Sabtu, 11 Januari 2014

Berikan Yang Terbaik


Sejak saya berkomitmen untuk memberdayakan para karyawan, secara berkala saya mengadakan acara keliling turun lapangan setiap tiga bulan sekali, memberikan motivasi dan edukasi kepada mereka. Saya selalu melakukan persiapan yang matang, membuat slide presentasi, mengumpulkan bahan-bahan baru yang akan saya bagikan kepada  mereka, karena saya selalu ingin memberikan yang terbaik.



Menurut saya, persiapan adalah sikap, cara hidup. Persiapan lebih dari sekedar disiplin. Persiapan benar-benar membuat perbedaan antara mereka yang menang dan kalah. Ayah saya mengatakan, “ Kerjakanlah segala tugasmu dengan sekuat tenaga.” Dengan kata lain, berikanlah yang terbaik dari diri Anda, dalam segala hal yang Anda lakukan, dengan segala hal yang Anda miliki. Dan saya selalu berusaha menerapkan itu dalam segala hal yang saya lakukan.


Mungkin Anda sudah mempunyai pola pikir “ berikan yang terbaik ”.  Jika ya, saya sarankan dan mendorong anda untuk mempertahankan sikap itu. Jika tidak, saya harap pemikiran berikut akan membantu Anda mengembangkan pola pikir itu.


Semua orang bisa menjadi orang yang penting bagi saya. Kemungkinan besar kita akan memberikan yang terbaik hanya untuk orang-orang yang kita kasihi dan hormati. Saya masih ingat, dulu saya memberikan yang terbaik untuk hanya orang-orang yang menyukai dan yang baik kepada saya, sedang kepada orang-orang yang mengabaikan, saya hanya melakukan seperlunya saja. Namun akhirnya saya sadar bahwa usaha saya yang pilih-pilh sering kali merusak hubungan saya dengan orang lain. Kepada siapa pun, saya akan selalu memberikan yang terbaik. Perubahan sikap itu pun akhirnya mengubah tindakan saya.


Segala tindakan kita juga bisa dibuat menjadi penting. Hari yang biasa menjadi biasa saja karena kita tidak membuatnya memiliki nilai lebih. Cara yang paling baik untuk membuat hari yang kita jalani menjadi lebih penting, adalah dengan memberikan yang terbaik dari diri kita. Hal ini akan membuat hari itu menjadi istimewa. Diskusi yang biasa akan menjadi lebih baik saat Anda mendengarkan dengan penuh perhatian.  Hubungan yang biasa akan menjadi lebih baik saat Anda memberikan usaha yang tidak biasanya. Kita bisa membuat segala hal menjadi lebih penting dengan cara memberikan usaha kita yang terbaik.


Anda bisa menjadi orang yang penting bagi semua orang. Biasanya, orang-orang yang penting bagi kita adalah orang-orang yang memperlakukan diri kita sebagai orang penting. Bukan orang-orang yang tidak pernah punya waktu untuk kita atau yang tidak pernah ada saat kita membutuhkan mereka. Wajar sekali, kalau kita menghargai orang lain yang menghargai kita. Jika kita ingin menjadi orang penting bagi orang lain, perlakukanlah mereka sebagai orang penting. Cara yang paling efektif adalah dengan memberikan yang terbaik bagi mereka.


Maksimalkan kemampuan dan kesempatan Anda. Saya merasa menyesal baru memiliki pengalaman sembilan tahun bergabung dengan Gelora Group  sehingga tidak dapat menjadi pemimpin atau direksi yang lebih baik bagi para karyawan. Namun saya mengerahkan segenap kemampuan saya. Mungkin Anda pernah dengar kisah seorang petani yang hendak menjual sapi perahnya kepada seseorang. Si pembeli menanyakan asal usul sapi tersebut pada si petani, ia menanyakan berapa kandungan lemak pada susu sapinya dan berapa banyak susu yang diproduksi setiap bulan. Petani berkata,” Saya tidak tahu asal usul sapi saya, saya juga tidak tahu berapa kandungan lemaknya, namun ia adalah sapi yang baik dan ia akan memberikan semua susu yang dimilikinya.” Itulah segala hal yang bisa kita berikan, segala hal yang kita miliki. Hal itu saja sudah cukup.


Saat kita memberikan yang terbaik, hidup kita akan menjadi sesuatu yang istimewa dan hal itu akan mengalir dalam kehidupan orang lain. Jadikanlah setiap hari sebagai karya besar kita. Kita harus bertanggung jawab pada Tuhan, pada orang lain, pada diri kita sendiri, atas segenap kemampuan, sumber daya dan kesempatan yang kita miliki. Bagaimana menurut Anda ?


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. So pasti setuju sekali, dengan Sumber Daya yg kita miliki dan kita bisa memberikan yg terbaik
    Untuk orang lain dan bermanfaat bagi orang lain juga. Salah satu hal yg paling mulia di Dunia ini adalah mampu membahagiakan orang orang yg ada di sekitar kita dg cara mamberikan apa yg mereka Butuhkan bukan apa yg mereka Inginkan.......!!!
    Welas Asih itu Indah !! dg kita memberikan yg Terbaik untuk Orang lain tanpa harus melihat Siapa Dia dan dari Kasta Mana, Sudah saatnya Kita Harus Bermanfaat untuk orang lain di
    Awali dengan Sikap dan Tindakan kita yg Mulia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut, mas. Ada rencana keliling lagi, siap-siap yaa....Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Betul Sekali apa yang disampaikan Pak Han...

    Dengan kita selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal....saya yakin hasilnya pun kita akan selalu mendapatkan yang terbaik juga...

    Salam Sukses...Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
  3. Luar Biasa artikel Pak Han..
    Selagi kita masih diberi kemampuan oleh Tuhan dan mempunyai kemampuan untuk berbuat yang terbaik, tidak ada salahnya jika kita melakukan yang terbaik untuk segalanya, termasuk kita berbuat yang terbaik untuk pekerjaan dimana tempat kita bekerja.

    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus