Kamis, 06 Februari 2014

Dorongan Semangat


Judul diatas adalah materi yang saya bawakan untuk tour keliling ke SPBU-SPBU milik Gelora Group pada putaran ketiga kali ini. Setiap orang di dunia ini membutuhkan dorongan semangat, tidak peduli orang tua atau pun anak-anak, orang yang kaya atau pun miskin, orang yang terkenal mau pun yang tidak terkenal. Semua orang membutuhkan dorongan semangat, seperti Mark Twain pernah berkata,” Satu pujian dapat membuatku terus berjalan satu bulan penuh.”

Sepatah kata dorongan semangat dari seorang guru dapat membuat anak muridnya mengubah kehidupannya. Sepatah kata dorongan semangat seorang pasangan dapat menyelamatkan sebuah pernikahan. Sepatah kata dorongan semangat seorang manajer dapat membuat seseorang mencapai prestasi maksimalnya. Jangan pernah meremehkan kuasa sepatah kata dorongan semangat.


Jika kita adalah orang tua maka kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan dorongan semangat kepada para anggota keluarga kita. Jika kita seorang manajer atau pemimpin organisasi, keefektivan tim kita meningkat setara dengan besarnya dorongan semangat yang kita berikan. Sebagai seorang sahabat, kita mempunyai hak yang istimewa untuk berbagi kata-kata dorongan semangat bagi seseorang melewati masa yang sulit atau yang sedang berusaha keras mencapai kebesaran.

Saat acara motivasi berlangsung di kantor SPBU Kedungmundu Semarang, isteri saya ikut sharing mengenai dorongan semangat yang katanya pernah saya berikan beberapa tahun lalu. Kadang saya sendiri lupa pernah memberikan dorongan semangat terhadap orang lain, karena sudah menjadi kebiasaan saya untuk selalu berpikir dan bertindak positif. 

Beberapa tahun lampau, primadona bisnis di Gelora Group adalah bisnis minyak tanah. Modalnya kecil tetapi hasilnya luar biasa besar, dan pekerjaannya sangat ringan. Hanya menyalurkan barang subsidi pemerintah. Ketika pemerintah berencana untuk mengganti subsidi minyak tanah dengan lpg tiga kilo, hampir semua agen penyalur minyak tanah resah, termasuk isteri saya.

Hampir tiap hari dia mengeluhkan hal itu. Awalnya saya diamkan karena sesungguhnya kita semua mengerti bahwa secara predictable ( dapat diprediksi ) semua barang subsidi pada akhirnya akan dinormalisasikan ke harga keekonomian atau harga pasar. Hanya tinggal kapan waktu pelaksanaannya tergantung keputusan pemerintah.

Akhirnya saya berkata kepada istri saya, “ Tidak usah risaukan minyak tanah. Dalam berbisnis yang penting adalah pelakunya, asalkan kita sehat dan masih kuat, apa pun bisa menjadi bisnis, apa pun bisa kita jual, termasuk kotoran manusia.” Kata-kata itulah yang dikatakannya sebagai dorongan semangat.

Beberapa minggu lalu, ada seorang pengusaha dari daerah Tasik Malaya datang ke kantor dengan menggunakan mobil yang cukup bagus mengutarakan maksudnya untuk mengontrak toilet di SPBU Gelora Group. Mereka adalah raja wc, orang yang sukses dengan mengelola toilet di tempat-tempat yang ramai pengunjung, mereka mengelola terminal, spbu, stasiun dan lain-lain. Mereka kaya karena kotoran manusia.

Mendorong semangat orang lain berarti menolong mereka mendapatkan keberanian yang mungkin tidak mereka miliki, keberanian untuk menghadapi hari itu, melakukan yang benar, mengambil risiko dan membuat suatu perubahan. Jika kita menolong orang merasa berharga, mampu dan termotivasi, kita dapat melihat kehidupan mereka diubah selamanya dan kemudian kita melihat mereka terus maju. Dorongan semangat bagaikan oksigen bagi jiwa kita.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. kepekaan hati kita,Kepuasan bathin,rasa bahagia dan rasa memiliki kasih sayang antar sesama bisa kita dapatkan dengan kita bisa memberikan dorongan semangat hidup kepada siapapun...entah pada saudara kita, teman kerja kita,orang2 sakit yg tidak punya harapan hidup...dan siapapun yg kita temui....mereka merasa sangat dihargai,disayangi,dimanusiakan...dengan kita memberi dorongan semangat..dorongan semangat bukan hanya dari kata2 kita,tapi dari perhatian kita..dari kesungguhan kita memberikan apa yg terbaik dari diri kita..ikhlas...tanpa ada maksud lain dari apa yg kita lakukan....Dorongan semangat yang tiap saat sy ingat adalah dorongan semangat yg diberikan oleh Ibu saya yg kini memberikan arti yang sangat besar pada diri sy... kata kata itu adalah " jangan pernah malu bekerja apapun,jangan patah semangat...semua pekerjaan yg kamu jalani dengan serius dan ikhlas niscaya akan menujukan jalan rezekimu yg terbaik,dimana kamu berada bergunalah untuk orang lain... " kata2 itu sampai sekarang menjadi dasar hidup saya....SALAM SUKSES HIDUP LUAR BIASA

    BalasHapus
  2. dalam falsafah jawa dikenal kata "Tut Wuri Handayani" (yang dibelakang yang mendorong)

    biasanya orang yang sudah ada kemauan tetapi dia Ragu atau Takut melangkah,maka dorongan semangat ini akan berdampak.
    Namun,
    bagi orang yang memang dalam dirinya sudah Putus Harapan dan tidak ada benih kemauan sama-sekali,maka biasanya DORONGAN SEMANGAT ini kurang berdampak atau hanya seperti angin berlalu saja.
    seperti dalam Artikel Pak Handojo yang Lalu tentang ELANG dan BEBEK.

    Selama Masih ada HARAPAN,...Siapapun bisa semangat.
    karena siapapun didalam kesulitan hidup yang sesulit-sulitnya akan tetap menemukan kemungkinan untuk berbahagia apabila dirinya tidak Putus Berharap.

    So,Tetap Semangat dan Jangan Putus Berharap !

    Terima-Kasih Pak,
    Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus
  3. Rahasia dari dorongan semangat adalah harapan. Lakukanlah semua kebaikan yang dapat kita lakukan, dengan semua cara yang dapat kita gunakan, di semua jalan yang dapat kita tempuh, di semua tempat yang bisa kita pakai, sepanjang waktu yang ada, kepada semua orang yang dapat kita tolong selama kita mampu. Karena kita semua adalah para pendorong semangat. Hidup hanya sekali, hiduplah dengan luar biasa.
    Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus