Sabtu, 25 Januari 2014

Karisma


Dua orang yang selama ini saya kagumi karena mereka memiliki karisma yang luar biasa adalah  bapak Solechan sebagai founder Gelora group, dan bapak Raharjo yang menjadi founder Gatra Bumi Persada. Sayang sekali beliau-beliau ini sudah tiada, meninggal dunia sekitar sepuluh tahun lalu dalam waktu hampir bersamaan, hanya beda dua tahun. 

Nada bicara mereka selalu enak didengar, namun memiliki wibawa atau tekanan yang sulit dibantah oleh orang lain. Saya bisa merasakannya pada saat berbicara di telpon tanpa harus bertatap muka. Mereka memiliki kualitas menarik orang kepada mereka dan membuat orang lain ingin menjadi pengikutnya. Mereka punya karisma.


Bagaimana dengan karisma Anda ? Apakah orang lain secara alami tertarik kepada Anda ? Apakah Anda disenangi ? Jika tidak, mungkin Anda mengalami salah satu atau beberapa hambatan terhadap pengembangan karisma seperti :

Kecongkakan. Tidak seorangpun ingin menjadi pengikut seseorang yang menganggap dirinya lebih baik daripada orang lainnya. Ketidakmantapan. Jika Anda tidak senang dengan keberadaan Anda sendiri, orang lain pun akan demikian. Mudah berubah-ubah. Jika orang tidak tahu harus mengantisipasi apa dari Anda, mereka tak akan mengantisipasikan apa-apa lagi. Perfeksionis. Orang menghargai tuntutan kesempurnaan, namun takkan tahan terhadap ekpektasi yang tidak realistis. Sinisme. Orang tidak senang dengan seseorang yang selalu melihat hal yang negatif dari apa pun.

Kebanyakan orang menganggap karisma itu sesuatu yang mistik, hampir sulit didefinisikan. Mereka pikir karisma adalah kualitas bawaan sejak lahir. Namun itu tidak benar. Karisma adalah kemampuan kita menarik orang, seperti karakter lain yang dapat dikembangkan. Untuk memperbaiki karisma Anda, lakukanlah yang berikut ini :

Ubahlah fokus Anda. Perhatikanlah interaksi Anda dengan orang lain selama beberapa hari mendatang. Sementara Anda berbicara kepada orang lain, tentukanlah seberapa jauh percakapan tersebut menyangkut diri Anda. Capailah keseimbangan dengan mengubah fokus dari diri sendiri kepada orang lain.

Pentingkanlah kesan pertama. Cobalah sebuah eksperimen. Lain kali saat Anda berjumpa pertama kali dengan seseorang, sebisa mungkin cobalah untuk memberikan kesan yang baik. Tanyakan namanya. Fokuskanlah perhatian pada minatnya. Bersikaplah positif. Dan yang terpenting, perlakukanlah dia sebagai orang yang bernilai “10”. Jika Anda dapat melakukannya dalam sehari,  Anda dapat melakukannya setiap hari. Karisma Anda akan meningkat.

Berbagilah. Jadikanlah sasaran jangka panjang Anda untuk membagi sumber-sumber daya Anda kepada orang lain. Pikirkanlah bagaimana caranya Anda dapat memberikan nilai tambah pada lima orang dalam hidup Anda tahun ini. Mereka bisa anggota keluarga, rekan sekerja, karyawan atau pun teman. Bantulah mereka tumbuh secara pribadi maupun secara profesional. Bagikanlah perjalanan  hidup Anda bersama mereka.

Dalam soal karisma, ujung-ujungnya adalah selalu tentang memikirkan orang lain.  Orang-orang yang mendahulukan orang lain serta keprihatinan mereka ketimbang diri sendiri akan memperlihatkan karisma.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Sebelumnya yang saya tahu bahwa Kharisma itu adalah karunia yang diberikan oleh dewa kepada seseorang sehingga orang tersebut dapat terlihat lebih menawan, berwibawa, dan disukai banyak gadis. ada yang bilang juga kalau kharisma itu sebagian bawaan lahir dan sebagian lagi dari latihan.
    yang mau saya tanyakan bagaimana dengan kharisma yang bawaan lahir itu, karena ada juga orang yang memang belum apa-apa sudah menarik, walaupun dia hanya seorang anak kecil?

    Selalu tersenyum, Sukses. Salam Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlepas dari pendapat yang pro dan kontra. Yang saya tahu, sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh beberapa universitas yang menyimpulkan bahwa kharisma bukan bawaan dari lahir seperti halnya kepemimpinan. Mengenai akan kecil yang menarik, bisa saja bersifat subyektif, like or dislike. Selanjutnya terserah Anda. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Terima kasih Motivasinya Pak.

    Untuk menjadi seseorang yang mempunyai karisma tidaklah mudah ,karena seseorang yang mempunyai karisma salah satunya orang tersebut harus mempunyai keribawaan.

    Hanya terkadang masih ada seseorang yang ingin mempunyai karisma bukan dengan jalan berusaha secara alami atau sewajarnya ,tetapi ada seseorang yang ingin di pandang oleh orang lain mempunyai kewibawaan, dan daya tarik oleh orang lain .bukan dari usaha yang alami atau sewajarnya ,tetapi karena unsur yang lain.

    Bagaimanapun juga saya menghargai karisma yang dimiliki seseorang,dan saya harus tetap berpikiran positif.

    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...pakai susuk atau kumis macan yaa....masih perlu pembuktian, mas.

      Hapus