Kamis, 20 Februari 2014

Saya Membutuhkanmu.


Gaya kepemimpinan saya mungkin agak terpengaruh dengan bisnis Amway Corporation yang di dirikan oleh dua orang sahabat Rich DeVos dan Jay Van Andel, karena titik balik cara berpikir saya adalah ketika saya bergabung dengan bisnis itu pada tahun 1992. Kalau saya hanya mengandalkan pengalaman sebagai karyawan Pertamina saja, mungkin saya tidak akan sukses mengembangkan Oto Kits atau pun mampu memimpin dengan baik perusahaan seperti Gelora Group.

Rich DeVos adalah seorang pemimpin yang luar biasa. Ketika orang-orang bertanya kepadanya, “ Apakah pekerjaan Anda ?” dan dia menjawab, “ Saya adalah pemandu sorak. Saya hanya berkeliling-keliling dan bersorak untuk orang lain. Saya mendukung orang lain. Saya berlari berkeliling dan menepuk punggung orang-orang dan mengatakan mereka hebat.”

Menurut saya, kata-katanya sangat menginspirasi. Beliau berupaya menghebatkan orang-orang yang menjalankan bisnisnya dengan menyemangati dan menghargai mereka. Secara tidak langsung dia berkata, “ Saya membutuhkanmu.” Itu adalah kalimat dahsyat untuk memotivasi orang-orang positif karena kalimat itu mengakui bahwa setiap orang amatlah penting.

Ketika kita tahu bahwa kita dibutuhkan, kita merasa lebih baik dengan diri kita, berkinerja lebih baik, bahkan ingin melakukan lebih banyak lagi untuk menunjukkan seberapa besar kita benar-benar dibutuhkan. Maka sangatlah penting mengatakan, “ Saya membutuhkanmu.”

Ketika melihat sekeliling, tidak terbatas orang yang kita butuhkan, kita memerlukan banyak sekali orang yang cenderung kita anggap biasa. Coba perhatikan siapa yang mencuci baju kita, siapa yang mengajari anak-anak kita, siapakah yang memperbaiki listrik atau air kita ketika tidak berjalan dengan baik, dan masih banyak lagi. Kita menganggap mereka biasa dan benar-benar tidak banyak memikirkan mereka.

Seberapa sukseskah sebuah perusahaan yang hanya terdiri para direktur ? Tidak ada seorang pun dalam posisi yang lebih tinggi dapat mengatakan kepada yang posisinya lebih rendah, “ Saya tidak membutuhkanmu.” Kamar mandi para direktur tidak akan dapat digunakan tanpa dirawat seorang petugas kebersihan. Perusahaan akan cepat bangkrut, tanpa tenaga penjualan, bagian produksi dan yang merawat mesin-mesin.

Saya membutuhkan orang lain untuk memecahkan masalah ini. Saya membutuhkan orang lain untuk bekerja bersama kami. Saya membutuhkan orang lain untuk mengembangkan bisnis kami. Dan saya memerlukan para pelanggan dan pemasok untuk bisnis kami. Mereka semua perlu mendengar, “ Saya membutuhkanmu.”

Saya selalu menikmati ketika saya melakukan kunjungan ke unit-unit bisnis kami. Saya kagum ketika melihat kantor-kantor yang rapi dan bersih, bangunan dan peralatan yang terawat. Tapi saya lebih terpesona lagi ketika melihat para karyawan yang bekerja di berbagai bidang, kepada mereka yang berseragam rapi, mereka yang datang tepat waktu setiap hari, mereka yang mengerjakan tugasnya dengan profesional, dan kepada mereka yang melayani pelanggan dengan baik.

Tidak ada satu pun dari kita yang terlalu penting atau dapat mencukupi diri sehingga tidak lagi membutuhkan orang lain. Mengapa tidak menciptakan atmosfer lebih positif dirumah, di tempat kerja, di dalam komunitas kita dengan memberitahu orang-orang, “ Saya membutuhkanmu.”

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Artikel yg sangat bagus, semoga bisa dijadikan pengajaran (masukan) utk menjadi Direktur/Pengusaha/Pemimpin/Manager dll untuk bisa lebih bersikap "RENDAH HATI",..bukan sebaliknya.

    Salam Sukses yang sangat Luar Biasa Selalu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pujiannya atas artikel ini, bu Ani. Rendah hati atau humble memang layak dimiliki oleh setiap orang yang memuliakan ciptaan-Nya. Jika kita memandang pohon dan melihat sebatang pohon, kita belum benar-benar melihat pohonnya. Namun kalau kita memandang sebatang pohon dan melihat keajaiban barulah kita melihat dan mengerti. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Dalam kehidupan yang kita jalankan setiap hari ,kita membutuhkan orang lain , seperti hanya dipekerjaan ,di pekerjaan sangat di butuhkan kerjasama yang baik untuk mencapai suatu kesuksesan. Terima kasih Motivasinya Pak .....Semoga Gelora Group tercapai Visi dan Misinya. Amin.

    Salam Sukses ,Hidup Luar Biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih doa dan harapannya, pak Samun. Ayo kita capai goals setting kita dengan bekerja lebih hebat. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus