Rabu, 29 Januari 2014

Bila Perusahaan Menolak Menaikkan Gaji Anda



Kenaikan gaji secara berkala setiap tahun biasanya diberlakukan untuk setiap karyawan sesuai dengan peraturan pemerintah. Namun ketika Anda membuktikan bahwa  Anda adalah orang terbaik yang pernah mereka pekerjakan, mungkin Anda memutuskan untuk meminta kenaikan gaji yang menurut Anda sepadan dengan apa yang telah Anda lakukan untuk perusahaan.

Beruntung saya pernah menjadi karyawan kemudian menjadi pemilik perusahaan, sehingga saya bisa menggunakan sudut pandang dari kedua sisi. Pada saat masih menjadi karyawan, saya juga menginginkan kenaikan gaji yang tinggi walau pun tidak terlalu berhasil namun hasilnya masih diatas rata-rata kenaikan gaji berkala tahunan.

Sekarang pada saat saya menjadi pemilik perusahaan, saya melihat dari sudut yang berbeda. Kalau ada karyawan yang minta kenaikan gaji, yang pertama saya lihat adalah fakta-fakta kontribusi apa yang telah diberikan oleh karyawan tersebut sehingga perusahaan layak memenuhinya. Bila menurut perusahaan permintaannya tidak didukung dengan fakta yang relevan maka hal itu jarang berhasil, tapi janganlah berkecil hati. Taktik jangka pendek mungkin telah gagal, tetapi strategi jangka panjang mungkin bisa berhasil.



Ini hanya memerlukan waktu yang lebih lama dan menuntut lebih banyak dari Anda dibandingkan sebelumnya. Untuk membantu Anda dengan cara lain dalam membangun dasar guna memperoleh jawaban ya di masa depan, sebaiknya yang Anda minta selain kenaikan gaji adalah sebagai berikut :

Jam kerja yang lebih panjang. Bukan jam kerja yang lebih pendek, tapi jam kerja yang lebih panjang. Bukan mengharapkan upah lemburan, karena mungkin lemburan Anda saat ini belum dihargai oleh perusahaan. Yang diperlukan adalah ekstra jam untuk bidang yang baru bukan pekerjaan rutin Anda, jam kerja yang memberi Anda tanggung jawab lebih besar. Tantangan yang lebih besar.

Pelatihan. Anda harus menginginkan kesempatan untuk meningkatkan keahlian atau mempelajari sesuatu yang baru. Mungkin dengan mengajukan kesempatan mengikuti seminar, konvensi atau mengikuti kursus untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menjual Anda atau mengikuti kursus komputer, teknologi atau metoda baru, yang memperlengkapi keahlian Anda.

Mengetahui sasaran. Anda harus mengetahui persyaratan yang harus Anda miliki untuk mencapai sasaran gaji yang Anda inginkan. Tanyakan pada pimpinan Anda, lalu mintalah peninjauan gaji untuk mengetahui kemajuan Anda.

Kejelasan karier. Apakah sasaran karier Anda realistis? Tanyakan, mintalah pimpinan menjelaskan gagasan perusahaan tentang karier jangka panjang Anda dan jadwal yang masuk akal untuk mencapainya.

Kemungkinan pindah. Tanyakan, apakah manajemen memberikan kesempatan atau mendukung Anda untuk pindah ke departemen atau divisi lain tempat dimana sasaran karier dan gaji dapat dicapai, apabila jenjang karier di tempat Anda sekarang tidak tersedia.

Inti dari pada gagasan ini adalah untuk membuat Anda setapak lebih maju daripada kebanyakan orang, menghindari proses normal perusahaan dalam mengevaluasi gaji.  Anda berada di jalur cepat menempuh karier. Anda harus merancang program Anda sendiri agar dipromosikan lebih awal karena Anda orang yang istimewa.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Terima kasih motivasinya Pak.

    Maaf sebelumnya....ini hanya berbagi pengalaman.
    Dikarenakan tiap tahunnya harus membayar upah karyawannya naik ,ada perusahaan yg tidak mampu membayar karyawannya sesuai dengan peraturan pemerintah , sehingga ada perusahaan yang mengambil alternatif diantaranya melakukan pengurangan karyawan,menghilangkan jam lembur, penghematan biaya produksi,dan mengganti status karyawan tetap menjadi karyawan kontrak dan ada yg lainnya.

    Jika seorang karyawan bekerja pada suatu perusahaan, alangkah baik jika seorang karyawan tersebut mau ikut bertanggung jawab memikirkan kelangsungan jalannya perusahaan di tempatnya bekerja, walaupun hanya melakukan atau memberikan tanggung jawab pekerjaan yang terbaik dan jangan hanya meminta yg terbaik dari perusahaan dan berikan yg terbaik juga untuk perusahaan.

    Salam Sukses. Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelora group bangga mempunyai karyawan yang mau berpikir seperti itu. Anda sungguh membanggakan. Terima kasih, Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Banyak diantara pekerja yang hanya berfikir,apa yang akan saya terima dari perusahaan?,...
    tetapi sedikit pekerja yang berfikir,apa yang telah saya berikan kepada Perusahaan?,...

    Sebagaimana Penjelasan Pak Budi Sadewo,tentang HAK dan KEWAJIBAN...
    Kewajiban dulu baru kemudian HAK. (bukan dibalik)

    ada orang Bijak yang berkata;...
    Bila kita mencari uang, kita akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik.
    Tetapi jika kita mengutamakan pelayanan yang terbaik, maka kitalah yang akan dicari uang.

    setapak lebih maju daripada kebanyakan orang,...ini GAGASAN yang Bijaksana...Alhamdulillah saya sedang dalam PROSES.

    sebaik-baik Menanam POHON adalah 20 tahun yang lalu atau lebih lama lagi,
    apabila kita ingin melihat masadepan kita maka Lihat-lah apa yang kita Lakukan SEKARANG,
    dimana ada keinginan Pasti ada jalan,...

    Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah hukum cause and effect, mas Nuzul. Mulailah menyukai dan berpikir untuk fokus pada penyebabnya, itulah cara yang diakukan oleh orang2 sukses. Cara berpikir dan sikap Anda sudah benar. Keep on the track. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus