Kamis, 23 Januari 2014

Kebiasaan Sukses


Kita semua adalah makhluk kebiasaan. Saya mempunyai kebiasaan tidur larut malam dan bangun pagi antara jam enam sampai jam tujuh. Kebiasaan adalah perilaku yang terus saya ulangi, dan ujung-ujungnya menjadi seperti otomatis karena sudah terprogram. Kalau saya ingin bangun lebih pagi dari kebiasaan, maka saya memerlukan alat bantu, bisa berupa alarm atau minta dibangunkan.


Orang sukses, mempunyai kebiasaan sukses, sedangkan orang yang tidak sukses juga mempunyai kebiasaan tidak sukses. Dengan kata lain, kebiasaan-kebiasaan kita menentukan masa depan kita. Kebiasaan-kebiasaan negatif memberikan dampak negatif, sedangkan kebiasaan-kebiasaan sukses memberikan dampak positif.

Kabar baiknya, kita bisa memprogram ulang diri kita setiap saat bila kita menginginkannya. Kalau kita ingin sehat, maka kita harus mempunyai kebiasaan-kebiasaan sehat. Makan makanan yang bergizi , berolah raga dan mempelajari bagaimana hidup sehat dan berumur panjang. Demikian pula dalam soal keuangan, kebiasaan-kebiasaan buruk akan membawa kita masuk kelompok elit, yaitu ekonomi sulit. Kebiasaan menabung dan menginvestasikan minimal 10 sampai 20 persen dari pendapatan kita, dapat menjadi solusi yang sangat baik. 

Kalau kita terus saja melakukan apa yang selama ini kita perbuat, kita akan selalu mendapatkan apa yang selama ini kita dapatkan. Tidak ada yang berubah. Marilah kita telaah lebih mendalam, tentang kebiasaan-kebiasaan dan pola yang menghambat kita. Kita mungkin langsung menyadari beberapa di antaranya, namun kita perlu merenungkan lagi yang terlewat. Satu-satunya prasyarat adalah kita harus berkomitmen terhadap perubahan.

Identifikasikanlah dengan jelas kebiasaan-kebiasaan buruk atau yang tidak produktif. Penting sekali kita benar-benar merenungkan dampak masa depan dari kebiasaan-kebiasaan buruk kita. Dampak buruk sesungguhnya bisa jadi tidak berlangsung cepat, baru akan tampak setelah beberapa tahun mendatang. Kalau kesulitan mengidentifikasi, bisa minta umpan balik dari orang-orang di sekitar kita.

Definisikan kebiasaan sukses baru. Biasanya ini adalah lawan dari kebiasaan buruk kita. Kita dapat menggunakan kepedihan dan kesenangan yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya untuk memotivasi diri kita. Semakin jelas kita menggambarkan manfaat-manfaat yang diperoleh, semakin besar kemungkinan kita untuk segera mengambil tindakan.

Ciptakanlah rencana tindakan. Ambilah keputusan tentang tindakan spesifik mana saja yang akan kita laksanakan. Kita harus mengambil tindakan. Mulailah dengan satu kebiasaan yang benar-benar ingin kita ubah. Jika kita bisa mengubah empat kebiasaan buruk dalam waktu satu tahun, dalam lima tahun kita bisa mengubah dua puluh kebiasaan buruk kita. Dengan dua puluh kebiasaan baru yang positif, lihatlah apa yang terjadi.

Dengan memaksakan perilaku baru terhadap perilaku yang sekarang, Anda bisa menciptakan cara yang sama sekali baru dalam mengerjakan segalanya. Begitu suatu kebiasaan berkembang baik, ia menjadi perilaku normal baru Anda. Perilaku normal baru ini akan menjadi standar kinerja dan produktivitas Anda yang baru. Orang yang benar-benar sukses memahami bahwa kehidupan ini adalah pengalaman belajar yang tidak pernah berhenti. Berusahalah terus untuk menyempurnakan kebiasaan-kebiasaan Anda. Selalu ada saja tingkatan lebih tinggi yang dapat diraih.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Ada yang mengatakan kalu kebiasaan itu kalau sudah melekat dalam diri seseorang akan sulit diubah apalagi dihilangkan, kalaupun kita memaksakan suatu saat pasti akan timbul lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan baru bisa dibentuk apabila kita sudah menjalankan selama dua puluh satu hari atau tiga minggu berturut-turut. Tapi untuk merubah kebiasaan yang sudah berurat dan berakar, perlu perjuangan lebih keras mungkin waktu yang lebih lama, tergantung motivasi Anda. Kalau Anda berpikir akan timbul suatu saat nanti ya akan timbul, demikian pula sebaliknya. Namun, pada prinsipnya setiap orang mampu melakukannya.

      Hapus
  2. Kebiasaan = sesuatu yang biasa di kerjakan atau di lakukan.
    Setiap orang mempunyai kebiasaan yg setiap kali orang tersebut melakukannya,tapi untuk meninggalkan kebiasaan yg buruk dan berusaha mencari kebiasaan baik tidaklah mudah, betul kata Pak Han.

    Tapi kita bisa berusaha untuk mendapat kebiasaan yang baik, salah satunya kita harus mau belajar dan berusaha untuk memulai melakukan suatu kebiasaan yang baik walaupun berat meninggalkan kebiasaan yg buruk.

    Salam Sukses ,Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus