Selasa, 11 Maret 2014

Saat-Saat Yang Menentukan

Saat-saat yang menentukan hidup saya, sudah menetapkan siapakah saya.  Ambil satu saja dari saat-saat itu, baik atau buruk, maka saya tidak akan menjadi orang yang sama lagi. Ketika saya menoleh ke belakang, ke banyak saat yang menentukan hidup saya dan merenungkan saat-saat itu, saya bisa melihat bahwa semua itu masuk dalam beberapa episode :

Mengawali sesuatu yang baru. Ada saat yang menentukan dalam hidup saya untuk memulai sesuatu yang baru. Lebih dari dua puluh tahun yang lalu ketika saya memutuskan untuk mempunyai usaha sampingan selain bekerja di Pertamina. Awalnya saya tidak yakin bagaimana hal itu dapat dilakukan. Setelah saya menetapkan tujuan-tujuan baru, kemudian melakukannya, sedikit demi sedikit diri saya berubah, situasi juga berubah dan semuanya berubah menjelma menjadi kehidupan yang baru.

Sekarang setelah lebih dari dua dasawarsa kemudian, saya menganggap saat itu adalah saat salah satu keputusan paling penting yang saya buat dalam hidup saya. Saat itu, hal ini tampak seperti menambah banyak pekerjaan, melelahkan karena saya harus menginvestasikan waktu tambahan. Namun, pelajaran-pelajaran yang saya peroleh, memungkinkan saya melakukan banyak hal dengan mudah kemudian. Tanpa keputusan itu, seluruh hidup saya pasti akan berbeda.

Mengambil keputusan yang sulit. Saat ini adalah saat yang paling krusial dalam hidup saya. Sejak enam tahun sebelumnya, saya dalam proses kebimbangan dan keraguan yang luar biasa. Di satu sisi ingin segera pensiun dan menjadi seorang pengusaha, sisi yang lain mulai timbul ketakutan kalau tidak berhasil. Setelah pulang dari Pakistan, baru saya memperoleh momentum akibat kekecewaan seperti yang pernah saya ceritakan di artikel Esok Tak Kunjung Tiba. Keinginan saya begitu kuat saat itu, tak seorang pun dapat menghalangi keputusan saya berhenti bekerja. Tanpanya, saya tidak akan seperti sekarang.

Menemukan visi. Satu lagi saat yang menentukan adalah saat saya mempunyai niat membangun bengkel otomotif dengan konsep yang lain dari bengkel lain. Tidak tanggung-tanggung, saya ingin membuka tujuh belas cabang. Beberapa tahun pertama, khas layaknya sebuah organisasi baru, banyak pelajaran yang dapat dipetik, kesalahan demi kesalahan yang membuat kami semakin dewasa. Baru tahun ke tujuh, saya sajikan visi di depan seluruh karyawan pada acara gathering di Baturaden. 

Naik ke tempat lebih tinggi. Pada akhir Mei 2013, saya ikut workshopnya Tom MC Ifle selama dua hari di Novotel Gajah Mada, Jakarta yang berjudul “ How to create system that runs without you “. Saat itu  saya diajari membuat blueprint bisnis yang ingin saya miliki sepuluh tahun ke depan maka lahirlah keinginan untuk membuat perusahaan saya menjadi perusahaan world class company. Saat yang menentukan adalah saat saya menorehkan keinginan di atas kertas, yang akhirnya keinginan ini mendominasi hari-hari saya untuk segera mengambil tindakan.

Sekarang bagaimana kalau Anda juga melihat saat-saat menentukan di dalam kehidupan Anda, coba luangkan waktu untuk menelusuri kehidupan masa lalu Anda. Sementara ini Anda menghadapinya setiap hari, cobalah siaga terhadap jenis-jenis saat-saat yang menentukan seperti pengalaman saya :

Mengawali sesuatu yang baru – peluang untuk melakukan sesuatu yang baru.
Mengambil keputusan sulit – peluang untuk mengevaluasi kembali prioritas Anda.
Menemukan visi – peluang untuk visi yang jelas.
Naik ke tempat lebih tinggi – peluang untuk Anda naik ketingkat yang lebih tinggi.


Saya pikir ada godaan untuk percaya bahwa semua saat yang menentukan biasanya terjadi lebih dini dan datang secara dramatis dalam kehidupan kita. Itu tidak benar. Anda tidak memerlukan banyak terobosan-terobosan besar untuk mencapai hasil yang dramatis. Saya yakin, jika Anda mau terus bertumbuh, terus mencari peluang dan terus mengambil resiko, Anda akan mengalami saat-saat yang menentukan dalam hidup Anda.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar