Jumat, 28 Februari 2014

Stamina Bekerja


Bagaimanakah kondisi fisik dan mental Anda setelah bekerja sehari penuh ? Letih, capek, kehabisan energi, atau tetap bersemangat untuk melakukan kegiatan lain ? Jika kita mengatakan bahwa setiap kali pulang kerja pasti capek atau letih, jangan-jangan kita tidak hanya sedang mengalami keletihan fisik saja melainkan juga keletihan emosi atau mental.


Buktinya, saya mengenal banyak orang yang tetap antusias dan bersemangat melakukan aktivitas lain setelah jam kerja, baik kegiatan hobi, kegiatan sosial maupun pelayanan rohani. Terkait dengan topik ini, saya mau menceritakan tentang dua orang operator SPBU yang setiap harinya melakukan tugas cukup berat secara fisik. Mereka berdua bersahabat baik dan bekerja di tempat yang sama.

Operator yang pertama, setiap kali pulang kerja selalu pulang dalam kondisi letih dan capek. Konon cerita mandornya, bahkan setelah paruh waktu kerja ia sudah menunjukkan kondisi yang cenderung tidak bersemangat setiap harinya. Bertolak belakang dengan operator kedua.

Setiap kali pulang kerja, operator kedua tetap dalam kondisi segar. Demikian pula sepanjang jam kerja, tetap bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Bahkan ia kerap mengajak anaknya bermain sepulang kerja, melakukan kegiatan berkebun jika kebetulan masuk shift pagi atau malam. Sempat pula mengikuti kegiatan sepak bola yang menjadi kegemarannya.

Suatu saat mereka berdua terlibat pembicaraan sepulang kantor. Operator pertama yang selalu melihat sahabatnya selalu energik dan ceria bertanya,” Kamu hebat amat. Apa rahasianya sehingga kamu tetap bersemangat setelah kerja seharian ? Kamu minum jamu apa ?

Operator kedua tersenyum dan menjawab, “ Jamu apa ? Aku tidak minum jamu apa-apa !”

“ Kok bisa ?”

“ Rahasianya cuma satu. Tapi aku tanya dulu sama kamu. Apa yang kamu katakan sewaktu pamit mau berangkat kerja ke isterimu ?” tanya operator kedua.

Operator pertama menjawab,” Ya biasa. Aku bilang mau pergi kerja.”

Operator kedua sambil tertawa,” Nah itu masalahmu. Kamu selalu bilang mau pergi kerja sewaktu pamitan. Sedangkan aku tidak. Setiap hari mau berangkat kerja, aku bilang bahwa aku mau pergi untuk menghibur dan membantu orang-orang. Saya akan melakukan senyum salam sapa dengan senang dan konsisten untuk memberikan penghiburan kemudian membantu orang-orang yang mau bepergian dengan mengisikan bahan bakar ke dalam kendaraan mereka. Dapat uang pula ”. 

Saya juga pernah bertemu seorang sales yang selalu energik dalam melakukan tugasnya karena dia menganggap pekerjaannya seperti bermain bola, pada saat dia berhasil melakukan closing penjualan dia seakan melakukan tembakan gol ke gawang lawan. Ketika gagal, berarti gawangnya kebobolan.

Untuk menjaga stamina bekerja kita, kita dapat membungkus aktivitas kita menjadi satu kegiatan yang fun, yang tidak membebani diri kita. Ciptakanlah semangat bermain, sehingga pekerjaan akan terasa lebih ringan, dan waktu akan terasa lebih cepat dilalui. Yang membuat stamina bekerja kita menurun seringkali bukan karena banyaknya beban kerja tetapi karena emosi atau kondisi mental kita terhadap pekerjaan itu. Janganlah lupa untuk selalu menyempatkan diri mengambil jeda waktu istirahat sejenak untuk menyegarkan kembali fisik dan mental atau emosi kita sehingga kualitas dan produktivitas pekerjaan kita tetap terjaga. Apa pun pekerjaan Anda, carilah alasan yang menyemangati.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
8 Comments

8 komentar:

  1. Selamat malam pak!
    Artikel yg luar biasa, menggugah semangat saya utk bekerja lbh giat lg! Saya pun selalu tersenyum setiap berangkat kerja, dan saya pun selalu ingin menularkan semangat saya ke semua operator, terutama di awal shift.

    SALAMM LUAR BIASA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Iwan, selamat malam juga. Alhamdulillah kalau artikel ini bisa menggugah semangat Anda dan teman-teman. Ajak teman-teman bergabung disini, supaya lebih bersemangat. Partisipasi Anda saja sudah membuat saya semakin bersemangat, terima kasih. Saya tunggu komen berikutnya, Salam sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. selamat malam pak han..

    motivasinya luar biasa super...dan alhamdulilah saya dan istri saya sangat menikmati pekerjaan ini seolah-olah kita berada di rumah sendiri...pokonya fun..enjoy....nikmat...


    sekali lagi matur suwun motivasinya sebagai pendorong semangat utk lebih menikmati pekerjaan ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, mas Hamim. Bagikan semangat itu pada yang lain, ya.... Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  3. Terima-Kasih Pak Han,
    Ini sangat Menginspirasi sekali,Izinkan saya menambahkan,...

    Selain Stamina terjaga,pekerjaan akan terasa lebih ringan, dan waktu akan terasa lebih cepat dilalui.

    ada tambahan satu hal lagi;...
    You produce many times more productivity working for JOY than working for NECESSITY...Anda menghasilkan produktivitas berkali-kali lebih banyak bekerja untuk KESENANGAN daripada bekerja untuk KEBUTUHAN (MR.JIM ROHN).

    Terima Kasih Pak,Selamat SIANG...
    SALAM SUKSES,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas Nuzul. Selamat berbagi, selamat siang. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  4. Terima kasih Motivasinya Pak Han.
    Terima kasih juga kepada Team Direksi Gelora Group..,,atas kebijakan yang memberikan libur satu Minggu satu hari untuk karyawannya, dengan demikian stamina para karyawannya dapat terjaga...Mudah-mudahan kebijakan-kebijakan yang lainnya juga dapat menyemangati para karyawannya untuk bekerja lebih baik lagi untuk Gelora Group.Amin.

    Salam Sukses,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, pak Samun. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus