Kamis, 05 Desember 2013

Perjalanan

Malam gala dinner dan apresiasi yang diadakan oleh PT. Pertamina Lubiricants di ball room Westin Resort - Nusa Dua berlangsung meriah, saya hadir untuk menyaksikan anak saya naik ke panggung sebanyak empat kali untuk menerima piala penghargaan. Sejak kepulangannya dari Amerika, divisi pelumas sebagai agen pelumas pertamina mengalami kemajuan yang amat pesat, tidak percuma anak saya bersekolah jauh-jauh di negeri paman Sam. Teruskan kiprahmu yang membanggakan, Nak.

Selama empat hari di Bali, selain menghadiri acara itu, saya menyempatkan waktu untuk bertemu dan ngobrol dengan teman dan kerabat, kemudian jalan-jalan, makan ayam betutu khas Gilimanuk,  makan steak iga yang nikmat di Amore, belanja oleh2 khas Bali juga tidak ketinggalan, sesuai dengan rencana perjalanan kami.

Tidak hanya dijemput di bandara, kami berlima pun dipinjami sebuah mobil oleh seorang teman, untuk digunakan selama tinggal di Bali. Awalnya, bahkan mau disediakan seorang driver, tetapi karena mobilnya hanya muat untuk berlima, terpaksa saya harus mengemudikan sendiri, apa boleh buat. Saya menjadi sopir dengan berbekal peta GPS Nokia Drive yang ada di hp saya, karena tidak terlalu hafal dengan rute jalan di Bali. Alhasil perjalanan kemana pun menjadi mudah walau kadang sedikit kebablasan dan ada sedikit hambatan harus putar balik, tetapi tetap sampai ke tujuan.


Demikian pula dalam perjalanan sukses seseorang, apabila kita mempunyai peta perjalanan seperti GPS, maka sukses bukan lagi perjalanan hidup yang menyulitkan asalkan kita tahu kemana tujuan kita. Tapi, tahukah Anda bahwa kebanyakan orang meluangkan lebih banyak waktu untuk merencanakan liburan daripada merencanakan hidupnya sendiri ? Pahamilah, bahwa perjalanan ini tidak berjalan dengan sendirinya, kita lah yang harus merencanakannya. Jika kita langsung berangkat begitu saja, tidak ada yang tahu kemana atau dimana kita akan sampai. Namun, jika kita merencanakannya dengan baik dan tahu kemana akan pergi , kita pasti berhasil menyelesaikannya. Kita juga bisa tiba disana tepat waktu dan menikmati perjalanannya.

Memang benar bahwa kita tidak bisa memulai perjalanan sukses sebelum mengetahui tujuan kita. Namun, kita juga tidak akan menjadi sukses jika tidak tahu dari mana kita harus memulainya. Kedua informasi ini dibutuhkan untuk menempuh perjalanannya. Seperti yang ditekankan oleh seorang filsuf, “ Untuk berubah menjadi pribadi yang berbeda, kita harus menyadari dulu siapa diri kita

Mulailah dengan mengevaluasi diri kita sejujur mungkin. Amati kekuatan, kelemahan, pengalaman, pendidikan, dan sumber daya yang kita miliki. Ketika kita menyadari posisi kita, ajukanlah pada diri kita sendiri pertanyaan-pertanyaan, seberapa jauh jarak yang harus kita tempuh, aset apa yang kita miliki saat ini, dan hambatan apa yang harus kita atasi, berapa biaya yang harus dibayar untuk menempuh perjalanan ini.
Bagian dari proses yang harus kita lewati untuk menjadi sukses adalah seperti ini :

Impian Anda menentukan target-target Anda.
Target Anda memetakan tindakan-tindakan Anda.
Tindakan Anda membuahkan hasil.
Lalu hasil membawa Anda pada kesuksesan


Jika Anda mempunyai peta perjalanan sukses seperti tertera di dalam GPS, tentu Anda akan dengan mudah mencapai tujuan. Anda hanya perlu memperhatikan detil-detil penting saat menempuh perjalanannya. Target-target yang Anda tetapkan adalah titik-titik yang menuntun pada titik lainnya dan membawa Anda bergerak maju ke arah yang benar, mengarah pada tujuan Anda. Jika Anda berbelok ke arah yang salah, maka Anda tahu dan bisa segera menyesuaikan diri kembali ke jalur yang benar.

Segera luangkan waktu dan rencanakan “Your road map for success”.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. senangnya bisa jalan2 di Bali, apalagi sama keluarga terkasih...
    semoga saja dapat "kecipratan" oleh2nya hhe..(ngarep.com)
    selamat juga atas prestasi putranya yang membanggakan..

    saya sangat sependaapat kalau perencanaan itu memanglah penting, baik jangka panjang atau jangka pendek...
    kita harus punya rencana satu, dua, lima atau sepuluh tahun kedepan, agar kita punya gambaran sekaligus sebagai acuan kita dalam melangkah....

    BalasHapus
  2. Pertama-tama saya ucapkan selamat untuk prestasi yg dicapai oleh tim-nya pak Han..
    Prestasi membanggakan yg tentunya adalah hasil kerja keras dan kerja cerdas dibawah pimpinan Pak Han..
    Semoga ke depan akan lebih gemilang lagi Pak..

    Untuk membuat peta kesuksesan, mungkin yg paling sulit adalah menyadari siapa diri kita ini...
    kebanyakan orang, sulit menyadari kekurangannya masing2...
    Perlu berbesar hati, jika ada orang yg menunjukkan kekurangan kita.
    Dengan mengetahui kekurangnan dan kelebihan kita, maka kita akan bisa membuat peta kesuksesan yg paling sesuai untuk kita.

    Salam sukses untuk semuanya. Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
  3. Untuk mencapai suatu tujuan cita-cita yang sukses, tidaklah mudah karena ada jalan yang harus dilalui . Ada yang sukses tidak harus bersusah payah untuk mendapatkan kesuksesan, dan ada yang sukses harus berjuang bersusah payah untuk menuju kesuksesan. Apapun bentuk kesuksesan yang telah kita dapatkan saat ini, harus kita syukuri ,Walaupun orang tersebut sukses menjadi tukang sapu...he...he.. Salam Sukses , Hidup Luar Biasa ( Samun S, SPBU ; 44-531-05 Wangon )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti kata-kata Martin Luther King Jr, " Jadilah tukang sapu jalanan, yang bekerja seperti Michele Angelo melukis, seperti Shakespeare berpuisi, dan seperti Bethoven bermain musik sehingga seluruh penduduk bumi tertegun melihatnya."

      Komentar-komentar pak Samun sungguh luar biasa, membuat kagum yang mengikuti blog ini. Ibu direksi pun sempat mempertanyakan tentang Anda. Lanjutkan. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
    2. Siap LANJUT Pak...terima kasih.

      Hapus