Kamis, 27 Maret 2014

Go The Extra Miles


Salah satu cara penilaian kinerja agar mendapatkan nilai maksimal adalah dengan melakukan lebih memuaskan dari yang diminta. Tindakan memberikan hasil nyata yang melampaui ekpektasi atasan atau perusahaan juga sering disebut extra miles.

Jika seorang karyawan sering melakukan tindakan extra miles, berarti dia sedang berinvestasi untuk memperoleh kepercayaan dan tanggung jawab lebih besar dari atasannya dan orang-orang yang bekerja sama dengannya. Selalu berupaya menjadi segelintir orang yang extraordinary.

Ada nasehat bijak dari seorang guru bijak, “ Jika siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil “. Nasehat ini membuka tabir rahasia tentang kehidupan diatas rata-rata dan menjadi inspirasi bagi orang biasa yang ingin menjadi luar biasa.

Liem Swie King atlet bulu tangkis yang terkenal pada tahun tujuh puluh sampai delapan puluhan dengan jumping smashnya yang mematikan lawan, berupaya mempertahankan kehebatannya dengan tindakan extra miles. Saat sang pelatih menyuruhnya lari mengelilingi stadion sebanyak 20 putaran, King melakukannya sebanyak 40 putaran.

Saat SPBU-SPBU lain di Indonesia menjalankan bisnisnya secara biasa-biasa saja, SPBU Gelora Group melakukan perbaikan terus menerus melalui gathering, pelatihan-pelatihan, motivasi tiga bulanan, bergerak menuju visi misi, itu adalah tindakan extra miles.

Sejak dua tahun terakhir divisi Pelumas PT. Gelora Putra Perkasa melakukan tindakan extra miles dengan melakukan perubahan-perubahan tajam yang tidak dilakukan oleh agen-agen pelumas lain, sehingga sekarang menjadi agen pelumas yang dijadikan percontohan bisnis terbaik oleh Pertamina Lubricants. Going the extra miles.

Berikut ini adalah contoh tindakan extra miles yang dapat dilakukan dalam bekerja :

Ketika Anda diminta menyelesaikan sebuah tugas dalam waktu tiga hari, selesaikanlah dalam dua hari. Usahakan menyelesaikan lebih cepat dan hasilnya lebih baik dibanding yang lain.

Ketika atasan Anda bertanya sesuatu, Anda mampu menjelaskan dengan informasi yang lengkap dan memuaskan. Anda tidak harus tahu semuanya, tetapi Anda dapat segera mencari tahu dengan cepat dan tepat seperti yang diperlukan.

Ketika atasan atau rekan kerja sedang kerepotan, Anda berinisiatif menawarkan tenaga, membantu meringankan beban mereka. Anda tidak dapat sukses sendirian, dengan membantu orang lain sebetulnya Anda sedang membantu diri sendiri.

Ketika karyawan yang lain hanya menjadi problem reporter, yang hanya melaporkan apabila terjadi suatu masalah, jadilah Anda seorang problem solver bagi atasan atau rekan kerja Anda. 

Ketika Anda diberi target penjualan, berikanlah pencapaian diatas target yang diberikan. Apalagi sampai dibawah target dan dibiarkan berlarut-larut, bisa-bisa perusahaan mencari pengganti yang lebih baik dari Anda.

Jika Anda ingin benar-benar unggul dalam karier, bisnis, sekolah dan kehidupan, lakukanlah tindakan extra miles. Berikanlah selalu lebih dari yang mereka harapkan pada orang-orang di sekitar Anda, keluarga, pelanggan, perusahaan dan tim Anda. Go the extra miles membutuhkan usaha, tenaga dan waktu lebih. Dari pada Anda mengatakan “ Yang seperti ini sudah cukup “, lebih baik Anda berkata “ Sedikit lagi, akan jauh lebih bagus.”

Are you ready ?

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Wah,Betul-Betul Luar Biasa Sekali Artikel yang Pak Han tulis ini,
    Ini sangat menginspirasi sekali buat saya,
    Saya sangat berterima-kasih sekali atas ILMU yang sudah Pak Han bagikan...

    Memang saya adalah orang biasa yang ingin menjadi LUAR BIASA,Jadi saya sangat senang sekali dengan ARTIKEL yang semacam ini,...

    Don't wish it was easier,wish you were better,...Jangan menginginkan-nya lebih mudah,Inginkan-Lah agar anda menjadi lebih baik,

    Don't wish for less problems,wish for more skills,...Jangan menginginkan masalah yang lebih
    sedikit,Inginkan-Lah agar anda punya keterampilan yang lebih banyak,

    Don't wish for less challenges,wish for more wisdom,...Jangan menginginkan tantangan hidup yang Lebih ringan, Inginkan-lah agar anda menjadi Lebih BIJAKSANA,

    HIDUP hanya sekali,HIDUPLAH dengan LUAR BIASA.

    Salam Sukses,HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, mas Nuzul. Saya berbahagia sekali apabila apa yang saya bagikan berkenan apalagi bermanfaat. Semoga Anda segera dapat mewujudkan keinginan Anda menjadi orang yang luar biasa. Kata-kata " Hidup hanya sekali, hiduplah dengan luar biasa " kalau dicermati dan diresapi, maknanya sungguh sangat berarti bagi hidup kita sebagai manusia.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Salam Hidup Luar Biasa,,,,
    "Tepatnya yang lain biasa-biasa saja,,,,,,P.Han Luaaar Biasa,,hebat,,, setuju Pak,,
    Contoh tindakan Extra miles di atas sangatlah bermanfaat,,,membuat saya mengoreksi,mengintropeksi dan mengevaluasi apakah Saya sudah melangkah,melakukan lebih dari yang diinginkan Perusahaan atau orang lain???
    Saya yakin pertanyaan inipun muncul dibenak pembaca yang luar biasa,,,
    Jika sudah,,,sungguh hebat,,lanjutkan dan bergeraklah terus!!!
    Bila belum,,,,,kenapa tidak,,,saya yakin Kita bisa,,,
    Terima kasih P.Han,,sungguh hebat,,,
    Hanya satu kata "SUKSES"untuk yang Luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, pak Miswan. Kalau cocok dan setuju, bagikanlah ke orang lain dan ajaklah mereka go the extra miles, pasti dampaknya luar biasa. Hidup hanya sekali, Hiduplah dengan LUAR BIASA !!

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus