Selasa, 25 Februari 2014

Kebutuhan Yang mendesak


Pada acara motivasi karyawan Oto Kits hari jumat petang di RM. Gayor Majenang, saya membuka acara dengan menanyakan kepada para peserta, “ Siapakah yang ingin sukses ?” Semua peserta mengangkat tangannya ke atas. Kemudian saya ganti dengan pertanyaan, “ Siapakah yang butuh sukses ? Ternyata tidak seorang pun mengangkatkan tangan. 

Ketika saya bertanya dengan kata “ butuh “, maksud saya adalah untuk memberikan gambaran bahwa untuk sukses diperlukan lebih dari sekedar “ingin”. Goals saja tidak cukup untuk mencapai suatu target tertentu, diperlukan lebih dari itu, yaitu kebutuhan yang mendesak.  Ada motivator lain yang mengungkapkannya dengan mengatakan, “ Stay hungry “ atau “ You gotta be hungry.” Anda harus “ lapar “ terhadap apa yang Anda inginkan.


Perlu alasan-alasan yang kuat, perlu keinginan yang menggebu-gebu untuk mendorong seseorang mengejar apa yang ada dalam pikiran dan hatinya, kemudian mewujudkannya menjadi kenyataan. Goals setting hanyalah alat belaka bila tanpa alasan yang kuat dan keinginan yang menggebu-gebu untuk meraihnya. Kalau sukses adalah kebutuhan yang mendesak, Anda pasti akan mengupayakan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

Seekor elang terbang kesana kemari mencari air, hari demikian panasnya dan tanah kering retak-retak pertanda sudah lama tidak ada hujan. Tiba-tiba dilihatnya sebuah kendi ditengah kebun. Elang itu pun menukik turun mendekatinya. Namun elang tersebut kecewa karena paruh dan lehernya tidak mampu menggapai air yang tinggal separuh di dalam kendi. Rasa haus kian memuncak.

Dikelilinginya kendi itu mencari sisi lain yang memungkinkannya minum. Elang itu tidak menemukan cara lain kecuali mencoba memasukkan paruh dan leher ke dalam lubang kendi, tapi lagi-lagi tidak berhasil.  Seakan mau pingsan dan sekarat. “ Aku harus mendapatkan air. Harus dapat. Pasti dapat. ” katanya meyakinkan diri.

Beberapa saat dia merenung, dan berpikir. Lalu ia berkata dalam hatinya, “ Mungkin sebaiknya aku pecahkan kendi ini. Paruhku cukup kuat dan keras.” Maka, ia pun mencoba menabrakan dirinya ke badan kendi, sekali, dua kali, tiga kali dan terus berulang-ulang. Pindah satu sisi ke sisi lainnya, apa yang dilakukannya sia-sia, kendi itu terlalu kuat.

Hampir saja ia menyerah, tetapi tampaknya takkan pernah ada putus asa mengingat ia benar-benar membutuhkan air. “ Saya tidak mau mati kehausan,” pikir sang elang.  Lalu ia melihat tumpukan batu kerikil tak jauh dari tepatnya berdiri. Sejenak ia berpikir,” Apakah ada yang dapat dilakukan dengan benda-benda itu ?” Akal itu akhirnya datang, satu kerikil ia ambil dan dimasukannya ke dalam kendi dengan paruhnya. Permukaan air kendi mulai naik. Hatinya bersorak, ia terus berusaha memasukkan kerikil-kerikil ke dalam kendi. Satu demi satu hingga permukaan air mencapai bibir kendi. Kini ia dapat menikmati air memuaskan dahaganya. 

Keberhasilan mencapai suatu tujuan digerakkan oleh suatu kebutuhan yang mendesak. Alasan kuat dan keinginan yang menggebu-gebu dikombinasikan dengan sikap tidak mudah menyerah telah melahirkan temuan baru, yaitu cara baru mencapai tujuan. Temukanlah alasan kuat Anda, kenapa Anda harus sukses ? Kenapa Anda harus mencapai goals Anda ? Kemudian tumbuhkanlah keinginan yang menggebu-gebu seperti suatu kebutuhan yang mendesak, lalu kejar dan wujudkanlah goals Anda. Motivasi yang membuat sukses, sesungguhnya adalah yang berasal dari dalam diri Anda sendiri, bukan yang datang dari luar.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
6 Comments

6 komentar:

  1. Motivasi Pak Han...dapat menjadi penyemangat seseorang untuk berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai suatu kesuksesan.

    Suatu kesuksesan seseorang tidak begitu mudah di dapatkan begitu saja , semua itu di butuhkan suatu usaha , perjuangan dan pengorbanan yang positif yang tujuan untuk mencapai suatu kesuksesan yang di inginkan , contohnya seperti usaha seekoar elang yang sedang kehausan untuk mendapatkan air minum.
    Jika benar suatu kesuksesan itu membutuhkan suatu usaha ,perjuangan dan pengorbanan ,berarti untuk mencapai kesuksesan tersebut seseorang harus mau BERUBAH lebih baik lagi untuk mencapai suatu kesuksesan.
    Mohon maaf jika komentar saya keliru, mohon di luruskan..karena saya sedang belajar Pak.

    Salam Sukses ,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teruslah jadi pembelajar, kita belajar sama-sama ya pak Samun. Anda sudah benar, terima kasih atas kontribusinya yaa....Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Izinkan saya mengutip kalimat dari "Jim Rohn" yang saya tulis dari video-nya di YOUTUBE;...
    Learn to workharder on yourself than you do on your JOB,
    If you workhard on your JOB you can make a living,
    If you workhard on yourself you can make a fortune.
    everything change for me when i understood this PHILOSOPHY,
    I didn't mind working hard on my JOB but things didn't seem to change that much, then i started working hard on myself.

    Maksud dari Ucapan-nya adalah;...
    Belajarlah untuk Bekerja Keras pada diri sendiri daripada yang Anda lakukan di PEKERJAAN(JOB) Anda,
    Jika Anda Bekerja Keras pada JOB Anda, Anda dapat mencari nafkah,
    Jika Anda Bekerja Keras pada diri sendiri, Anda dapat membuat keberuntungan.
    segalanya berubah bagi saya ketika saya mengerti FILOSOFI ini,
    Saya tidak keberatan bekerja keras pada JOB saya tetapi hal-hal tampaknya tidak berubah banyak, maka saya mulai bekerja keras pada diri saya sendiri.

    yang dimaksud bekerja pada diri sendiri adalah Terus Belajar,Menambah banyak SKILL,Menambah kemampuan Berbahasa ASING,Belajar MOTIVASI dan terus berusaha menjadi yang TERBAIK dan menjadi MANUSIA yang "SUPER HEBAT" yang tidak pernah menyerah kepada KEADAAN tetapi KEADAAN-Lah yang selalu menyerah kepada-nya.

    contoh-nya adalah BURUNG ELANG diatas dia punya banyak SKILL dan Pengetahuan-nya Luas dan Sering Belajar MOTIVASI juga INSPIRASI sehingga dia BERUNTUNG...(^_^)...

    Tuhan tidak akan mengubah NASIB seseorang apabila orang tersebut tidak mau MENGUBAH-nya sendiri,...
    Marilah kita berubah,merubah segala yang BURUK menjadi BAIK!
    Mr Shoaff (mentor-nya Jim Rohn) mengatakan kepada Jim Rohn;...If you will change MR ROHN, everything will change for you...

    Semoga Terinspirasi,...
    Salam SUKSES,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa, mas Nuzul. Rasanya semakin lengkap dengan tambahan pengetahuan yang mas Nuzul berikan, semoga teman-teman pembaca setia dapat memetik manfaat yang lebih banyak lagi. Terima kasih, yaa....Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  3. Satu Kata......Hebaaat.!!!

    Saya banyak membaca komentar-komentar di Blog Pak Han..Sungguh Luar Biasa

    Saya yakin teman-teman yang selalu mengikuti...membaca...dan menerapkan artikel artikel di Blog Pak Han...akan menjadi karyawan yang Excellent yang akan menjadi asset perusahaan untuk mendukung Goals perusahaan menjadi " A World Class Company "

    Salam Sukses Hidup Luar Biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun belum banyak yang ikut berkomentar, tapi saya yakin sudah semakin banyak yang membaca artikel-artikel ini, pak Wowo. Sebentar lagi kita akan dikelilingi oleh orang-orang yang hebat untuk mewujudkan world class company. Jangan segan-segan dan jangan bosan-bosan untuk mengajak teman-teman yang lain bergabung disini. Terima kasih atas dukungan Anda. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus