Senin, 23 Desember 2013

Memberi Nilai Tambah

Memberi nilai tambah akan membuat perusahaan terus berkembang dan bertahan dibandingkan perusahaan kompetitor. Hal ini sudah dibuktikan oleh perusahaan-perusahaan besar. Menurut buku “Double digit grow” secara garis besar ada tiga hal, yang biasanya hanya kita ambil dua. Yaitu, Harga murahMutu produk, dan Pelayanan. Anda bisa tanyakan, “ Apa nilai tambah perusahaan Anda ?”, kemudian tanyakan lagi, “ Bagaimana dibandingkan dengan perusahaan kompetitor Anda ?” lantas, “Buat nilai tambah yang dapat meningkatkan penjualan.” Itulah nilai tambah untuk bisnis.

Dalam kehidupan sehari-hari pun, saya ingin bisa selalu menjadi nilai tambah bagi orang lain. Sejak menulis artikel setiap hari, kebahagiaan terbesar saya adalah ketika banyak pembaca memberikan komentar dan bertanya. Setelah artikel saya link ke facebook, responsnya agak lumayan, semakin hari semakin banyak yang aktif bertanya dan berkomentar. Saya pun berjanji menyempatkan waktu untuk menjawab semua pertanyaan itu, agar niat saya memberikan nilai tambah pada orang lain, dapat terpenuhi.

Albert Eisntein pernah berkata, “ Jangan berusaha menjadi orang yang sukses, berusahalah menjadi orang yang bernilai.” Ini juga yang saya ajarkan pada orang-orang di sekitar saya, menjadikan prioritas ini dijalankan dengan penuh integritas. Di lubuk hati saya yang paling dalam, tidak ada hal yang lebih penting daripada orang lain.


Jika Anda juga ingin menjadi orang yang memberi nilai tambah bagi orang lain, tanamkan di dalam hati Anda hal-hal sebagai berikut :

Hargai orang lain. Cara kita memandang orang lain sering kali adalah perbedaan antara memanipulasi dan memotivasi mereka. Anda tidak bisa membuat orang lain di sekitar Anda merasa penting, jika Anda diam-diam merasa bahwa ia bukan siapa-siapa. Semua orang dapat membedakan antara kata-kata yang dangkal dengan sesuatu yang keluar dari hati.

Buatlah diri Anda bernilai. Ada orang-orang yang memiliki hati yang baik dan sangat ingin memberi, namun mereka tidak banyak memberi. Mengapa ? Karena mereka belum memberi nilai tambah pada diri mereka sendiri. Apa yang mau diberikan selama kita tidak punya kemampuan ? Anda harus mempelajari keahlian baru, memperoleh pengetahuan yang cukup atau memperoleh pengalaman dan mengembangkan diri, sehingga kemampuan Anda membantu orang lain juga meningkat.

Saya tahu bahwa dengan mengembangkan diri akan membantu saya menjadi seorang pemimpin yang lebih baik, dan saya juga semakin bisa membantu orang lain. Hal yang sama juga berlaku bagi setiap orang yang ingin memberi nilai tambah bagi orang lain. Anda harus membuat diri Anda jadi lebih bernilai.

Ketahuilah apa yang bernilai bagi orang lain. Perhatian yang tulus untuk orang lain adalah gaya hidup bukan teknik. Kalau Anda mau terus melakukannya setiap hari dan belajar mengembangkan karakter ini, kemungkinan besar akan menjadi bagian dari kepribadian Anda. Saya membiasakan diri untuk memperhatikan apa yang orang-orang hargai dalam hidup mereka. Ketika kita sudah tahu apa yang orang lain hargai, dengan sejumlah usaha kita dapat memberikan nilai tambah pada orang lain. 

Memberi nilai tambah pada orang lain adalah salah satu alasan mengapa Tuhan menempatkan kita di dunia ini. Berusaha membantu orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik atau untuk membuat mereka mengerahkan segenap kemampuan supaya terus meningkat, tidak akan pernah salah. Itulah hidup yang sungguh bermanfaat.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Suatu pembelajaran diri yang sungguh Luar Biasa.....

    Dengan kita memiliki hal-hal tersebut diatas, kita akan menjadi orang yang mempunyai nilai tambah dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain....

    Karena sebaik-baik orang adalah orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain...

    Seperti Sabda Rasulullah SAW,..." Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.”

    Salam Sukses...Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
  2. Membuat diri sendiri menjadi sangat bernilai adalah sebuah TUGAS POKOK yang harus diselesaikan oleh para orang-orang Baik,
    for example;...Bagaimana orang baik bisa sedekah harta apabila buat makan saja Masih HUTANG...hehe...So,paling tidak kehidupan POKOK-nya harus terpenuhi,baru kelebihan-nya bisa buat bantu orang-lain.
    Apabila orang JAHAT bisa berada diatas memegang posisi penting,kenapa Orang BAIK tidak bisa???...[sangat memprihatinkan]

    Seperti kata Pak Budi Sadewo,
    Khairunnas anfa-uhum Linnass...Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi Sesama manusia.

    ada sebuah kutipan yang berbunyi demikian;...
    Hidup itu yang terpenting bukan hanya bekerja keras,
    kau harus memiliki arah jalan yang benar;
    percaya kepada diri sendiri;
    percaya bahwa jalan yang kau pilih itu benar,
    teman hidup yang kau pilih itu tak mungkin salah...
    maka setiap pagi yang membangunkan kau bukan alarm, melainkan impian yang ingin kau capai...☆☆☆☆☆...(∩_∩)...

    Terima-kasih Pak Han,ini sangat menginspirasi saya...
    Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mas Nuzul. Semoga menginspirasi untuk selalu berbagi. Seperti sebatang lilin, nyalanya tidak akan pernah berkurang ketika digunakan untuk menyalakan seribu lilin, kita pun tidak akan pernah kekurangan dengan berbagi kepada orang lain. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus