Jumat, 21 Maret 2014

Belajar Dari Semut


Temuchin bersembunyi dalam sebuah gua, setelah pasukannya kalah, kocar-kacir dan tercerai berai. Pada saat merebahkan badan karena kelelahan,  ia melihat segerombolan semut yang sedang berusaha mengangkut sebongkah makanan melewati sebuah batu sebesar kepalan tangan. Beberapa kali makanan itu jatuh ketika hampir sampai puncak, namun semut-semut itu berusaha turun kembali dan beramai-ramai menggotongnya naik.

Menonton perjuangan semut-semut yang tak pernah putus asa itu merupakan keasyikan tersendiri. Tanpa sadar Temuchin menghitung berapa kali mereka jatuh dan bangun kembali. Satu kali, dua kali, tiga kali, sepuluh, dua puluh, lima puluh, tujuh puluh, hingga kesekian puluh kali, dan semut-semut itu pun berhasil.

Temuchin tersentak karena mendapat inspirasi. Semut saja bisa ! Itulah lecutan semangat baginya. Dengan mengendap-endap ia keluar dari persembunyiannya, kembali ke markas, menghimpun kembali pasukannya, mengatur barisan, berlatih, dan menanamkan semangat semut-semut sebagai suntikan motivasi bagi pasukannya. Pasukannya menjadi pasukan perang yang dahsyat, yang ditakuti oleh para musuhnya dan di kemudian hari Temuchin dikenal sebagai kaisar Mongol yang sangat hebat, Jenghis Khan.

Dari sekian banyak jenis hewan, semut merupakan species yang luar biasa. Meskipun kecil ternyata semut tidak lemah dan tidak mudah menyerah. Semut pun terkenal dengan kekompakan dan kesetiakawanannya yang sangat tinggi. Ada beberapa hal yang dapat kita teladani dari sikap hidup binatang ini.

Pernahkah Anda mencoba menghentikan sederetan semut ? Apakah mereka akan berhenti total menunggu sampai rintangan itu berlalu ? Sama sekali tidak. Mereka akan mencoba ke kanan ke kiri, berusaha mengitari rintangan, bahkan mendaki rintangan agar dapat menyebrang ke jalan bebas hambatan. Mereka tidak akan berhenti mencoba sampai mendapatkan jalan keluar.

Dari semut, kita juga bisa belajar tentang perencanaan dan persiapan. Semut selalu memikirkan dan mempersiapkan hari esok. Semut adalah guru yang baik untuk membangun sikap antisipasi. Semut selalu menumpuk makanan dalam jumlah yang cukup dengan keyakinan bahwa hari esok bisa saja situasi dan kondisi alam lebih buruk. Mereka memberikan pelajaran tentang pentingnya menghargai waktu untuk mengantisipasi sesuatu di masa yang akan datang. 

Ada pepatah yang mengatakan,” Ada gula ada semut “. Semut selalu mencari kesempatan lebih dulu dibandingkan binatang lain. Penciuman yang tajam selalu memberi mereka kesempatan yang lebih baik. Oleh karena sikap mereka yang terus giat bekerja, ketika kesempatan datang tidak pernah mereka sia-siakan.

Sikap pantang menyerah sampai tujuan tercapai adalah sikap yang membedakan antara mereka yang gagal dan para pemenang. Belajarlah dari semut, mereka tidak pernah menjatahkan diri berapa yang harus mereka capai, namun mereka mengeluarkan segenap kemampuan untuk hasil terbaik mereka. Jangan mundur, maju terus, lihatlah ke depan dan belajarlah dari masa lalu, tetaplah positif dan raihlah kesempatan yang ada di depan mata.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. Luar Biasa,...

    dari Gambar-nya saja sudah menginspirasi,
    Jalur diantara kedua daun terputus, sehingga semut-semut membuat jalur baru dengan tubuh mereka untuk Lalu-Lintas teman-nya,...

    Kalau dipikir-pikir KEBERHASILAN itu seperti kita bertamu kerumah orang,
    Kita datang bertamu,kemudian mengetuk pintu sekali...Pintu belum terbuka,
    Kedua kali...Masih belum terbuka,
    Ketiga kali...Baru-lah pintu dibukakan,
    Kemudian kita dipersilahkan untuk Masuk.

    Saya mengutip kata-kata JIM ROHN yang saya dengar dari video-nya;...
    There is two ways to see,...Ada dua jalan untuk melihat,
    Seeing with your eyes we call sight,...Melihat dengan mata anda, kita sebut "SIGHT",
    Seeing with your mind we call insight,...Melihat dengan pikiran anda, kita sebut "INSIGHT",
    Seeing with your eyes,you'll see thing,...Melihat dengan mata Anda, Anda akan melihat sesuatu,
    Seeing with your mind,you'll see answer,...Melihat dengan pikiran Anda, Anda akan melihat jawaban,
    and the best advice on developing sight and insight is Pay attention...dan saran terbaik untuk mengembangkan sight dan insight adalah MEMPERHATIKAN.

    Temuchin tersentak setelah dengan seksama memperhatikan SEMUT-SEMUT (karena mendapat inspirasi)...Semut saja bisa !,Itulah lecutan semangat baginya.
    Dengan mengendap-endap ia keluar dari persembunyiannya,
    kembali ke markas,
    menghimpun kembali pasukannya,
    mengatur barisan,
    berlatih,
    dan menanamkan semangat semut-semut sebagai suntikan motivasi bagi pasukannya.

    Luar Biasa,...Terima Kasih Pak,...
    Salam Sukses,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kupasannya yang mungkin tambah berarti banyak untuk teman-teman yang mengikuti blog ini, Teruslah berbagi, mas Nuzul. Terima kasih pula telah meluangkan waktu di tengah kesibukan Anda. Tuhan memberkati.
      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa !

      Hapus
  2. Mungkin dengan rasa haus akan segala hal yang positif kah Pak,agar memiliki semangat yang luar biasa? Agar hidup kita jadi lebih baik lagi..
    Salam Hidup Luar Biasa
    (Mei - OP Pom Dmlng)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr. Mei, agar memiliki semangat yang luar biasa, Anda harus termotivasi. Jika Anda perhatikan dengan seksama kata " Motivation " bisa kita pecah menjadi kata " motive " ( alasan ) dan " action " ( tindakan ). Orang yang memiliki motive tetapi tidak melakukan action, sama saja dengan bermimpi di siang bolong. Sedangkan orang yang tidak memiliki motive yang jelas dan langsung mengambil action, hidupnya tidak terarah, semangat cepat kendur dan beralih pada keinginan yang lain. Secara umum ada dua alasan mendasar yang dapat memotivasi seseorang untuk mengambil tindakan, yaitu orang akan termotivasi untuk mendapatkan kesenangan atau kenikmatan atau seseorang akan termotivasi untuk menjauhi kepedihan, ( Baca artikle " Kepedihan dan kesenangan " 01/01/2014 )

      Anthony Robbins menyimpulkan bahwa " emotion creates motion " yang artinya perasaan yang termotivasi akan mendorong Anda mengambil tindakan. Sebaliknya juga berlaku kaidah " motion creates emotion " yang artinya jika Anda mengambil tindakan dengan penuh semangat maka emosi atau perasaan termtivasi akan tercipta dengan sendirinya.
      Pelajaran penting yang dapat kita ambil adalah, jika Anda tidak bersemangat, ambillah tindakan terlebih dulu walaupun kecil, dan semangat akan datang dengan sendirinya.
      Motivasi yang bertahan paling lama adalah yang datangnya dari dalam diri sendiri. Temukanlah alasan yang kuat mengapa kita ingin hidup yang lebih baik.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  3. Bahkan semut juga bermanfaat bagi kesehatan manusia lhoo

    BalasHapus