Rabu, 26 Februari 2014

Yakin Pada Kemampuan Anda


Selama berabad-abad, para pemimpin religius telah mengingatkan orang-orang agar memiliki keyakinan. Mereka menyuruh orang-orang memiliki keyakinan dalam berbagai hal, tetapi mereka tidak pernah memberitahu bagaimana cara memiliki keyakinan. Mereka tidak menyatakan bahwa, “ Keyakinan adalah sebuah kondisi pikiran yang bisa dirangsang dengan sugesti diri.”

Sugesti diri adalah sugesti yang dengan sengaja kita berikan untuk diri sendiri. Bentuknya bisa berpikir, melihat, mendengar, merasakan lewat kekuatan imajinasi kita. Itulah yang kita lakukan ketika kita sedang mencoba menyemangati dan menguatkan diri sendiri.

Sugesti diri adalah sebuah fakta yang akan Anda percayai setiap kali Anda mengulangnya pada diri sendiri, entah pernyataan itu benar atau salah. Jika kita mengulang sebuah kebohongan terus menerus, kita akhirnya menerima kebohongan itu sebagai kebenaran. 


Keyakinan adalah sebuah kondisi pikiran yang mungkin dirangsang, atau dibuat, oleh afirmasi atau instruksi yang berulang-ulang pada pikiran bawah sadar, melalui prinsip autosugesti. Autosugesti adalah sugesti dari pikiran bawah sadar yang memberikan sinyal kepada pikiran sadar dalam suatu bentuk gambaran sedang melihat, mendengar, merasakan dan bisa juga pemikiran.

Ada sebuah aksioma motivasi yang menyatakan bahwa pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan antara yang nyata dan yang dibayangkan dengan jelas. Salah satu penelitian yang sering dikutip yang mendukung konsep ini adalah yang dilakukan terhadap sekelompok pemain basket.

Para pemain dibagi menjadi tiga tim dan untuk menguji kemampuan mereka, lalu para pemain dari setiap tim dites melakukan lemparan bebas. Tim-tim tersebut kemudian dipisahkan selama satu periode dan setiap tim mendapatkan instruksi yang berbeda-beda untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Tim pertama, diinstruksikan untuk berlatih dengan giat setiap hari selama periode itu. Tim kedua diinstruksikan untuk beristirahat, bahkan tidak boleh memikirkan basket. Sedangkan tim ketiga juga diperintahkan untuk tidak berlatih selama periode itu, tapi para anggotanya diminta menghabiskan waktu latihan dengan membayangkan secara terperinci proses bermain basket.

Pada akhir periode, dilakukan pengetesan lagi pada ketiga tim tersebut.  Tim pertama menunjukkan peningkatan kemampuan. Sedangkan tim kedua, yang disuruh beristirahat menunjukkan penurunan kemampuan. Tim ketiga yang tidak berlatih tapi membayangkan bermain basket memperlihatkan peningkatan kemampuan yang hampir sama dengan tim pertama yang berlatih.

Penelitian ini mengambil kesimpulan bahwa kita dapat membohongi bawah sadar kita dengan autosugesti. Jika kita menanamkan sebuah ide dalam bawah sadar kita secara meyakinkan, bawah sadar akan menerima dan mengerjakan ide tersebut seperti sebuah fakta. 

Kuncinya adalah “ secara meyakinkan. “ Jika kita mencoba mengirimkan sebuah pesan ke bawah sadar kita tetapi masih ada keraguan dalam pikiran kita, bawah sadar juga kan mengambil keraguan itu. Itulah sebabnya, para guru sukses menegaskan pentingnya keyakinan dalam melakukannya. Pikiran bawah sadar kita takkan menilai apakah yang kita kirim itu benar atau salah, positif atau negatif, tetapi hanya merespons kekuatan masukannya, seemosi apa pemikiran tersebut.

Ketika Anda yakin pada kemampuan Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Anda tidak hanya menanamkan ide ke dalam bawah sadar Anda, tetapi Anda juga harus menguatkannya. Jika Anda yakin itu akan berhasil, pikiran sadar tidak akan menentang. Ketika pikiran sadar Anda tidak menentang, pikiran bawah sadar dapat mengirimkan ide-ide kreatif ke pikiran sadar Anda dengan lebih mudah sehingga akan menghasilkan kekuatan motivasi yang mengarahkan dan mengendalikan setiap tindakan.

Apakah cara ini akan berhasil pada Anda ? Anda takkan pernah tahu, kecuali Anda mempercayainya dan yakin bahwa itu akan berhasil.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. Artikel-nya Luar Biasa Pak,...

    Selamat Siang,...

    Kalimat keyakinan yang cukup SIMPLE dan mungkin paling sering kita temui adalah
    apabila anda Bisa Melakukan-nya, saya juga PASTI Bisa Melakukan-nya !...

    Menurut Mr.Jim Rohn KEYAKINAN adalah modal kedua untuk mengubah Mimpi menjadi Kenyataan,
    Yang pertama adalah MemBayangkan,...To Imagine,
    Kedua adalah Menanamkan KEYAKINAN bahwa; apabila dia bisa melakukan-nya,saya juga PASTI bisa melakukan-nya,...To believe,
    Ketiga adalah Bertindak dan Membuat-nya menjadi Kenyataan.

    Secara Umum, Keyakinan itu pengaruhnya sangat DAHSYAT didalam kehidupan nyata,

    Orang yang meyakini bahwa POHON KAMBOJA itu angker maka dia akan selalu WAS-WAS dan sering menengok KANAN dan KIRI apabila lewat didekatnya,...dan apabila mendengar suara yang aneh, dia akan Lari secepat-mungkin.
    namun,
    Orang yang yakin bahwa POHON KAMBOJA itu adalah POHON BIASA dan tidak angker maka dia akan Biasa-Biasa saja saat lewat didekat-nya...bahkan mungkin dia akan Menggelar Tikar dan Membaca Koran dibawah-nya sambil Minum KOPI.
    Mungkin ini yang dimaksud oleh Pak Handojo bahwa "kita dapat membohongi bawah sadar kita dengan autosugesti"

    Itulah dampak dari KEYAKINAN didalam Kehidupan Nyata,
    Semoga komentar saya ini bisa semakin memperjelas perbedaan antara Orang yang YAKIN dan Orang yang TIDAK YAKIN.

    Dalam kaitan-nya dengan MOTIVASI KESUKSESAN,Kalimat-nya adalah;...If you can do it, I can do it!

    Terima kasih Pak Han artikel-nya,...artikel Bapak memang selalunya berbobot.

    Salam SUKSES,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perumpaan yang tepat sekali, mas Nuzul. Karena keterbatasan ruang, memang saya seringkali tidak menguraikan secara detil atau sejelas-jelasnya seperti menulis sebuah buku. Tujuannya saya juga memancing pertanyaan bila ada yang belum memahaminya. Tapi kini saya seperti mendapatkan tenaga tambahan motivator, yang bersedia memperjelas uraian artikel saya menjadi lebih sempurna. Terima kasih banyak, sahabatku....komentar Anda pasti selalu dtunggu-tunggu kehadirannya. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. GURUH KURNIAWAN, ERTE ne26 Februari 2014 pukul 16.05

    SELAMAT SIANG PAK ....
    MOHON IJIN SADUR ARTIKEL BAPAK ....
    MATUR SUWUN .... SALAM SUKSES, HIDUP LUAR BIASA

    BalasHapus
  3. Artikel yang Pak Han tulis diatas , jika dibaca dan dicerna dengan baik,artikel Pak Han akan sangat menumbuhkan keyakinan seseorang untuk melakukan kemampuannya.
    Jika seseorang mempunyai suatu harapan, sebaiknya mempunyai keyakinan terlebih dahulu bahwa harapannya akan terwujud . tetapi jika seseorang mempunyai suatu harapan seseorang tersebut tidak mempunyai keyakinan tidak akan berhasil, bukan tidak mungkin harapanya juga tidak akan berhasil.

    Dan jika seseorang mempunyai kemampuan untuk bertindak melakukan sesuatu untuk kebenaran ,lakukanlah dengan keyakinan bahwa kemampuan yang kita lakukan itu benar, benar untuk kepentingan bersama,dan bukan benar untuk kepentingan diri sendiri.

    Salam Sukses,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Samun, mohon maaf kalau tulisan saya kali ini agak membingungkan yaa....mungkin saya kurang pandai merangkai kata sehingga komentar Anda kurang mengena pada pokok bahasan. Tadi pagi saya juga sempat ragu untuk posting apakah tulisan ini tidak terlalu berat dipahami, mengingat ruang yang terbatas di dalam blog untuk mengurai lebih detil dengan bahasa yang lebih sederhana. Untuk lebih memahami Anda bisa diskusikan hal ini dengan mas Nuzul, dia sudah sangat memahami pesan inti dari artikel ini. Sama-sama belajar yaa...Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus