Rabu, 22 Januari 2014

Bagaimana Cara Meminta


Suatu ketika saya melihat seorang anak laki-laki yang sedang memainkan alat musik clarinet di depan stand partitur di trotoar pertokoan di daerah wisata kota San Francisco. Di depannya ada tulisan, “Nama saya Jonathan, usia saya sebelas tahun. Saya sedang mencari uang untuk membeli saxophone soprano dan keyboard, bisa Anda bantu ? Terima kasih banyak.”


Jonathan begitu terampil memainkan alat musik tiupnya, tampak uang dilemparkan orang-orang yang lewat atau pun penonton ke dalam sebuah wadah plastik. Satu dollar dari pengusaha yang berpakaian rapih, lima puluh sen dari seorang gadis kecil dan lima dollar dari seorang nenek kaya. Memandang tumpukan uang di dalam wadah, saya yakin sasaran Jonathan akan segera tercapai.


Jonathan telah menemukan formula ajaib yaitu meminta. Dengan menggunakan sedikit kreativitas dan mengerahkan keberanian untuk meminta bantuan, ia telah menemukan cara unik untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Sudah lama saya meyakini satu kebenaran yang menyatakan, Mintalah maka engkau akan mendapatkan


Dan anak-anak itulah ahlinya. Formula mereka biasanya adalah meminta hingga mereka dapatkan apa yang mereka inginkan. Setelah dewasa kita kelihatannya kehilangan kemampuan meminta. Inilah yang perlu kita pahami. Dunia menanggapi mereka-mereka yang meminta. Kalau Anda belum juga mendekati apa yang Anda inginkan, kemungkinan Anda kurang meminta.


Ada banyak cara dalam meminta, ada banyak alasan untuk meminta dan imbalannya besar. Ketika Anda meminta, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi, ide, strategi, referensi, bisnis, umpan balik bahkan uang. Ada orang yang tidak menikmati buah dari meminta karena mereka tidak meminta dengan efektif. Pelajarilah cara meminta yang akan membuahkan hasil untuk kemajuan Anda.


Mintalah dengan jelas. Renungkan dengan jelas, luangkan waktu untuk mempersiapkan apa permintaan Anda. Pergunakanlah kata-kata yang paling besar dampaknya, ini yang paling penting. Harus jelas, tidak jelas tidak akan efektif. Kalau perlu, carilah orang yang pandai meminta dan pilihlah ide mereka. Mintalah bantuan.


Mintalah dengan yakin. Orang yang meminta dengan yakin akan mendapatkan lebih banyak dibandingkan dengan yang ragu-ragu dan tidak pasti. Satu-satunya hal negatif yang mungkin terjadi adalah ditolaknya permintaan itu. Kalau pun itu terjadi, tidak akan membuat Anda lebih buruk.


Mintalah secara konsisten. Ada orang yang langsung menciut setelah mengajukan permintaan dengan takut-takut. Mereka terlalu cepat menyerah. Mintalah dengan konsisten. Dalam penjualan, biasanya ada empat “tidak” dan satu “ya”. Para peraih prestasi memahami itu. Dan ketika Anda menemukan cara meminta yang efektif, teruslah melakukannya.


Mintalah dengan kreatif. Saya sering mengajarkan pada pencari kerja untuk mengirimkan lamaran yang lain dari pada yang lain. Jangan kirim lamaran pekerjaan dalam amplop airmail yang berwarna coklat, karena semua orang melakukannya. Kenapa tidak mencoba yang kreatif dengan mengirimkan surat lamaran seperti sebuah kado yang dibungkus kertas cantik, pasti akan lebih menarik perhatian dibandingkan lamaran biasa. Pikirkanlah cara-cara yang tidak biasa, itulah kreativitas.


Mintalah dengan tulus. Ketika Anda benar-benar membutuhkan bantuan, pasti orang akan menanggapinya. Ketulusan menuntut kejujuran. Permintaan Anda akan diperkenankan kalau Anda bisa secara jelas menunjukkan bahwa Anda telah mengerahkan upaya yang cukup besar.


Kebiasaan meminta telah mengubah dunia. Ada banyak contoh tentang pemimpin-pemimpin besar yang mengetahui bagaimana cara meminta dengan baik. Ibu Teresa meminta bantuan untuk orang miskin dan sekarat maka terciptalah Missionaries of Charity yang didukung ribuan orang di seluruh dunia. Winston Churchill meminta kepada rakyat Inggris untuk “ Jangan pernah menyerah “ dan Inggris selamat dari serbuan selama perang dunia II. Ada banyak cara untuk meminta, pelajarilah semuanya.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Ya memang benar Pak Han....meminta apapun jika tujuan kita jelas dan tujuan kita utk lebih meningkatkan diri kita,perusahaan kita, jganlah ragu,optimis diri dan ketulusan yg keluar dari diri kita akan mendorong diri kita berusaha untuk mendapatkannya dengan kretifitas otak kita,kerja keras kita maka apa yg kita harapkan pasti tercapai...sy salut dengan tokoh jonathan diatas bahwa dia mengamen dengan memiliki tujuan yg besar,target diri yg besar dan dia tidak memperdulikan siap dia...dan ini yg harus kita contoh...Mukjizat Tuhan itu ada..keajaiban Tuhan itu ada...siapapun yg baca tulisan Pak Han ini jangan pernah menyerah kita pasti bisa untuk menda[patkan apa yg kita inginkan didunia ini....kuncinya berusaha dan meminta Pada Allah SWT, Karna HANYA pdNya Segala apa yg kita minta pasti terkabul....Salam Sukses Hidup Lebih Luar Biasa Dari Hari Ini....

    BalasHapus
  2. Terima kasih motivasinya Pak Han.
    Meminta untuk tujuan yg positif dgn harapan untuk suatu peningkatan atau perubahan yg lebih baik, itu salah satu bentuk kreatifitas atau usaha yg perlu di hargai.

    Dengan kita meminta sesuatu,berarti kitapun harus bisa membuktikan apa tujuannya kita meminta sesuatu, dengan demikian kita bisa dinilai bahwa kita bertanggung jawab atas permintaan kita.

    Mudah-mudahan kita bukan hanya bisa meminta pemberian yang baik saja dari orang lain ,tapi kita harus bisa memberikan yg terbaik juga untuk orang lain ,termasuk untuk pekerjaan.

    Salam Sukses ,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus