Jumat, 14 Februari 2014

Berdoa Tidak Lagi Cukup


Tanggal 14 Februari adalah hari valentine bagi masyarakat barat dan kali ini kebetulan bertepatan dengan hari Cap Go Meh yang juga dianggap sebagai hari Valentine bagi masyarakat Tionghoa yang biasa merayakan dengan mengadakan pesta lampion. Semuanya adalah cerita tentang kebahagiaan dan suka cita. 

Saya yang awalnya mau menulis tentang kebahagiaan terpaksa mengurungkan niat karena rasanya kurang pas saya terbitkan pada saat saudara-saudara kita sedang mengalami musibah bencana alam. Gunung Kelud meletus tepat pada pukul 22.50 semalam.

Pagi tadi saya langsung sms kepada tim untuk memberitahukan kepada seluruh pengawas di SPBU-SPBU Gelora group yang terkena dampak debu vulkanik, untuk menyediakan dan menggunakan masker dalam beraktivitas. Tetapi rupanya semua pengawas sudah langsung tanggap dan merespons tanpa diperintah. 


Belum lama ini, gunung Sinabung di Sumatra Utara meletus dan banjir baru saja surut beberapa hari setelah melanda beberapa wilayah di pulau Jawa. Entah berapa banyak saudara-saudara kita yang menderita dan kehilangan harta benda bahkan nyawa. Apakah yang sedang terjadi di negeri ini ?

Mungkin karena tingkah laku bangsa ini yang sudah tidak layak lagi. Kejahatan dan tindakan buruk sudah menjadi bagian yang lazim di negeri kita tercinta, jangan-jangan karena kita sudah tidak tanggap lagi dan menjadi terbiasa. Berbuat dosa tidak lagi merasa berdosa karena sudah umum.

Menyuap bukan lagi perbuatan dosa atau hal yang pantang, melainkan menjadi tradisi ketika kita berhubungan dengan birokrat. Negeri ini sedang sakit, moral bangsa ini sudah tidak sehat. Banyak koruptor yang masih tenang-tenang dengan mencuri harta milik rakyat. Banyak orang yang tidak tahu diri berani berebut kursi legislatif hanya untuk kepentingan diri mereka sendiri walaupun tidak punya kompetensi apalagi prestasi. Hukum tidak lagi dapat dipercaya, ketika lembaga tertinggi seperti Mahkamah Agung juga mau memberikan keputusan palsu

Negara kita kaya, namun kekayaan alamnya dibawa keluar oleh orang-orang asing dan dirampok oleh saudara kita sendiri yang menanda tangani kontrak kerja sama dengan perusahaan asing yang merugikan bangsa ini. Sedangkan barang-barang yang kita beli dan kita gunakan malahan produk import, sungguh memprihatinkan. Siapa lagi yang mau peduli kalau bukan kita sendiri.

Saya salut dengan bapak Heppy Trenggono pemilik Balimuda Group yang mendirikan “Gerakan Beli Indonesia.” Ide perjuangannya sangat sederhana, yaitu :

1. Beli produk Indonesia,
2. Membela bangsa Indonesia, 
3. Menghidupkan semangat persaudaraan. 

Marilah kita dukung gerakan beliau yang luar biasa menurut saya akan memberikan dampak sangat positif bagi kebangkitan bangsa ini. 

Berdoa saja tidak lagi cukup, kita harus bertindak berbuat sesuatu walaupun mungkin tindakan kecil dan tidak berarti. Dan kita harus memulai, kalau tidak ingin negeri kita tercinta semakin terpuruk dan menjadi tidak tersisa bagi anak cucu kita.

Marilah saudara-saudaraku, selain berdoa kepada Tuhan untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang telah kita perbuat, mohon petunjuk dan kekuatan agar kita dapat memikirkan apa yang dapat kita lakukan untuk negeri ini. Bersedekah tidak harus menunggu kaya, membantu tidak harus menunggu mampu, berbuatlah sesuatu apa pun itu. 

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. SELAMAT SORE INDONESIA

    Orang yang sudah mampu bersedekah sebenarnya sudah dapat dikatakan kaya, karena sudah dapat menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu orang lain. Sedekah dengan iklhlas juga dapat digunakan sebagai sarana membersihkan hati dan membersihkan diri kita yang tidak lepas dari dosa.
    Saatnya untuk berdoa dan berkaca untuk intropeksi diri, apa yang telah kita perbuat dan tidak lagi menyalahkan alam apalagi menyalahkan Tuhan, karena dibalik bencana dan cobaan untuk Negri ini, pasti ada pesan dan pelajaran yang dapat kita ambil untuk memperbaiki diri kita masing - masing.

    SALAM SUKSES, HIDUP LUAR BIASA

    BalasHapus
  2. Benar sekali Pak Han...,Kita sudah banyak kehilangan Orang- Orang yg bermoral, Oknum
    Pejabat yg mementingkan dirinya sendiri dan kalangan Birokat yg berpikiran tidak sehat,
    Boleh di kata Banyak yang kehilangan Jati Diri sebagai Warga Bangsa Indonesia, apaalagi
    Budaya Timur yg sudah mulai Pudar....Sangat dan Sangat memprihatinkan dg semua itu.
    Marilah kita Berikan yg terbaik utk Bangsa ini..., di mulai dg sikap dan tindakan kita dan ber
    manfaat utk orang lain juga. marilah kita tingkatkan rasa Nasionalisme dan Loyalitas pada
    Bangsa Kta yang tercinta ini..,Marilah Kita berikan..Jiwa..,Raga..dan Daya.. yg termilik. Iklas Bhakti Mengabdi pd Bunda Pertiwi..!! dg kita melakukan apa yg seharusnya kita lakukan, Tunjukkan Diri kita bisa berarti... dg melakukan apa yg kita yakini...!!
    Marilah kita mohon ampun pd Tuhan dari kesalahan dan dosa-dosa yg kita perbuat..,
    Marilah kita Perbanyak Sedekah untuk saudara- saudara kita yg membutuhkan..!!
    Marilah kita berikan dukungan moril pd saudara - saudara kita yg kena musibah semoga di
    Beri Kesabaran dan Ketabahan. Terima Kasih .
    Salam Sukses, dan Hidup.. Luar Biasa..

    BalasHapus
  3. Selamat petang

    saya punya ide bagaimana kalau kita menggalang dana di area spbu kita menggalang dana kepada para pelanggan/konsumen spbu kita untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana gunung kelud..terima kasih..

    mohon penjelasan dan pencerahanya pak handojo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreativitas silahkan saja, asal didasari itikad baik yang kuat dan tulus. Yang utama adalah tidak membawa dampak kurang baik bagi pelanggan. Salam Sukses Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  4. Salam Luar Biasa,,,,
    "Tentu sangat setuju dengan artikel Luar Biasa Di atas,,,kejadian demi kejadian(musibah) bencana alam,pertanda tidak bersahabatnya alam yang sesungguhnya rentetan teguran dari Yang Maha Kuasa untuk umat di Dunia,,,,,,,,sesungguhnya Saya yakin kalau Kita mampu mengelola ASET yang Kita miliki,,,,Fisik Kita untuk Berbuat hal2 yang baik,,,Otak(kecerdasan)Kita selalu berfikir untuk kemajuan bersama,,,,,serta HATI Kita untuk bertenggang rasa dan melakukan sesuatu dgn tulus serta banyak BERSYUKUR,,,,mungkin semua ini tidak akan terjadi,,,,,,
    Ayolah saudara2Ku,Kita kendalikan aset yang kita miliki untuk berbagi,,,,,,,
    Terima Kasih P.Han,,,,,,,Salam Sukses dan Hidup Yang Luar Biasa

    BalasHapus
  5. terima kasih atas penjelasanya pak handoyo..dan hari ini senin 17 februari 2014 kita melakukan penggalangan dana dari pelanggan/konsumen untuk kita sumbangkan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana...insyaalloh kalau sudah terkumpul banyak akan kita salurkan melalui PALANG MERAH INDONESIA/ PMI Kab.Karanganyar..

    BalasHapus