Jumat, 21 Februari 2014

Kebiasaan Bertindak


Banyak orang mengeluh betapa sulitnya mencapai puncak prestasi, meskipun sudah belajar tiada  henti. Ada pepatah yang harus kita cermati, yang berbunyi : “ Keinginan adalah peta harta karun. Pengetahuan adalah peti harta karun. Kearifan adalah batu permata. Namun tanpa tindakan tetap terkubur dibawah dasar lautan yang luas."

Entah berapa banyak orang yang mengikuti training motivasi yang sekarang banyak sekali diadakan, tetapi hanya sebagian kecil yang sukses memetik hasilnya. Boleh dibilang sangat sedikit, hanya beberapa orang. Kebanyakan training motivasi itu mengupas masalah internal dalam diri manusia, seperti ada yang mengajarkan tentang sikap positif, kemudian kekuatan impian atau affirmasi positif dan lain-lain.  Umumnya berhubungan dengan faktor internal, yaitu pikiran, perasaan dan perkataan.

Sikap positif tanpa tindakan positif, just nothing. Memiliki impian tanpa kerja keras, pasti impossible. Untuk memperoleh hasil, selalu diperlukan tindakan-tindakan. Jangan menjadi orang yang memiliki pengetahuan namun tidak pernah menerapkan dalam hidupnya sendiri. Orang seperti ini akan terus mencari sebab kenapa dirinya tidak sukses dengan rasa frustasi meski pun menambah pengetahuan demi pengetahuan. Inilah saatnya menerapkan pengetahuan kita menjadi tindakan dan kebiasaan dalam hidup. It’s not about knowing, but about doing.
  

Mulailah membuat kebiasaan baru “ melakukannya sekarang “. Berapa banyak masalah yang dianggap kecil, tidak penting yang kita sisihkan ? Ada lagi masalah lain, “ Ah, nanti ini belum penting.” Tiba-tiba kita kaget ketika masalah itu menjadi besar dan serius. Contohnya, hati-hati kolesterol. Begitu kita abaikan, tiba-tiba terkena stroke.  Karena masalah ini tidak kita tangani bukannya makin kecil tetapi malah menjadi makin besar dan berbahaya.

Berapa banyak di dalam pekerjaan Anda yang masih merupakan teguran kecil ? Berapa banyak yang sudah lumayan serius masalahnya yang belum Anda hadapi ? Lakukanlah sesuatu, jangan dibiarkan karena suatu saat masalah kecil tadi bisa menjadi bumerang untuk Anda. Jangan suka menunda.

W.Clement Stone, salah seorang paling sukses di Amerika mempunyai cara unik untuk mendorong dirinya sendiri untuk mengambil tindakan. Ia suka bercermin dan sekuat-kuatnya bertepuk tangan sambil berseru sekeras-kerasnya, “ Lakukan sekarang juga !” diulanginya tiga kali, menjadikannya siap akan tugasnya. 

Pasti itu efektif, karena di usia enam belas tahun dia sudah menjual asuransi jiwa seolah-olah tidak ada hari esok. Ketika ia berusia dua puluh satu tahun, datanglah depresi hebat, dan banyak orang mengatakan tidak mungkin bertahan.  Tanpa kapok, Stones yang masih muda ketika itu mendirikan perusahaannya sendiri dan merekrut 1000 pramuniaga, dan membangunnya menjadi salah satu usaha terbesar di Amerika Utara.

Banyak orang dalam hidupnya hanya bersiap-siap saja tanpa benar-benar bertindak. Anda harus bertindak. Ambil tindakan terfokus. Ambil saja langkah pertamanya, secara bertahap Anda akan membangun momentum. Seperti pepatah bola salju, Anda tidak akan berhenti setelah melakukan dorongan pertama. Ingatlah, imbalan besar dalam kehidupan hanya menjadi kenyataan ketika Anda mulai bertindak. Kembangkanlah kebiasaan mengambil tindakan.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
9 Comments

9 komentar:

  1. Terlalu banyak menimbang membuat kita terlambat melakukan tindakan, disaat yang lain sudah berlari di depan kita masih sibuk dengan timbangan...
    Terlalu cepat mengambil tindakan tanpa pertimbangan juga bisa ada kemungkinan salah dalam bertindak....
    Seperti yang telah tertera di atas, bola salju akan terus melaju dan semakin besar setelah dilakukan dorongan pertama, bagaimana kalau dorongan pertama itu adalah dorongan yang salah? akankah kesalahan itu akan terus berjalan dan semakin besar, sehingga nantinya baru berhenti ketika membentur sesuatu dan merusaknya?

    Mohon tanggapannya, salam sukses, Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana kita tahu tindakan kita salah atau benar kalau kita tidak pernah bertindak ? Tahukah Anda bahwa orang yang sukses melakukan kesalahan atau kegagalan lebih banyak daripada orang yang tidak sukses ? Seorang pekerja yang melakukan pekerjaan lebih banyak dibanding rekannya juga memiliki kemungkinan melakukan kesalahan lebih banyak, ketimbang yang menghindari pekerjaan. Resiko tindakan memang selalu ada, lebih baik salah dalam bertindak, daripada tidak melakukan sesuatu. Tidak mungkin seorang petinju mengharapkan tidak terkena pukulan ketika bertinju di atas ring. Ambillah resiko atau Anda jauh dari kesuksesan. Pilihan sepenuhnya ada ditangan Anda. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Salam Hidup Luar Biasa
    "Biasakanlah bertindak dengan menyelesaikan masalah,persoalan,problem atau hal yang yang dianggap kecil atau sepele,,,,,,,kalau bisa, pasti Hebat"
    Karena,,,,,
    Kalau Kita membiarkan masalah,persoalan,problem atau hal yang KECIL, sama halnya Kita memupuk,menyuburkan dan menumbuhkan masalahnya untuk menjadi BESAR,,,,yang suatu saat akan sulit untuk MEMBASMINYA,,,,,,
    Terima Kasih p.Han,,,Hanya Satu Kata "SUKSES"untuK Yang Luar Biasa.

    BalasHapus
  3. Artikel yang Sungguh Luar Biasa....

    Untuk menggapai kesuksesan memang kita harus Berani Melangkah,...Berani Bertindak,....Berani Berbuat....dan Siap Menerima Kegagalan...dan bercermin dari Kegagalan untuk lebih Berani Melangkah lagi....lebih Berani Bertindak lagi..dan lebih Berani Berbuat lagi...

    " Tanpa Berbuat apa apa,...Kita bukanlah Siapa siapa.."

    Salam Sukses Hidup Luar Biasa


    BalasHapus
  4. Terima kasih, pak Miswan dan pak Wowo. Ayo maju terus, semakin sukses. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
  5. Selamat Malam,...

    Berbicara tentang BERTINDAK saya jadi teringat artikel Pak Han yang dulu, tanggal 30/12/2013 judulnya "KEKUATAN DARI KEPUTUSAN" yang memang ada kaitan-nya,...
    Teman Pak Han bertanya;...
    Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar menguasai keahlian berbisnis seperti Anda ?
    Pak Han menjawab,” Anda ingin berapa lama ?”...
    Jika Anda bertindak selama sepuluh kali dalam waktu sehari, sedangkan orang lain melakukannya sekali dalam sebulan. Maka Anda memiliki sepuluh bulan pengalaman dalam sehari dibandingkan orang lain...[Luar Biasa,Jawaban yang SUPER]

    Sebagai tambahan pengetahuan,
    Orang-sukses dan Motivator Amerika "JACK CANFIELD" pernah mengatakan dalam seminar-nya;..."If clear about the WHAT,the HOW will show up"...
    maksudnya adalah;...anda tidak usah TERPAKU tentang BAGAIMANA[HOW],tetapi APA[What] yang menjadi TUJUAN ANDA harus JELAS[Clear] dan anda sungguh-sungguh ingin meraih-nya.
    dia menambahkan;...apabila APA[What] tujuan anda JELAS[Clear] dan sungguh-sungguh ingin meraihnya maka alam bawah sadar anda,otak dan segalanya termasuk TUHAN akan terlibat secara bersamaan membuat JALAN KELUAR..."The HOW will show up".

    Semoga bermanfaat,...
    Salam SUKSES,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti sangat bermanfaat, mas Nuzul. Pengetahuan Anda "SUPER" sekali, terima kasih tambahan ilmunya, ya... Komentar-komentar Anda pasti ditunggu-tunggu tidak hanya oleh saya, tapi oleh teman-teman pembaca setia blog ini juga. Teruslah berkontribusi, dan bermanfaat bagi orang lain.
      See you at the top. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  6. Terima kasih Motivasinya Pak Han.
    Memang betul ,Ibarat kita lebih baik melakukan suatu pencegahan dari pada suatu pengobatan, dengan harapan hari esok menjadi lebih baik dari hari ini.

    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus