Senin, 03 Maret 2014

Esok Tak Kunjung Datang


Ada seorang pemuda yang mempunyai cita-cita yang tinggi. Ketika masih sekolah ia berjanji kepada dirinya sendiri, “ Suatu hari nanti, aku akan melakukan apa yang menjadi cita-cita dalam hidupku dan pada saat itu aku akan berbahagia.” Namun, ia tidak mengambil tindakan untuk mewujudkan cita-citanya. Ketika teman-temannya bertanya mengenai cita-citanya, ia berkata, “ Nanti akan kulakukan setelah lulus sekolah.”


Setelah ia berhasil menamatkan sekolahnya, ia kembali berjanji bahwa ia akan melakukan apa yang diinginkannya nanti setelah menemukan pekerjaan pertamanya. Setelah bertahun-tahun bekerja, ia tak kunjung memenuhi janjinya mengejar apa yang dicita-citakannya. Dan ketika ditanya, ia berjanji setelah menikahi gadis yang dicintainya.

Namun, setelah bertahun-tahun menikah, ia berkata lagi, “ Nanti setelah anak-anakku tumbuh dewasa dan aku tidak mempunyai beban keluarga, baru aku akan memulai mendapatkan apa yang kuimpikan.” Sekali lagi ketika anak-anaknya sudah menyelesaikan sekolahnya, ia berjanji akan melakukannya ketika pensiun tiba.

Akhirnya setelah pensiun, ia berkata dengan lemah, “ Sudah terlambat untuk memulainya sekarang.” Sebagai orang tua, energi tidak banyak lagi, semangat menurun, masa muda telah hilang, masa yang dilaluinya telah mengubur apa yang seharusnya dia lakukan untuk cita-citanya. 

Nyaris, saya mengalami cerita yang hampir sama dengan pemuda itu, kalau saja saya tidak berani mengambil keputusan untuk mengambil pensiun dini pada tahun 2002 dari Pertamina ketika usia saya genap 45 tahun dan mulai mengejar cita-cita yang saya impikan selama ini, yaitu menjadi pengusaha yang berhasil. 

Banyak alasan untuk tidak mengambil tindakan hari itu, dan alasan yang paling utama adalah rasa takut saya. Saya sangat ahli menemukan alasan-alasan yang kedengarannya masuk akal saat itu. Mereka yang mempunyai kebiasaan menunda mengambil tindakan, pasti juga sangat paham dengan hal ini. Mereka menunggu datangnya saat yang tepat dan motivasi yang cukup kuat, namun masa itu seringkali tidak pernah tiba.

Ralp Waldo Emerson memberikan sebuah kalimat yang dapat membantu Anda untuk dapat bersikap lebih positif terhadap ketakutan. “ Do the thing you fear and the death of fear is certain.” (Lakukanlah hal-hal yang Anda takuti dan kematian akan ketakutan Anda akan menjadi kenyataan.)

Selesaikanlah setiap hal yang harus diselesaikan hari ini juga, janganlah membayangkan kesulitannya tetapi fokuslah pada kepuasan Anda bilamana hal itu selesai Anda kerjakan. Janganlah setengah hati memulainya, dan jangan berpikir terlalu lama, berikanlah segala yang terbaik untuk memulai dan menyeselesaikannya.

Kebiasaan menunda dapat membuat seseorang yang pada awalnya bersemangat akan kehilangan gairah dan berlari menjauhi apa yang menjadi impiannya. Kita harus selalu mengingat, selagi masih ada waktu, raihlah kesempatan itu. Tidak ada waktu yang tepat, satu-satunya cara adalah meraih apa yang tersedia pada saat ini dan bertindak sekarang. Pakailah hari ini seperti tiada lagi hari esok.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
8 Comments

8 komentar:

  1. Luara biasa super...lebih cepat lebih baik..dan jangan hanya duduk menunggu keajaiban datang snediri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentarnya, singkat padat, berisi. Teruslah berkontribusi, Salam Sukses, hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Ya..betul sekali Pak...Artikel yg Pak Han Tulis.... tapi sy sering mengalami gini Pak...disaat saya sudah punya cita2 dan langkah awal sudah sy laksanakan yaitu secepatnya saya bergerak untuk memberi wujud apa yg sy idam2 kan tapi orang sekitar sy mematahkan semangat yg sudah sy susun...dan dlm kehdupan sy sering terjadi...akhirnya kadang sy berpikir lagi..apakah langkah sy salah dalam memberi wujud rencana untuk menggapai cita2 yg sy angankan itu...sy akhirnya koreksi diri lg..menyusun kembali kerangka yg tdnya sudah matang...pd intinya kepercayaan diri kita akan diuji setiap kita ingin menggapai cita2 yg kita inginkan dalam kehidupan yg kita jalani...dan orang2 disekitar kita juga mempengaruhi berhasil tidaknya kita menggapai angan2 yg kita tanam dlm hidup kita... Salam Sukses Hidup Luar Biasa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Michelle, masih ingat dengan cerita kera atau pemberi racun yang baik ? Orang-orang yang bermaksud menolong dan mengatakan apa yang tidak dapat kita lakukan. Saya kurang setuju dengan kalimat Anda yang mengatakan "orang2 sekitar mempengaruhi berhasil tidaknya menggapai angan2 yang kita tanam dalam hidup kita". Pola pikir ini harus dirubah, " Bagaimana membuat orang2 sekitar mendukung apa yang ingin kita capai ?.Semua orang sukses, menghadapi kesulitan2 mencapai tujuan sesuai rute yang awal mereka ciptakan. Tidak ada jalan yang mulus, namun mereka fleksibel, mereka bisa merubah arah tapi tidak merubah tujuan. Mungkin dengan jalan memutar, atau mungkin dengan membuat rute baru, dan mereka sangat gigih untuk mencapai tujuan semula, yaitu mimpi mereka. Itulah yang membuat mereka berhasil. Semoga penjelasan ini dapat membantu.
      Salam Sukses, Hidup luar Biasa.

      Hapus
  3. HEBAT!...
    Apa yang bapak lakukan itu Betul-Betul HEBAT sekali,...Luar Biasa!...HEBAT Sekali!

    Memang,
    didalam Kitab Injil disebutkan...Everything is Possible! (Segala-nya Mungkin)
    didalam Kitab AL-Quran disebutkan...Kun Fayakun! (Jadi maka Jadilah)

    Inti ajaran-nya adalah apabila TUHAN berkehendak,Segala-nya Mungkin,...Jadi maka Jadilah !

    The wind has always Blowing,...Angin selalu meniup (kadang berpihak kepada kita,kadang malah melawan kita),
    but to get to your dream and the things you want for yourself,you don't have to curse the wind,...tapi untuk sampai ke impian Anda dan hal-hal yang Anda inginkan untuk diri sendiri,Anda tidak perlu MENGUTUK ANGIN,
    All you have to do is to set a BETTER SAIL...Yang harus Anda lakukan adalah untuk mengatur PELAYARAN yang LEBIH BAIK.

    Dalam AL-QUR'AN Surat Ar'Rad ayat 11,disebutkan;...
    Innallaha Laa Yughayyiru maa bi qaumin hatta yughayyiru maa bi anfusihim...Sesungguhnya ALLAH tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri,

    dalam Hubungan-nya antara TAKDIR dengan KESUKSESAN itu adalah kita yang menentukan...Bukan TUHAN,

    kita semua bisa seperti Pak Handojo apabila kita betul-betul mau berubah dan berusaha ke arah sana,...Direction determine Destination (Arah menentukan Tujuan).

    Tidak ada guna-nya apabila kita hanya mengeluh MENGUTUK TAKDIR TUHAN atau MEMARAHI ANGIN,

    Yang BERGUNA adalah apabila kita SELALU BERSYUKUR(dengan keadaan yang sekarang) dan selalu berusaha memperbaiki diri menjadi MANUSIA yang LUAR BIASA,

    Jangan-lah menyerah kepada TAKDIR,tapi jadikan-lah TAKDIR yang menyerah kepada kita karena KEHEBATAN kita...Kita semua adalah MANUSIA HEBAT!,

    Percaya-lah!...Segala-nya Mungkin! (Everything is Possible!),...Kun Fayakun! (Jadi maka Jadilah!).

    I am the CAPTAIN of my faith,...Akulah KAPTEN iman-ku,
    I am the MASTER of my soul,...Akulah MASTER jiwa-ku,
    Let's do something REMARKABLE !...Marilah kita lakukan sesuatu yang MENAKJUBKAN !

    Hidup hanya sekali,Hiduplah dengan LUAR BIASA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nuzul,
      Pengetahuan Anda sungguh mengagumkan. Jika Anda mampu menggunakan pengetahuan itu dengan tepat, saya tidak meragukan keberhasilan Anda. Hanya soal waktu saja. Seimbangkanlah antara belajar pengetahuan dan menerapkannya.

      Terima kasih atas komentar-komentar Anda yang luar biasa dan selalu membuat saya lebih bersemangat lagi.

      Hidup hanya sekali, hiduplah dengan luar biasa !!

      Salam Sukses, Hidup luar Biasa.

      Hapus
  4. Artikel yang Pak Han tulis dapat membuat seseorang untuk berfikiran ke depan lebih maju lagi.
    Seseorang jika mempunyai cita-cita harus mau mengambil suatu tindakan untuk meraih kesuksesan, hanya saja untuk mengambil suatu tindakan tidaklah mudah ,terkadang masih rasa takut dan ada keragu-raguan .

    Mudah-mudah dari artikel yang Pak Han tulis diatas dapat menambah ilmu kita semua untuk belajar mengambil tindakan yang tepat,,dan juga tepat pada situasinya.
    Menurut saya artikel Pak Han juga sangat bermanfaat bagi para pemimpin suatu organisasi atau pemimpin di suatu tempat kerja untuk belajar mengambil tindakan/ keputusan yang tempat untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik yang di hadapinya.

    Janganlah menunda - nunda mengambil tindakan untuk menyelesaikan suatu masalah,karena jika tidak terselesaikan dengan cepat kita akan mendapatkan masalah baru lagi.

    Salam Sukses,Hidup Luar Biasa.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Samun, semua orang memiliki rasa takut dan ragu-ragu. Saya juga demikian, seperti yang sering saya ceritakan. Tergantung bagaimana kita menyikapinya, Artikel ini tidak hanya berguna untuk para pemimpin, Anda pun pemimpin. Pemimpin keluarga Anda, dan pemimpin diri Anda sendiri minimal. Jadi artikel ini saya pikir dapat digunakan oleh siapa pun dan dalam semua bidang kehidupan.

      Hidup hanya sekali, hiduplah luar biasa !!

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus