Kamis, 30 Januari 2014

Hukum Tempat Yang Tepat


Prestasi sebuah organisasi adalah hasil dari gabungan usaha setiap individu. Keberhasilan sebuah pemerintahan juga hasil dari gabungan usaha setiap anggota kabinet, atau para menteri-menterinya. Hal itu benar, namun tim pemenang tidak tercipta hanya dari orang-orang yang tepat saja. Mereka juga menggunakan bakat dan memaksimalkan kemampuan mereka sebagai sebuah tim. 

Saya mempunyai pengalaman beberapa tahun yang lalu ketika masih fokus di divisi angkutan. Ketika itu Gelora Group mengakuisisi perusahaan angkutan lain, termasuk dengan semua karyawannya. Salah satu staffnya adalah lulusan design graphis, tapi bekerja sebagai pengawas angkutan. Sungguh tidak tepat, kesan pertama saya. Suatu saat saya meminta bantuannya untuk mengetikkan surat penawaran tarif angkutan sampai tengah hari baru selesai. Padahal, kalau saya ketik sendiri hanya memakan waktu paling lama lima menit.

Namun ketika saya membuka bengkel Oto kits, saya mutasikan dia sebagai kepala bengkel karena saya tahu bahwa dia sangat hobby dengan mobil. Saya pun memanfaatkan sekolahnya di bidang design graphis, untuk menciptakan logo atau lambang Oto Kits yang dipergunakan sampai saat ini. Dia bekerja sebagai kepala bengkel dengan sangat baik sampai sekarang. Hukum tempat yang tepat.


Sekarang Anda mungkin belum memiliki wewenang untuk menempatkan orang lain seperti saya. Anda mungkin sekarang sedang berpikir “ Bagaimana saya menemukan tempat yang tepat bagi saya.” Jika itu masalahnya, ikutilah panduan berikut ini :

Miliki rasa aman. Semua kemampuan Anda tidak ada gunanya, jika Anda merasa tidak aman. Jika Anda membiarkan rasa tidak aman menguasai, Anda menjadi tidak fleksibel dan enggan berubah. Agar bertumbuh, Anda harus bersedia berubah.

Pahami diri sendiri. Anda tidak bisa mengetahui tempat yang tepat, jika Anda tidak mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Luangkan waktu untuk memikirkannya, mintalah masukan dari orang lain. Lakukan apa pun untuk lebih memahami diri Anda.

Percayai pemimpin Anda. Pemimpin yang baik akan membantu Anda bergerak menuju arah yang benar. Jika Anda tidak mempercayai pemimpin Anda, mintalah bantuan mentor lain atau pindahlah ke tim lain.

Lihat kondisinya secara menyeluruh. Tempat Anda di dalam sebuah tim hanya bisa dikatakan tepat jika sesuai dengan kondisinya secara menyeluruh. Jika Anda ingin menemukan tempat yang tepat hanya untuk keuntungan pribadi, kemungkinan besar Anda tidak akan memperoleh hal yang Anda idam-idamkan.

Andalkan pengalaman Anda. Untuk mengetahui apakah Anda telah menemukan tempat yang tepat adalah dengan melakukan hal yang sepertinya benar, dan belajar dari pengalaman kegagalan atau kesuksesan Anda. Ketika menemukan tempat itu, hati Anda akan bernyanyi,” Tidak ada tempat seperti ini di mana pun, betapa pun miripnya, jadi pasti inilah tempatnya.”

Hampir semua orang pernah berada di dalam tim di mana orang-orangnya mendapat peranan yang tidak sesuai. Seorang akuntan dipaksa untuk menghadapi pelanggan sepanjang hari. Seorang gitaris dipaksa untuk memainkan keyboard. Seorang  guru dibebani dengan pekerjaan administratif, atau pasangan yang tidak suka berada di dapur namun di suruh untuk memasak. Ketika orang-orang tidak berada di tempat di mana mereka bisa mengerjakan hal-hal dengan baik, banyak hal akan berjalan tidak semestinya. Itulah Hukum Tempat yang tepat. Bagaimana dengan diri Anda ?

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Pak Han...Kalau sy Untuk pemahaman diri, sy tau dimana kekuatan/keunggulan sy...tp saya sendiri kadang suatu ketika punya rasa tidak percaya dengan apa yg saya punya....kemampuan apa yg saya punya seolah2 keluar dengan sendirinya secara alami...dari Tuhan...dimanapun sy berada,dengan siapapun sy berhubngan ilmu itu akan datang dengan sendirinya...bagi sy ilmu akan sy dapatkan dengan siapapun sy berhubgn dan dimanapun tempat sy berada disitu sy harus fokuskan diri sy dan untuk membuka diri pd tiap orang yg sy temui..sehingga mereka pun merasa nyaman dan timbal baliknya sy akan mendapatkan ilmu orang yg sy hadapi.... SALAM SUKSES HIDUP LUAR BIASA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Michelle, itu yang namanya mampu menyesuaikan diri. Talenta itu mungkin cukup untuk membawa kita bekerja secara profesional. Tetapi profesional beda dengan expert. Bekerja secara profesional ditandai dg bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan bayaran atau predikatnya. Jika Anda mengerjakan tugas lebih dari bayaran yang Anda terima semata-mata karena Anda mengejar kualitas profesi dan kepakaran yang lebih tinggi, Anda sudah naik kelas menjadi seorang expert. Seorang expert akan selalu memperbaiki dan melipatgandakan kelas kompetensinya, sehingga secara otomatis akan melipatgandakan hasilnya. Teruslah tumbuh dan mengembangkan diri untuk menjadi seorang expert di bidang Anda. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus