rahasia yang dibagikan tidak harus selalu rahasia besar.

Berbagi rahasia juga artinya melibatkan orang lain dalam perjalanan Anda. Tindakan ini melibatkan mereka dalam hidup Anda, dalam pengalaman Anda. Saat saya berbicara di pertemuan dengan para karyawan, saya sengaja menggunakan kata-kata yang melibatkan mereka. Kadang, saya mengungkap sesuatu yang belum pernah saya umumkan di depan orang banyak. Tindakan yang menunjukkan bahwa saya mempedulikan mereka dan ingin membantu mereka. Berbagi dengan orang lain adalah tindakan yang sangat berkuasa.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. ya mungkin ada sebuah rahasia yang perlu kita sampaikan kepada orang lain atau mungkin perlu kita sampaikan kepada orang tertentu saja atau mungkin suatu rahasia itu tidak boleh di sampaikan kepada orang lain yang apabila di sampaikan bisa berakibat hal-hal yang tidak kita inginkan..itu pendapat saya pak han...mungkin bisa di luruskan kembali..terima kasih...

    salam luar biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didalam bahasan kan sudah dijelaskan tentang intinya ada dua hal, yaitu konteks sebuah situasi dan memberdayakan orang lain. Jadi sebelum membagi rahasia yang dimaksud, sudah melalui kedua saringan tadi. Mudah-mudahan cukup jelas. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. terima kasih pak.han,,,untuk pencerahannya,,,


    salam luar biasa,

    BalasHapus
  3. Suatu rahasia adalah sesuatu yang sengaja di sembunyikan supaya tidak diketahui orang lain.

    Biasanya suatu rahasia di pergunakan oleh orang yang mempunyai suatu rahasia untuk mencapai suatu keberhasilan untuk dirinya sendiri.

    Dan ada juga suatu rahasia yang sengaja di beritahukan kepada orang lain ,dengan tujuan membantu orang lain yang membutuhkan.

    Jika seseorang bekerja pada suatu perusahaan,sebaiknya pekerja tersebut harus bisa menjaga rahasia perusahaanya kepada perusahaan lain yang mempunyai persamaan usaha /bisnis.
    Salam Sukses .Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus