Sabtu, 29 Maret 2014

Peluang Atau Keberuntungan ?


Salah satu karyawan saya bertanya, “ Maaf, kelihatannya yang bekerja di SPBU sedang beruntung, banyak peluang meningkatkan karier ya, Pak ? Tidak demikian di bagian saya, kelihatannya sudah mentok atau mungkin tunggu giliran ? ” 

Saya tersenyum dan menjawab,” Bekerjalah sebaik mungkin, jadilah yang terbaik di bagian Anda, supaya kalau ada peluang promosi, Anda lah yang mendapat kesempatan pertama.”

Saya teringat saat pertama kali bekerja. Saya diterima di sebuah pabrik tekstil sebagai pembantu gudang benang di Bandung. Sebagai pegawai baru, saya benar-benar tidak tahu apa yang akan saya lakukan karena atasan saya hanya menyuruh untuk orientasi. Kemudian saya berinisiatif membuat denah lokasi dan jenis barang yang ada di gudang meski pun sudah ada data di buku stock. Hanya ingin memastikan kevalidan datanya.

Akhirnya setelah hari ke tiga saya sudah mempunyai data yang lengkap dan akurat. Beberapa hari kemudian ketika saya sedang sendirian di kantor gudang, pemilik pabrik datang tiba-tiba dan menanyakan tentang persediaan beberapa jenis barang. Untung saya dapat memberikan jawaban dengan tepat, walau sedikit grogi. 

Rupanya pertemuan saya dengan pemilik pabrik di gudang membuatnya terkesan dengan kesiapan saya. Tepat sebulan saya bekerja, saya dipanggil ke bagian personalia dan diberikan promosi sebagai kepala gudang benang, karena atasan saya mengundurkan diri. 

Mungkin Anda akan berpikir bahwa semua itu adalah kebetulan karena ada peluang. Tapi apakah saya akan mendapatkan jabatan itu kalau pertemuan saya dengan pemilik perusahaan di gudang ternyata mengecewakan ? 

Ingat, definisi sukses adalah adanya peluang bertemu dengan persiapan Anda. Kebanyakan orang hanya menunggu kesempatan datang, tapi sangat disayangkan ketika kesempatan itu datang dan mereka tidak siap,  maka kesempatan itu pun berlalu.

Ada pepatah yang mengatakan “ Kesempatan hanya datang sekali saja. “ Menurut saya kurang tepat, kesempatan hanya datang sekali bagi mereka yang menunggu, namun bagi yang berlari mengejar dan mempersiapkan diri, akan datang berkali-kali. So, bijak-bijaklah memahami sebuah pepatah.

Sering kali kita tidak dapat melihat peluang karena cara berpikir kita yang mungkin belum mampu melihatnya. Cara memulainya adalah mempersiapkan diri menjadi yang terbaik dimana sekarang kita berada. Tanpa persiapan yang baik, kita bukan siapa-siapa.

Ayah saya almarhum pernah berpesan, “ Kalau kamu menjadi pengemis, jadilah pengemis yang terbaik. Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup di kolong jembatan pun ada ilmunya, semua ada ilmunya. Belajarlah sepanjang hidup kamu. ”


Tidak ada satu pun keberuntungan dalam hidup yang dapat Anda kendalikan. Satu-satunya cara adalah ketika Anda bersiap diri menyongsong kesempatan yang dapat datang setiap saat. Thomas Jefferson pernah berkata, “ I’m a firm believer in luck, and I’ve found the harder I work, the luckier I get. “ Saya sangat percaya keberuntungan, dan saya telah menemukan semakin keras saya bekerja, semakin mujur saya dapatkan. "

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Pengalaman Hidup yang Luar Biasa,...

    Apa yang Pak Han alami itu adalah Peluang yang tidak diduga-duga.

    Mengutip kata-kata Jim Rohn dari Video-nya;...
    Success is something you attract by becoming an attractive person,Success is not something you pursue,...Sukses adalah sesuatu yang Anda tarik dengan menjadi seseorang yang menarik, Sukses bukanlah sesuatu yang Anda kejar,

    JABATAN yang sebenar-nya itu tidak perlu kita kejar tetapi harus kita tarik,
    cara menarik-nya adalah dengan menjadi ATTRACTIVE PERSON (Orang yang menarik),
    Kisah Pak Handojo diatas itu adalah Salah satu Contoh dari ATTRACTIVE PERSON.

    Menurut Pendapat saya dari kisah diatas;...yang dinilai sebenarnya itu bukanlah Pak Han dapat memberikan jawaban dengan tepat saat ditanya stock barang,...tetapi karena Pak Handojo bisa menunjukan Kesungguhan-nya didalam bekerja...(mungkin itu yang dinilai oleh PEMILIK PABRIK).

    Terima Kasih Pak atas ilmu-nya dan testimoni-nya,...
    Salam Sukses,HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tambahan ilmuanya, mas Nuzul. Kita bagikan pada teman-teman yuuk...supaya banyak orang yang menjadi attractive person dan menangkap peluang mereka menjadi lebih baik dan lebih sukses. Hidup hanya sekali, hiduplah luar biasa.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Salam Hidup Luaar Biasa,,,
    Hanya satu kata 'sukses"untuk yang Luar Biasa p.Han,,,
    "Mas Nuzul,,,andapun harus bisa membuktikan bukan hanya dapat menjawab tepat pada saat ditanya,,,apakah anda sudah menjalankan SOP,,,,tetapi buktikanlah bahwa andapun melakukan pekerjaan itu dengan kesungguhan....(tks,ruang sepatah katanya untuk Mas Nuzul,,, Pak.Han)
    Hidup Hanya Sekali,Hiduplah dengan Luar Biasa

    BalasHapus