Senin, 03 Februari 2014

Responsibility


Kata-kata yang sering saya peroleh dari ayah saat remaja ketika dia marah dan menegur perilaku saya yang sering pergi keluar rumah tanpa mengenal waktu adalah kata “responsibility”. Ayah tidak pernah mengucapkan kata tanggung jawab dalam bahasa Indonesia. Tapi perilaku kenakalan saya terus berulang cukup lama sehingga kata “responsibility” juga berulang saya dapatkan. Saya baru mengerti maksud dan tujuannya setelah bersikap lebih dewasa.

Orang-orang sukses sadar bahwa siapa dan dimana mereka berada adalah tetap tanggung jawab mereka sendiri, sama sekali bukan tanggung jawab orang tua, pasangan, anak-anak, pemerintah, bos, atau rekan kerja mereka. Seorang teman menawarkan nasehat ini :” Jika seorang pemanah meleset bidikannya, ia akan mencari kesalahannya dalam diri sendiri. Kegagalan memanah dengan tepat bukanlah salah sasarannya. Untuk memperbaiki bidikan Anda, perbaikilah diri sendiri.”

Seorang jutawan ditanya, mengapa ia bekerja dua belas sampai empat belas jam seharinya. Ia menjawab,” Anda bekerja delapan jam untuk bertahan hidup, selebihnya adalah investasi untuk masa depan Anda.” Tak seorang pun yang melakukan minimum mengharapkan hasil yang optimum. 


Orang-orang bertanggung jawab, tidak pernah memprotes, “ Itu bukan tugas saya.” Mereka bersedia melakukan apapun yang diperlukan untuk menuntaskan pekerjaan yang dibutuhkan oleh organisasi. Jika Anda ingin sukses, bersedialah mendahulukan oganisasi ketimbang diri sendiri. Kualitas tertinggi dari seseorang yang bertanggung jawab adalah kemampuan untuk menuntaskan. Jika Anda ingin memimpin, Anda harus menghasilkan. 

Jika selama ini Anda belum berprestasi maksimal, mungkin Anda perlu mengembangkan rasa tanggung jawab yang lebih besar. Untuk meningkatkan hal itu, cobalah lakukan yang berikut ini :

Bertahanlah. Terkadang kemampuan untuk menuntaskan hal-hal yang sulit, mungkin cuma masalah keuletan. Lain kali ketika Anda menghadapi situasi sulit, berhentilah dan renungkan bagaimana caranya meraih sukses. Berpikirlah diluar kotak. Kreativitas dapat membantu Anda dalam menuntaskan tanggung jawab. Meminta bantuan seseorang juga dapat menjadi pilihan.

Akuilah apa yang belum baik. Jika Anda sulit mencapai kesempurnaan, mungkin standar Anda yang terlalu rendah. Periksalah kehidupan pribadi Anda, di bidang-bidang mana saja kekurangan Anda. Lalu adakan berbagai perubahan untuk menetapkan standar yang lebih tinggi. Akan membantu, jika Anda ubah standar kesempurnaan Anda.

Carilah peralatan yang lebih baik. Jika standar Anda sudah tinggi, sikap Anda sudah baik, dan sudah bekerja keras secara konsisten, namun masih juga belum mencapai seperti yang Anda inginkan, perlengkapilah diri Anda lebih baik. Tingkatkanlah keterampilan Anda dengan mengambil kursus, ikut workshop, membaca buku dan lain lain. Carilah seorang pembimbing. Lakukanlah segala sesuatu yang diperlukan untuk menjadi lebih baik pada pekerjaan Anda.

Ahli sukses Jim Rohn mengatakan,” Stress muncul akibat mengerjakan lebih sedikit daripada yang dapat Anda lakukan.” Jadikanlah kualitas tinggi sebagai sasaran Anda, maka tanggung jawab akan timbul dengan sendirinya. Peliharalah sikap menuntaskan tugas, dengan membayangkan Anda bekerja untuk diri sendiri. Tak dapat dipungkiri, kemampuan untuk memikul tanggung jawab adalah suatu kualitas yang dimiliki oleh semua orang sukses. Sudahkah Anda memilikinya ?

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar