Sabtu, 08 Maret 2014

Segalanya Terjadi Karena Suatu Alasan

Semua orang sukses mempunyai kemampuan luar biasa untuk fokus pada apa yang mungkin terjadi dalam suatu situasi, hasil-hasil positif apa saja yang mungkin diperoleh. Mereka berpikir bahwa segalanya terjadi karena suatu alasan, dan itu demi kebaikan mereka sendiri. Mereka percaya bahwa setiap kesusahan mengandung benih manfaat yang sama besar atau bahkan lebih besar.


Ada tak terhitung banyaknya cara untuk bereaksi terhadap situasi apa pun. Katakanlah bisnis Anda gagal mendapatkan kontrak yang Anda harapkan. Atau mungkin Anda kecewa karena atasan Anda mempromosikan rekan Anda bukan Anda, yang Anda yakin layak Anda dapatkan. Orang bisa terluka dan frustasi karenanya. Mungkin pulang dan terpuruk atau keluar minum-minum. Bisa juga marah dan menyalahkan perusahaan yang memberikan kontrak atau atasan yang tidak becus yang merusak sesuatu yang di depan mata.

Semuanya mungkin melampiaskan kekesalan, tetapi sama sekali tidak membantu. Satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil positif dari apa yang tampaknya merupakan hasil negatif, adalah menelusuri kembali langkah-langkah Anda, memetik pelajaran-pelajaran berharga walaupun menyakitkan, membetulkan pagar-pagar, dan memandang baik-baik kepada kemungkinan-kemungkinan baru. 

Ketika saya pulang tugas dari Pakistan setelah bekerja disana selama hampir dua tahun, saya juga menuntut promosi seperti yang dijanjikan pihak manajemen pusat namun ternyata tidak diberikan. Kemudian atasan saya berusaha menghibur dengan memberikan kesempatan pada saya mengikuti pendidikan selama setahun. Saya semakin kecewa, akhirnya enam bulan kemudian saya mengajukan pensiun dini dan sekarang saya mensyukurinya karena di dalam kekecewaan saya menemukan kemungkinan-kemungkinan. Kalau saja saya dipromosikan, mungkin saya tidak pernah menjadi seorang pengusaha yang berhasil dan tetap menjadi seorang karyawan sampai pensiun alami.

Marilah kita mengambil contoh yang baik tentang melihat kemungkinan dari Marilyn Hamilton, seorang mantan guru dan ratu kecantikan, dan seorang pengusaha sukses di Fresno, California. Ketika berusia dua puluh sembilan tahun, ia jatuh dari tebing berbatu-batu dalam kecelakaan peluncur gantung yang membuatnya harus menggunakan kursi roda, lumpuh dari pinggang ke bawah.

Awal mulanya ia frustasi dengan kursi roda yang terlalu mengurung dan menghambatnya. Namun ia kemudian fokus pada kemungkinan-kemungkinan yang terbuka baginya. Ia berhasil melihat peluang dalam tragedi yang menimpanya. Kita mungkin tidak bisa menilai keefektifan sebuah kursi roda, tapi ia bisa. Maka ia bersama dua temannya mulai menggarap prototipe untuk kursi roda yang lebih baik. Mereka bertiga membentuk perusahaan Motion Design yang menjadi kisah sukses yang merevolusi industri kursi roda. 

Boleh dikata semua sukses besar itu bekerja dengan kerangka berpikir yang sama. Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan apa-apa yang Anda percayai. Apakah yang Anda harapkan selama ini berjalan lancar atau tidak ? Apakah Anda melihat potensi dalam situasi tersebut atau Anda hanya melihat hambatannya ? Banyak orang yang fokus pada yang negatif daripada yang positif. Percaya akan keterbatasan akan menciptakan orang yang terbatas. Melepaskan diri dari keterbatasan-keterbatasan adalah kuncinya, kemudian milikilah kepercayaan yang kuat akan kemungkinan, maka kemungkinan besar Anda akan mencapainya.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. GURUH KURNIAWAN, ERTE ne9 Maret 2014 pukul 19.15

    Kalau dipahami dari artikel pak Han ...
    hal yang paling mendasar untuk kesuksesan seseorang adalah
    SIKAP dan PRILAKU orang tersebut ya pak .
    mohon pencerahan matur suwun .
    Salam Hidup Luar Biasa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Guruh, marilah kita samakan persepsi kita dulu tentang sikap dan perilaku. Sederhananya, saya menganggap sikap sebagai suatu perasaan di dalam diri yang diekspresikan oleh perilaku di luar diri. Ada orang yang menutupi sikapnya dengan mengubah perilaku, mereka dapat menipu orang lain sesaat, tapi tidak akan bertahan lama karena sikap selalu berjuang untuk keluar dan menampilkan diri.
      Sikap bukanlah segalanya, tetapi ia dapat mengubah hidup Anda.

      Yang tidak dapat dilakukan oleh sikap :
      1. Sikap Anda tidak bisa menggantikan kompetensi.
      2. Sikap Anda tidak bisa menggantikan pengalaman.
      3. Sikap Anda tidak dapat mengubah fakta.
      4. Sikap Anda tidak bisa menggantikan pengembangan diri.
      5. Sikap Anda tidak akan tetap bagus dengan sendirinya.

      Yang dapat diperbuat oleh sikap :
      1. Sikap mengubah cara Anda memandang kehidupan.
      2. Sikap mengubah hubungan Anda dengan orang lain.
      3. Sikap mengubah cara Anda menghadapi tantangan.
      4. Sikap Anda adalah pembeda.

      Sekarang mungkin sudah lebih jelas, kapan sikap dan perilaku menentukan kesuksesan. Jika Anda menjadikan sikap sebagai segala-galanya, Anda tidak akan mendapatkan apa pun. Jangan menganggap sikap dapat memperbaiki segalanya. Sikap adalah sikap, pencetus perbedaan, Itulah sebabnya, sikap adalah aset atau masalah terbesar Anda, Sikap akan membentuk atau menghancurkan Anda. Sikap akan mengangkat atau menjatuhkan Anda. Sikap positif tidak akan membuat Anda melakukan segalanya. Tetapi dengannya Anda dapat melakukan apa pun dengan lebih baik.
      Semoga penjelasan ini cukup bermanfaat, mas Guruh. Terima kasih atas partisipasi Anda.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Wah...Luar Biasa,
    Merubah Pikiran saya menjadi SANGAT POSITIF,...Terima Kasih Pak,

    Saya pernah mendengar ada orang bijak yang mengatakan;...
    Attitude affected by how we feel,...Sikap dipengaruhi oleh bagaimana kita merasa,
    Philosophy affected by what we know,...Filsafat dipengaruhi oleh apa yang kita ketahui,

    dari VIDEO-nya di YOUTUBE, MR.Jim Rohn pernah mengatakan;...
    We can't change the circumstances,...Kita tidak bisa mengubah keadaan,
    but we can change ourself,...tapi kita bisa mengubah diri kita,
    We can change what we do,...Kita dapat mengubah apa yang kita lakukan,
    It's not what happened that determine your future,but What's you do about what's happen,...
    bukan apa yang terjadi yang menentukan masa depan Anda,tetapi apa yang Anda lakukan terhadap apa yang terjadi.

    ...Luar Biasa!

    Izinkan saya menambahkan Satu lagi kisah kesuksesan yang Luar Biasa yaitu Kesuksesan HERBALIFE yang didirikan oleh MARK REYNOLDS HUGHES,dengan slogan Perusahaan,..."Lose Weight Now, Ask Me How,"
    HERBALIFE INTERNATIONAL adalah perusahaan multi level marketing yang menjual nutrisi,Obat DIET dan produk perawatan kulit.
    didirikan di LOS ANGELES [California] pada tahun 1980, mempekerjakan sekitar 6.200 orang dan (Per-November 2013) Produknya telah didistribusikan di 91 negara(termasuk INDONESIA) yang melibatkan sekitar 3.200.000(Tiga Juta Dua Ratus) SALES...ini Prestasi yang Luar Biasa!
    "Yang menjadi CIKAL-BAKAL berdirinya HERBALIFE adalah Kekecewaan MARK REYNOLDS HUGHES terhadap Dunia Obat-Obatan karena kematian Ibunya(Joanne) akibat KERACUNAN pil diet ketika MARK masih berusia 18 tahun",...

    Pesan dari MR.Brian Tracy;...
    If you study successful people and you do what they do,you'll be more successful,...Jika Anda mempelajari orang-orang sukses dan Anda melakukan apa yang mereka lakukan,Anda akan lebih sukses,
    If you study unsuccessful people and you avoid doing what they do,then you will not be a failure,...Jika Anda mempelajari orang-orang yang tidak sukses dan Anda menghindari melakukan apa yang mereka lakukan,maka Anda tidak akan gagal,

    Sekali Lagi,TERIMA KASIH Pak,...
    Salam SUKSES, Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nuzul, terima kasih sekali telah ikut melengkapi artikel ini. Semoga bertambah manfaatnya bagi semua pembaca dimana pun mereka berada. Teruslah berkontribusi sekalian belajar menulis dan berbagi ilmu, saya yakin tulisan-tulisan Anda juga dinantikan oleh banyak orang sebagaimana diri saya.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus