Jumat, 27 Desember 2013

Resolusi Akhir Tahun

Ditengah kesibukan menjelang libur Natal dan Tahun Baru, banyak perusahaan biasanya juga berlomba untuk membuat resolusi menyambut awal tahun yaitu dengan berkomitmen untuk mencapai target tertentu dan mempublikasikan kepada para karyawan bahkan kadang juga secara terbuka. Semangat untuk menyambut tahun yang baru memang diperlukan, namun sangat disayangkan banyak yang berubah haluan di tengah jalan, semangat kemudian menurun dan tidak memperoleh kemajuan apa-apa pada akhirnya.

Saya juga membuat resolusi tentang apa yang mau saya wujudkan atau dicapai pada tahun 2014, seperti membuka cabang baru Oto Kits di Wonosobo, Relokasi SPBU di Wangon ditambah dengan cabang Carwash, rencana membangun sebuah hotel berkelas international yang diharapkan bisa beroperasi di tahun 2015, Program SPBU Bintang bisa 100% tercapai di akhir tahun 2014 serta target-target pribadi saya untuk menjadi seorang edukator, bisnis coach dan seorang penulis yang lebih baik. Temukan alasan yang kuat apabila Anda ingin membuat resolusi akhir tahun, sehingga tidak berhenti di tengah jalan kemudian melupakannya.

Target-target Anda haruslah memenuhi panduan seperti ini, yaitu tertulis. Target yang ditetapkan dengan benar sudah separuh berhasil. Tetapkanlah dengan menuliskannya, supaya Anda lebih bertanggung jawab. Ketika Anda menuliskan tiap-tiap target pastikan syarat-syarat dibawah ini juga terpenuhi.
Spesifik. Cara menetapkan target yang bisa diraih adalah menjadikannya spesifik. Pikirkan apa yang akan terjadi ketika Anda pergi ke restoran dan berkata kepada pelayan, “ Tolong bawakan saya makanan.” Tidak ada yang tahu makanan apa yang akan Anda peroleh, karena tidak spesifik. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menetapkan target, ungkapkan apa yang ingin Anda lakukan. Jika target itu besar, bagilah menjadi tugas-tugas kecil supaya lebih mudah dijalankan.

Dapat dicapai. Orang-orang sukses menetapkan tujuan diluar jangkauan mereka,tapi tidak diluar pandangan mereka. Target itu tidak boleh terlalu mudah juga tidak boleh terlalu sulit. Anda harus mengetahui skor rata-rata Anda, lalu memasang target yang masuk akal. Setelah menetapkan target, Anda tentu harus menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang memotivasi Anda untuk bekerja keras dan mengembangkan diri. Target seharusnya memotivasi kita, bukan mengintimidasi.

Terukur. Target-target hanya akan berguna jika hal itu membantu mengembangkan diri dan potensi Anda. Itulah alasan target-target harus terukur. Nyatakan target-target itu sejelas mungkin sehingga bisa terjawab, ketika Anda bertanya,” Sudahkah saya mencapai target ini ?”

Pribadi. Banyak orang yang salah dengan menetapkan hal-hal yang diluar kendali mereka sebagai target, misalnya memenangkan lotere atau ingin diperlakukan lebih baik oleh pasangannya. Target yang benar adalah seharusnya yang bisa Anda raih atau selesaikan sendiri.

Memiliki tenggat waktu. Target juga disebut impian yang diberi batas waktu. Tanpa tenggat waktu, sebagian besar target tidak akan terpenuhi. Setelah Anda menuliskan setiap target, tulis juga kapan tanggal penyelesaiannya. Misalnya Anda mau mengontrak rumah, tentu ditentukan dulu kapan Anda boleh memasuki dan menggunakan rumah tersebut. Kalau tidak, Anda sudah muncul dengan sebuah mobil penuh perabot untuk pindah ke rumah tersebut, ternyata masih dihuni oleh orang lain. Karena itu memasang tanggal pada setiap target, menjadikannya lebih mudah diraih.

Cara bertindak untuk memenuhi target-target Anda adalah dengan mulai melakukannya. Berpikir, lebih mudah, bertindak itu sulit, kata pepatah. Itulah sebabnya sangat sedikit orang yang mentaati dan menindaklanjuti target-target mereka. “ Jangan takut berjalan lambat. Takutlah hanya ketika Anda diam di tempat.” Anda hanya perlu membuat kemajuan.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Melihat keseluruhan TARGET-TARGET Pak Handoyo itu betul-betul Luar Biasa SMART,dan saya percaya tingkat keberhasilan-nya[sekarang] itu tidak kurang dari 70% karena saya menilai Pak Han betul-betul serius mewujudkan-nya,...

    Membangun BISNIS bukan hal yang mudah apalagi BUSINESS FROM THE START,[membutuhkan kesungguhan]
    Berpikir, lebih mudah, bertindak itu sulit...BETUL SEKALI !!!

    Saya DO'A-kan semoga semua TARGET Pak Handoyo akan segera ter-Realisasi,...Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...amin...amin, terima kasih, mas Nuzul. Doa kalian menjadi dorongan semangat dan memotivasi saya setiap hari untuk bergegas bangun dan segera melaksanakannya. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.

    [Maaf Pak,telat...(∩_∩)...]

    BalasHapus
  3. Setiap orang apapun profesinya pasti akan mempunyai keinginan untuk berprestasi,oleh karena itu dengan berprestasi seseorang akan bisa menilai apakah dirinya sudah berhasil mencapainya tujuan apa belum.

    Semoga prestasi tahun depan lebih baik dari hari ini....Amin.

    BalasHapus