Jumat, 07 Maret 2014

Belajar Menangani Frustasi


Ada lima kunci kekayaan dan kebahagiaan menurut Anthony Robbins, saya tertarik untuk membahas kunci pertama, yaitu Anda harus belajar menangani frustasi. Beliau berkata, “ Kalau Anda ingin menjadi orang yang sesuai dengan potensi maksimal Anda, melakukan segala yang bisa Anda lakukan, mendengar segala yang bisa Anda dengar, melihat segala yang bisa Anda lihat, Anda harus belajar menangani frustasi.”

Frustasi bisa mematikan impian, ini seringkali terjadi. Frustasi dapat mengubah sikap yang positif menjadi negatif, dari kondisi yang memberdayakan menjadi kondisi yang melumpuhkan. Akibat sikap negatif antara lain adalah hilangnya disiplin diri. Dan ketika disiplin itu hilang, hasil-hasil yang Anda inginkan pun ikut hilang. 

Jadi, untuk memastikan sukses dalam  jangka panjang, kita harus belajar mendisiplinkan frustasi kita. Menurutnya, kunci sukses adalah frustasi luar biasa. Di dalam sukses besar mana pun, pasti kita akan temukan frustasi besar-besaran. Siapa pun yang tidak sependapat, pasti tidak tahu soal apa-apa tentang berprestasi. 

Ada perusahaan kecil bernama Federal Express yang bergerak di bidang pengiriman barang. Seorang pria bernama Fred Smith yang memulai perusahaan ini, dan ia bangun bisnis besar dari tumpukan frustasi. Ketika ia memulainya usahanya, yang bermodalkan hasil seluruh tabungannya, ia berharap mengirimkan 150 paket. Ternyata ia hanya mengirimkan enam belas paket, lima diantaranya adalah ke rumah salah satu karyawannya.

Segalanya semakin parah setelah itu. Menggaji karyawan sering terlambat, harus menunggu pencairan ongkos kirim di toko-toko langganan mereka karena dananya tidak mencukupi. Untuk mempertahankan supaya dapat beroperasi, mereka harus berjuang mati-matian. Sekarang Federal Express telah menjadi perusahaan besar sekali. Satu-satunya alasan perusahaan ini tetap ada adalah karena Fred Smith menangani frustasi demi frustasi.

Ketika saya menjalankan bengkel variasi mobil Oto Kits juga mengalami frustasi-frustasi yang harus dilewati. Tiga mobil pertama yang masuk ke bengkel, keluar begitu saja tanpa transaksi, sampai saya memarkirkan mobil-mobil sendiri supaya kelihatan ramai. Ketika sudah mulai mendapatkan pelanggan, keluhan-keluhan pun berdatangan tanpa henti membuat frustasi-frustasi baru.

Beberapa kali teknisi tidak mengencangkan nut-nut roda kembali, sampai membuat roda lepas dari mobil pelanggan ketika berjalan, sangat mengerikan, untung tidak terjadi kecelakaan yang fatal. Pemasangan kaca film yang salah berkali-kali juga membuat frustasi karena harus menanggung kerugian dan umpatan. Memecahkan kaca mobil pelanggan, menggores body, bahkan sampai merusakkan ECU mesin mobil semua pernah terjadi. Sekarang Oto Kits berkembang, melebarkan sayap karena berhasil menangani frustasi-frustasi tersebut.

Ada frustasi besar dalam perjalanan menuju sukses besar, entah di dalam bisnis, dalam hubungan, atau dalam kehidupan. Semua orang sukses belajar bahwa sukses itu terkubur bersebelahan dengan frustasi. Orang yang gagal mencapai sasaran mereka, biasanya terhenti oleh frustasi, tidak sampai ke sebelahnya. Mereka biarkan frustasi menghalangi mereka dari mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan. Teroboslah hambatan ini dengan menerobos frustasi, ambil setiap kemunduran sebagai umpan balik dari mana Anda bisa belajar, dan teruslah maju. Anda tidak akan menemukan banyak orang sukses yang belum mengalami frustasi, saya yakin sekali.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
 

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Luar biasa super...yang sering terjadi pda seseorang kegagalan/frustasi adalah akhir dari segalanya..mungkin orang akan berpikir dua kali utk melakukan sesuatu hal yang menyebabkan kegagalan /frustasi..pandangan saya setelah membaca artikel pak handoyo ada beberapa hal yang bisa menjadi pelajaran..
    1. frustasi adalah guru yang luar biasa
    2. frustasi bisa membangun sebuah karakter
    3. frustasi bisa mengajari untuk menghargai sebuah kesuksesan.

    salam luar biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas Hamim. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus