Sabtu, 01 Maret 2014

Indikator Sukses


Sebelum hujan datang, biasanya kita akan melihat langit gelap karena awan hujan. Daun-daun yang gugur pertanda akan datangnya musim dingin. Mainan terompet tersedia disudut-sudut jalan ketika menjelang tahun baru. Dalam semua contoh, indikatornya mendahului (menuntun kepada) kejadian yang akan berlangsung.

Apakah Anda perlu mengetahui bagaimana masa depan usaha Anda,  kehidupan keluarga Anda, kehidupan sosial atau kehidupan pribadi Anda ? Tidak sulit menentukan karakter mana saja yang akan menjadi indikator dari karakter yang baik dan mana yang bukan. Anda dapat memilih indikator-indikator penuntun yang akan membantu Anda menjadi orang seperti yang Anda cita-citakan.


Memang kita harus memiliki pengetahuan dan tata cara untuk menafsirkan makna dari apa yang kita amati. Kalau kita tidak tahu, maka indikator ini tidak akan berarti apa-apa. Mungkin kita bisa melihat hasil tertentu. Lewat pengalaman dan penalaran, kita bisa menemukan penyebabnya sekaligus menyadari adanya indikator penuntun dari hasil yang sama di masa depan.

Sebagai ilustrasi sederhana, ketika salah seorang karyawan saya yang baru mempunyai sikap mental yang tepat, hal ini merupakan indikator penuntun. Jika ia mengikuti pelatihan yang diajarkan dengan sungguh-sungguh,  hal ini juga merupakan indikator penuntun. Ketika ia mulai menggunakan prinsip-prinsip yang telah ia  pelajari, ini juga indikator penuntun. Masing-masing menjelaskan bahwa ia akan sukses sebagai karyawan yang berharga bagi perusahaan.

Indikator-indikator penuntun lainnya adalah pesanan menurun, produksi menurun, omset menurun lalu pengurangan tenaga kerja dan pengurangan pembelanjaan, dan sebagainya. Indikator lainnya, adalah keluhan yang meningkat, kegagalan meningkat pertanda buruk, demikian pula kebalikannya.

Dan ketika Anda menggunakan indikator penuntun untuk sukses, Anda akan memotivasi diri untuk meraih pencapaian tertinggi...... menyingkirkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan meraih kebiasaan-kebiasaan baik.... keluar dari utang.... menabung.... meraih kekayaan, kesehatan, kebahagiaan....dan menemukan banyak kekayaan sejati dalam kehidupan.

Tentukanlah indikator sukses Anda dan coba gunakanlah setiap harinya, maka Anda akan mulai melihat bukti nyata, Anda akan mulai memperhatikan perubahan-perubahan penting dalam diri Anda. Prinsip-prinsip yang ada dibalik indikator sukses itu telah membawa kebaikan bagi beribu-ribu orang yang telah menggunakannya.

Saya juga menggunakan indikator-indikator sukses untuk memeriksa kegiatan saya setiap harinya. Indikator saya antara lain adalah ketika saya bisa membaca tiga buah buku setiap minggu, ikut seminar atau workshop minimal setahun dua kali, menerapkan minimal satu ide baru setiap bulan untuk perbaikan-perbaikan ke depan, menyelesaikan satu tulisan setiap hari, dan masih banyak lagi.

Indikator sukses bisa kita rancang sendiri khusus untuk membantu diri kita melaksanakan niat-niat kita. Mungkin Anda terinspirasi untuk mengambil tindakan karena hambatan suka menunda, atau mungkin Anda belum mempunyai pengetahuan yang diperlukan sehingga perlu belajar setiap hari, atau mungkin Anda tidak menggunakan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan walau Anda sudah memilikinya. Manfaatkanlah cara  yang sudah terbukti membantu orang-orang sukses untuk mengukur kemajuan Anda.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
10 Comments

10 komentar:

  1. Setuju Pak Han...Pak Han sy mau tanya dasar dari Indikator terpenting yg setiap manusia yg mau sukses harus memilikinya.. apa ya Pak...?krna pada dasrnya setiap manusia punya indikator masing2 namun karna dasar untuk memberi wujud untuk indikator yg dia miliki gak punya akhirnya indikator yg ada sia2...SALAM SUKSES HIDUP LUAR BIASA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Michelle, manusia pada dasarnya adalah mahluk kebiasaan. Perbuatan mencuri akan menjadikan seseorang menjadi pencuri. Anda dapat memilih indikator-indikator penuntun yang akan membantu Anda menjadi orang yang Anda inginkan. Dengan mengontrol kebiasaan2 yang dibutuhkan, dengan sendirinya kita akan menjadi orang yang kita inginkan. Saya tidak dapat menjawab dasar dari indikator terpenting secara universal, karena harus spesifik. Seperti pada saat Anda membuat VISI dan MISI. Visi adalah tujuan kita, sedangkan misi adalah cara mewujudkan visi tersebut. Jika kita membuat indikator-indikator penuntun untuk misi-misi kita maka kita pun akan mencapai visi itu. Namun saya akan tambahkan sedikit tentang dasar untuk sukses mudah2an dapat menambah wawasan Anda membuat indikator penuntun yang lebih tepat. Ada 3 hal dasar untuk sukses :
      1. INSPIRATION TO ACTION (Inspirasi yang diperlukan untuk mengambil tindakan. Seorang bocah enam tahun membutuhkan uang. Sedikit uang dipinnjamnya untuk modal berjualan koran. Seandainya dia tidak berhasil menjual habis koran itu, ia akan mempunyai hutang dan korannya terbuang, dia bahkan tidak bisa membacanya. Baginya, ini adalah dorongan motivasi untuk menjadikan dia terus mencoba.
      2. KNOW HOW (Tata Caranya) Walaupun diusir-usir oleh pemilik restoran, dia berhasil menjual tiga buah korannya. Setelah tiga kali keluar masuk, ia mempunyai teknik yang diperlukan untuk menjual koran di dalam restoran. Demikianlah ia mengetahui tata caranya. Keterampilan tertentu yang secara konsisten mendapatkan hasil-hasil bagi Anda ketika diterapkan. Jadikanlah kebiasaan.
      3. ACTIVITY KNOWLEDGE (Pengetahuan kegiatan). Ia tahu apa yang harus dikatakan, sebab ia mendengar anak-anak lebih tua menyerukan berita utamanya. Ketika mendekati seorang pelanggan, ia tinggal mengulangi apa yang didengarnya. Demikianlah ia mempunyai pengetahuan tentang kegiatan yang diisyaratkan. Pengetahuan tentang kegiatan, pelayanan, produk, metode-metode, teknik-teknik dan keterampilan yang Anda butuhkan.
      Sebuah Catatan tertulis tentang kebiasaan-kebiasaan harian Anda ketika diisi dengan benar, catatan tersebut akan mencerminkan setiap usaha dan setiap tindakan Anda dalam kehidupan sehari-hari.
      Sementara sekian dulu jawaban saya, mudah-mudahan dapat membantu.
      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. GURUH KURNIAWAN, ERTE ne2 Maret 2014 pukul 21.39

    Menarik sekali pak Han ... mdah2n brmanfaat buat sy n keluarga sy .
    Dengan pengetahuan dan tata cara untuk menafsirkan makna, masing2 orang tentu tingkatannya berbeda. bagaimana menyikapi hal tsb agar bisa cepet tanggap dan tergugah ?
    matur suwun .
    Salam sukses hidup luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Guruh, memang diperlukan pengetahuan, pengalaman, kemauan untuk berpikir ketika kita bereaksi terhadap indikator penuntun. Maksudnya jelas, kita harus tahu bahwa sebelum hujan akan ada awan hujan. Ketika Anda menentukan hasil seperti apa yang Anda inginkan, barulah kita bisa mencari dan menetukan indikator penuntunnya. Ketika kita tidak mempunyai pengalaman, logika kita mungkin berdasarkan asumsi-asumsi yang keliru, sehingga kesimpulannya pun keliru.Saran saya ketika seseorang kesulitan memaknai, mintalah nasihat pada orang yang tepat, yang mungkin telah sukses atau mempunyai pengalaman tentang hal itu. Modelling itu perlu dan merupakan cara sukses yang lebih cepat. Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
    2. GURUH KURNIAWAN, ERTE ne3 Maret 2014 pukul 08.07

      Matur suwun pak Han ...

      Hapus
  3. Luar Biasa,...
    Terima-Kasih Pak Han artikel-nya,

    Here is one of the most important lessons in life to learned,
    life and bussiness is like the changing seasons and the real challenge of life is to learn
    how to handle the winter and take advantage of the spring...in short that's it.

    you see winter always come but also the spring,

    night follows day but also day follows night,

    Opportunity follows difficulty as surely as difficulty follows opportunity,

    What that i do in the summer to prepare for the winter that's a lessons in live and survivals.

    Happiness,
    wealth,
    peace,
    security,
    success,
    rewards,
    results,
    and all human achievements comes from a growing ability to understand and handle the changing season.

    Learn to workharder on yourself than anything else,
    The key to all success in economic or mental health is SELF DEVELOPMENT,
    It will all change for the better when you change for the better,
    It's what you become that really counts.

    and you are the only VALUABLE.


    Salam SUKSES,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nuzul, your english is very well and your understandig is also very excellence. But I'd rather answer you in Indonesian to be more easily understood by others. Artikel ini memang mengundang pertanyaan dan pembelajaran yang mendalam, tetapi kalau kita mau mulai mengamati seperti yang saya lakukan, hasilnya sungguh-sungguh luar biasa. Setahun yang lalu dengan sekarang, perbedaannya banyak sekali, itu yang saya rasakan. Teruslah belajar dan berkembang. Sukses menanti di depan mata. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
    2. Terima-Kasih Pak,atas Nasehat-nya,...
      One of the Greatest Motivating Factor in the world is Progress and if you measure it you'll get excited (Jim Rohn)

      You can GET more than you've got because you can become more than you are...Hidup Hanya sekali,Hiduplah dengan LUAR BIASA!

      Hapus
  4. Saya hanya mengucapkan terima kasih atas motivasinya Pak Han, yang sudah menambah wawasan buat saya peribadi untuk belajar.

    Salam Sukses. Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, pak Samun. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus