Jumat, 24 Januari 2014

Cara Bermimpi Kreatif


Saya diajari bermimpi pertama kali adalah pada tahun 1993, ketika diperkenalkan dengan sebuah bisnis MLM dari luar negeri oleh adik perempuan saya yang tinggal di Jakarta. Ketika itu adalah bulan Maret dan saya masih menjadi karyawan di Pertamina. Pada langkah awal, saya dimotivasi untuk berani bermimpi, seperti anak kecil yang berani mengemukakan apa cita-citanya tanpa harus memikirkan bagaimana cara meraihnya. 

Saya disuruh membuat buku cita-cita, berupa sebuah buku gambar yang besar lalu menempelkan guntingan gambar-gambar dari majalah yang mewakili visualisasi impian saya. Saya menempatkan gambar kota-kota di luar negeri di halaman pertama buku gambar tersebut, karena di dalam hati saya yang paling dalam saya sangat berkeinginan untuk keliling dunia, namun bagi saya adalah hal yang tidak mungkin mengingat biaya dan kondisi ekonomi saya saat itu. Pada saat itu biaya naik pesawat masih mahal.


Hal yang mustahil terjadi, salah satu impian saya menjadi kenyataan dalam tempo enam bulan, tepatnya di bulan September. Saya bisa pergi ke Kuala Lumpur selama lima hari dibiayai perusahaan, satu hal yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, tidak bagi karyawan selevel saya. Dua tahun kemudian, impian yang lain yaitu ingin memiliki sebuah mobil juga terlaksana. Menurut saya,  Anda boleh mengikuti petunjuk cara bermimpi kreatif yang sudah membuktikan bahwa mimpi itu bisa menjadi kenyataan, bila kita sungguh-sungguh menginginkannya.

Jawab tiga pertanyaan mendasar tentang diri Anda. a) Siapakah saya ? Dengan menjawab pertanyaan ini, memberi tahu Anda aset dan kemampuan apa yang Anda miliki. b) Kemana saya hendak pergi ? Banyak orang hanya memiliki ide samar tentang mengapa mereka hidup atau kemana mereka hendak menuju. Anda tidak boleh demikian, semuanya harus jelas. c) Bagaimana saya bisa sampai ke tempat yang ingin saya tuju ?  Satu hal yang secara umum dimiliki oleh semua yang berhasil adalah kesediaan berkorban untuk meraih cita-cita mereka. Dapatkan pelatihan yang terbaik yang memungkinkan Anda memperoleh pengalaman untuk apa yang Anda ingin kerjakan.

Bermimpilah secara khusus, spesifik. Saya pernah membahas tentang goal setting, gunakanlah untuk mimpi Anda. Kebanyakan orang hanya berharap, jadilah orang yang tahu persis apa yang Anda inginkan. Bila mimpi Anda adalah sebuah bisnis milik Anda sendiri, gambarkan bisnis seperti apa itu dan kapan Anda akan memulainya.

Tentukan kerangka waktu untuk mewujudkannya. Ini juga hampir sama dengan goals setting yang pernah dibahas pada “resolusi akhir tahun” Sebuah fakta menunjukkan bahwa orang bekerja lebih efisien dan lebih cepat apabila mereka menentukan batas waktu atau satu jadwal untuk apa yang mereka kerjakan.

Bayangkan mimpi itu seperti sudah tercapai. Jika Anda juga membuat buku cita-cita seperti yang saya uraikan diatas, menggambarkan mimpi itu sudah tercapai akan lebih mudah, karena Anda sudah memiliki tempelan gambar yang mewakili impian Anda. Hal ini sangat membantu agar alam bawah sadar kita juga menerima pesan yang jelas apa yang sungguh-sungguh kita inginkan. Alam bawah sadar manusia memiliki energi invisible yang sangat besar yang dapat kita manfaatkan untuk menarik alam semesta membantu mewujudkannya ( hukum tarik menarik ). 

Buat komitmen total dengan mimpi Anda. Ada suatu hukum yang berlaku, jika Anda secara total berketetapan hati ,  bersedia membuat semua pengorbanan yang diperlukan, dan tetap menjaga pikiraan Anda untuk memenangkan tujuan, Anda akan meraih cita-cita Anda.

Kebanyakan orang yang bermimpi bukan benar-benar bermimpi. Mereka mungkin mempunyai kebutuhan-kebutuhan, keinginan-keinginan dan harapan, tetapi mereka tidak mengikuti cara-cara mimpi yang berhasil. Gunakanlah cara bermimpi kreatif, mulailah memproses mimpi Anda dengan suatu tindakan sekarang juga, kemudian lihatlah apa yang terjadi.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Saya izin mengutip sebuah lirik lagu
    Mimpi adalah kunci
    Untuk kita menaklukkan dunia
    Berlarilah tanpa lelah
    Sampai engkau meraihnya

    Mimpi yang indah itu kala kita mewujudkannya dalam kenyataan, seperti halnya Pak Han yang memiliki Cara Bermimpi Kreatif, saya pun memiliki cara mewujudkan sebuah mimpi, inilah cara yang diwariskan oleh orang tua dulu yaitu dengan DUIT ( Do'a dibarengi Usaha dengan Ilmu, dan diakhiri dengan Tawakal)

    Sukses, salam Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kalau Anda sudah tahu caranya. Saya berbagi untuk yang belum punya cara dan mau menerima inspirasi saya sebagai pengetahuan. Semoga Anda sukses mewujudkan mimpi-mimpi Anda, yaa....

      Hapus
  2. Benar Sekali Nasihat dari Bapak Handojo;...
    "Mulailah memproses mimpi Anda dengan suatu tindakan sekarang juga, kemudian lihatlah apa yang terjadi"

    ada orang Bijak yang berkata;...
    Perjalanan sejauh 7000KM itu selalu dimulai dari langkah PERTAMA...maka Ambil-lah langkah Pertama itu!

    Saya juga Punya IMPIAN PRIBADI yang SANGAT BESAR dan saya tidak tahu kapan IMPIAN saya akan tercapai,
    yang saya tahu adalah saya harus MEMAMPUKAN DIRI !

    BRUCE LEE Pernah Berkata;...
    "Knowing is not enough, we must apply...Mengetahui itu tidak cukup,kita harus menerapkan"
    "Willing is not enough, we must do...Menginginkan itu tidak cukup,kita harus melakukan"

    Nasihat dari Bapak Mario Teguh (MOTIVATOR);...
    "Lakukan-lah yang terbaik yang bisa anda Lakukan agar Tuhan melakukan yang tidak bisa anda Lakukan"

    Terima-Kasih Pak Han artikel-nya,...sangat menginspirasi dan sangat bagus!

    Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus