Jumat, 17 Januari 2014

Pertanyaan Adalah Jawabannya ( Part 2 )


Sulit bagi saya untuk memberi nasihat kepada Anda tentang siapa orang yang harus Anda ajak bicara dan apa yang harus Anda tanyakan agar Anda bertumbuh dan memperbaiki diri sebagai seorang pemimpin. Hal ini bergantung pada pekerjaan apa yang Anda lakukan, dimanakah Anda dalam perjalanan Anda dan bagaimana Anda ingin bertumbuh.

Namun saya dapat mengatakan bahwa sebelum Anda keluar mencari jawabannya, Anda perlu melakukan sesuatu yang lain terlebih dahulu. Anda perlu mengajukan pertanyaan kepada diri Anda sendiri. Jika Anda mengajukan pertanyaan yang benar terhadap diri sendiri, maka apa yang harus Anda tanyakan pada orang lain akan menjadi jelas dan mudah. Saya harap pertanyaan-pertanyaan ini juga bermanfaat bagi Anda.
  

Apakah saya berinvestasi pada diri sendiri ? Ini adalah pertanyaan tentang pertumbuhan pribadi. Belajarlah lebih banyak maka Anda pun akan dapat memimpin lebih baik dan mengembangkan orang lain lebih baik.

Apakah saya sungguh tertarik dengan orang lain ? Ini adalah pertanyaan tentang motif. Banyak orang mempunyai motif untuk menjadi pemimpin adalah karena mereka tertarik gaji yang lebih besar, fasilitas yang lebih lengkap, kantor yang lebih nyaman, posisi yang dihormati dan sebagainya. Jarang saya mendengar jawaban yang benar yaitu ingin menolong orang lain.

Apakah saya melakukan apa yang saya sukai atau menyukai apa yang saya lakukan ? Ini adalah pertanyaan tentang hasrat. Hasrat akan apa yang Anda kerjakan adalah inti dari sukses dan kepuasan Anda. Saya ingin memastikan apakah masih memiliki hasrat karena jika tidak saya tahu apa yang akan mulai terjadi.

Apakah saya menginvestasikan waktu dengan orang yang benar ? Ini adalah pertanyaan tentang hubungan. Ketika saya berada bersama orang yang salah dan mengajukan pertanyaan yang salah, saya memboroskan waktu saya. Ketika saya berada bersama orang yang benar dan mengajukan pertanyaan yang salah, saya memboroskan waktu mereka. Ketika saya berada bersama orang yang benar dan mengajukan pertanyaan yang tepat, saya menginvestasikan waktu saya.

Apakah saya tinggal di dalam zona kekuatan saya ? Ini adalah pertanyaan tentang keefektifan.  Saya pernah menyinggung ini pada artikel yang berjudul zona kekuatan. Mereka yang sukses, tidak membangun di atas kelemahan. Mereka tidak membangun di atas fondasi hal-hal yang tidak dapat dikerjakan. Ketahuilah apa yang bisa Anda kerjakan dengan baik, lalu kerjakanlah.

Apakah saya membawa orang lain ke tempat yang lebih tinggi ? Ini adalah pertanyaan tentang misi. Setiap hari saya mengingatkan diri saya bahwa misi saya adalah menambah nilai pada orang lain. Keefektifan seorang pemimpin bisa dilihat dari orang-orang yang mengikuti dia, apakah mereka menjadi lebih baik atau lebih buruk, naik atau turun, apakah masa depan mereka lebih cerah atau lebih gelap.

Apakah saya mengurus hari ini ? Ini adalah pertanyaan tentang sukses. Rahasia sukses Anda ditentukan oleh agenda harian Anda. Orang sukses membuat keputusan yang benar sejak dini dan mengelola keputusan tersebut setiap hari. Anda tidak pernah mengubah hidup Anda sebelum Anda mengubah sesuatu yang Anda kerjakan setiap hari.

Apakah saya menyediakan waktu untuk berpikir ? Ini adalah pertanyaan tentang strategi. Kelemahan banyak pemimpin adalah terlalu sedikit waktu untuk berpikir. Mereka tidak menyediakan waktu khusus untuk memikirkan gagasan-gagasan atau mempunyai tim untuk meluaskan gagasan-gagasan tersebut. Ini mungkin informasi yang cukup membantu Anda terlibat dalam cara berpikir strategis.

Apakah saya mengembangkan pemimpin lain ? Ini adalah pertanyaan tentang warisan. Sudah sering saya katakan bahwa saya ingin mengembangkan orang-orang yang menjalankan bisnis saya. Sampai hari ini pun saya masih terus belajar bagaimana mengembangkan mereka dengan lebih baik. Saya tidak mau memimpin dengan cara yang lain, apa pun itu.

Jika Anda tidak bertanya, Anda tidak maju. Jika Anda tidak mendengarkan, Anda tidak belajar. Perbedaan yang terjadi di antara setiap orang adalah perbedaan dalam membuat pertanyaan yang terus mereka tanyakan. Pertanyaan yang kita ajukan pada diri sendiri dapat membentuk tanggapan kita mengenai siapa diri kita, apa yang kita mampu lakukan, dan apa yang kita bersedia lakukan untuk meraih mimpi kita.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
7 Comments

7 komentar:

  1. Ya....ini Pak Han...Tulisan yg sy tunggu2...sy sgt setuju sekali dengan uraian diatas...semua orang memang harus memberikan pertanyaan pd diri sendiri dengan hal yg diuraikan pada artikel ini....karna semua harus berdasar pd diri sendiri...sudah dimana kita berada,apa yg akan kita lakukan,sudah sejauh mana kita bertindak untuk diri dan orang lain,mau kemana arah kita,hasil apa yg sudah kita raih...trmakasih Pak Han... ini Luar Biasa bagi sy...Salam Sukses Hidup Luar Biasa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa ditambah lagi, mas Michelle. Apakah saya menyenangkan Tuhan ? Ini adalah pertanyaan tentang iman, Apa gunanya saya memperoleh seluruh dunia, bila yang saya lakukan tidak berkenan dan mengecewakan-Nya ? Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Dari semua artikel yang Pak Han berikan ini yg paling luar biasa bagi saya untuk saat ini
    Dan untuk langkah saya ke depanya, karena kita bisa melihat peningkatan SDM kita...Pertumbuhan cara pola berpikir kita...Yang akan menghasilkan tindakan yang sehat tentunya.Di awali dengan bertanya pada diri sendiri sudah sejauh mana...seperti apa... dan bagaimana...Diri kita...yang selama ini kita kerjakan...!!! Terima kasih sekali Pak Han..

    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, pak Rajiman. Segera temukan jawabannya, dan selangkah lebih maju. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  3. Ya...betul sekali Pak Han...Pertanyaan penutup yg Luar Biasa dan itulah titik akhir kita sebagai manusia ibarat sebuah kata2 bijak berusahalah sekuat tenagamu didunia ini seperti engkau akan hidup selamanya didunia ini..berbuat baik dan beribadah dengan khusuk dan sungguh2 ibarat engkau akan menghadap khalik esok hari...Salam Sukses hidup Lebih Luar Biasa dari Hari Ini....

    BalasHapus
  4. Keren pak....ijin copas (copy paste) mau di tempel di meja kerja saya pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, mas Angga. Saya senang sekali kalau bisa dimanfaatkan. Semoga sukses. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus