Selasa, 18 Februari 2014

Metode Socrates


Yang tabu dalam berbicara dengan orang lain adalah memulai sesuatu hal yang menimbulkan perbedaan pandangan. Mulailah menekankan terus hal-hal yang disepakati bersama. Utarakan bahwa perbedaan yang mungkin terjadi hanyalah mengenai caranya bukan tujuannya.

Usahakanlah agar orang lain mengatakan “ ya ” sejak awal, sebisa mungkin jangan sampai mereka mengatakan “ tidak ”. Seseorang mengatakan, jawaban “ tidak ” merupakan hambatan yang paling sukar diatasi. Kalau seseorang sudah mengatakan tidak, biasanya seluruh harga diri orang itu menuntut tetap konsisten terhadap pernyataannya. Sekali sudah menyebutkan sesuatu, kita cenderung merasa harus tetap mempertahankannya. Itulah sebabnya penting sekali kita memulai pembicaraan dengan orang secara positif.

Teknik memperoleh “ ya “ ini sangat sederhana namun kebanyakan sering diabaikan orang.  Kesan yang ada justru orang merasa dirinya penting sehingga sejak awal suka melawan orang lain. Dibutuhkan kesabaran dan kebijaksanaan yang luar biasa untuk mengubah sikap negatif mereka menjadi positif, kalau sejak permulaan, entah dia seorang pelajar, pelanggan, anak, pasangan, sudah berkata “ tidak “.

Karena kedatangan saudaranya dari luar kota, Eddie berniat berburu bersama menggunakan anak panah sehingga perlu menyewa sebuah busur. Ketika ia mencoba menghubungi toko langganannya, petugas toko memberitahukan bahwa mereka tidak lagi menyewakan busur. Kemudian Eddie coba menelpon toko yang lain dan mendapat jawaban yang menyenangkan karena pemilik toko tersebut menggiringnya untuk berkata, “ Ya, ya “.

Jawabannya pada masalah sewa busur tadi berbeda seratus delapan puluh derajat.  Dia minta beribu maaf karena tidak dapat menyewakan busur-busur, karena tidak kuat melakukan hal itu. Dia lalu bertanya apakah sebelumnya pernah menyewa. Eddie menjawab, “ Ya beberapa tahun lalu.” Dia mengingatkan bahwa mungkin Eddie membayar sewanya sekitar 25 sampai 30 dolar. Eddie jawab lagi, “ Ya.”  Lalu dia bertanya apakah Eddie suka menabung, tentu saja Eddie menjawab “ Ya “ lagi.

Dia terus menjelaskan bahwa dia punya seperangkat panah set lengkap, dijual seharga 34,95 dolar. Hanya lebih mahal kurang dari 5 dolar, dari harga sewa. Itulah sebabnya dia tidak lagi menyewakan busur. “Apakah menurut Anda masuk akal ?” tanyanya. Jawaban-jawaban ya tadi mendorong Eddie membeli satu set , dan sejak itu Eddie menjadi pelanggan tetap toko tersebut.


Socrates, pemimpin orang-orang Athena adalah seorang filsuf besar, yang karyanya hanya dapat ditandingi oleh beberapa orang. Dua puluh empat abad setelah meninggal, dia dihormati sebagai salah satu penasihat terbijak di dunia ini.

Apakah caranya dengan memberitahukan kesalahan orang ? Tidak. Dia membalikkan secara tajam seluruh arus pemikiran. Seluruh metodenya disebut sebagai “ metode Socrates ”, basisnya adalah memperoleh jawaban “ Ya, ya.” Dia menanyakan hal-hal, yang pasti akan disetujui oleh lawan bicaranya. Terus demikian, sehingga lawan bicara telah menjawab sekian banyak,” Ya.”

Kalau suatu saat kita tergoda untuk menunjuk kesalahan orang lain, ingatlah pada Socrates dan ajukan pertanyaan-pertanyaan yang lemah lembut, pertanyaan yang akan memperoleh jawaban “ Ya, ya.” Kebijaksanaan kuno dari Timur, mengatakan, “ Orang yang menganyam dengan lembut dan perlahan, hasilnya justru akan lebih cepat “. 

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Ilmu yg LUAR BIASA.... ayo dicoba, dan lihat hasilnya..

    Terima kasih untuk pak Han
    semoga tambah SUKSES dan HIDUP SEMAKIN LUAR BIASA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, pak Ishak, Selamat muncul kembali, lama absen tidak komentar. Semoga bermanfaat, pak. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Ilmu Kuno tapi tidak Kuno....Hebaaat..

    Saya jadi ingat waktu saya belajar ilmu Pedagogik...Ajaran utama Socrates adalah “knowledge is virtues” yang bermakna pengertian adalah kebijakan..

    Mari kita coba....!!!!

    Salam Sukses Luar Biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, pak Wowo. Ajak teman-teman untuk berlatih dan mencoba melakukannya. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus