Senin, 17 Februari 2014

Peningkat Kehidupan


Pada acara motivasi putaran ketiga kemarin, saya bicara tentang kata-kata Disney yang terkenal pada tahun 80 an. Disney mengatakan bahwa ada tiga jenis manusia pada masa kini yaitu Well Poiseners atau pemberi racun yang baik, yang suka mengkritik dan menjerumuskan orang lain ketimbang membangun. Yang kedua adalah Lawn Mowers atau pemangkas rumput, yakni orang-orang baik yang bekerja keras, merawat keluarga dan rumah mereka, tetapi sibuk sendiri tidak meninggalkan halaman rumah mereka untuk menolong orang lain. Dan yang ketiga adalah Life Enhancer atau peningkat kehidupan  yang dengan kata-kata dan tindakannya menjangkau untuk memperkaya kehidupan orang lain dan membuat tempat kehidupan mereka lebih baik.

Menjadi peningkat kehidupan bagi orang lain juga mengartikan bahwa kita mampu melihat dari sudut pandang orang lain, kita menginginkan sebuah hubungan dan tidak menempatkan diri terlalu tinggi untuk dijangkau serta selalu melihat hal-hal baik yang ada pada orang lain.

Kita dapat membantu seseorang atau orang lain ketika mereka sedang menghadapi kekecewaan atau hambatan. Hal ini mungkin tidak terlihat penting, tapi pada saat-saat seperti itu mereka mungkin sedang mencari dukungan dari orang lain. Inilah waktu yang tepat bagi kita untuk melingkarkan tangan di bahu mereka dan berkata, “ Saya bangga karena kamu telah berusaha. Teruslah berupaya karena saya tahu kamu bisa melakukannya.”


Saya suka sekali membacakan kisah, antara lain tentang seorang ibu guru yang dapat Anda ikuti keseluruhan ceritanya di buku Charles Swindol yang berjudul Quest For Character. Cerita ini adalah tentang seorang ibu guru sekolah yang tidak menyukai keberadaan dan perilaku salah seorang muridnya. Anak ini tidak memiliki rumah yang layak atau pun seseorang yang peduli kepadanya, nilai-nilai di kelas tidak memuaskan dan penampilannya pun tidak menyenangkan. Sang ibu guru mengabaikannya.

Suatu ketika pada sebuah acara dimana murid-murid lain memberikan hadiah baru yang dibelikan oleh orang tua mereka kepada sang guru, murid ini memberikan hadiah berupa sebuah gelang imitasi yang mencolok dan parfum murah peninggalan almarhum ibunya. Murid-murid lain pun menertawakan hadiahnya. Tetapi sang guru kemudian mengenakan gelang dan parfum tersebut dengan komentar yang menyenangkan mengenai hadiah itu, sehingga membuat murid lain pun berhenti mengejeknya.

Malam itu sang ibu guru berdoa, memohon ampun kepada Tuhan karena telah mengabaikan anak yang tampaknya tidak dapat dicintai oleh siapa pun dan bersumpah mulai hari itu ia akan melihat sisi baik dalam diri anak yang selama ini diabaikannya. Mereka mulai menjalin persahabatan yang berlanjut hingga kelulusan anak itu sebagai dokter. Pada hari pernikahan dokter tersebut, ia mengundang dan meminta sang ibu guru duduk di tempat ibunya akan duduk jika masih hidup.

Cerita ini adalah pengingat kewajiban kita untuk mengangkat orang lain. Sebagian orang memilih mengabaikan orang-orang yang perlu disemangati. Kita harus dapat menggunakan perilaku dan ucapan kata-kata positif kita untuk berhubungan dengan orang lain. Seringkali kita  tidak peduli dan menyalahkan ketimbang berempati dan tidak mengkritik. Seringkali, kita terlalu angkuh dan sombong ketimbang bersikap ramah dan rendah hati.
Dimana ada manusia, disana ada kesempatan berbuat baik. Jika Anda ingin menjadi peningkat kehidupan, lakukanlah itu setiap hari.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. SANGAT LUAR BIASA,,,,
    "Saya bangga tiada terkira,,,
    Dari hanya sebagian kecil artikel yang kubaca
    Tidak bisa kuungkap dengan kata...
    Walau dengan banyak keterbatasan,,ingin sekali dan sedang berusaha untuk bisa hidupku
    lebih bermakna,amin.
    Hanya Kata "SUKSES" untuk pak Han yang LUAR BIASA.....


    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bangga memiliki orang seperti Anda, yang menggandakan sesuatu dalam kehidupan orang lain. Anda juga luar biasa. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Menghargai orang lain , walaupun dengan cara sederhana merupakan suatu hal yg sangat terpuji menurut saya , apalagi jika ada seseorang yg di pandang rendah sebelah mata oleh orang lain ternyata masih ada orang lain yang mau dan masih mempunyai kebaikan hati untuk memperhatikan atau menolong untuk hidup lebih baik lagi dan memberikan dorongan semangat untuk mencapai suatu kesuksesan.

    Salam Sukses ,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus