Rabu, 15 Januari 2014

Tahun Kuda


Ketika melihat kalender bulan januari yang menempel di dinding kantor, saya baru tahu tanggal 31 januari 2014 adalah tanggal merah, hari libur imlek. Menurut zodiak Cina, tahun 2014 adalah tahun Kuda, yang diawali tanggal 31 Januari 2014 berakhir tanggal 18 Februari 2015. Kuda adalah lambang ketujuh dari zodiak cina yang terdiri dari 12 shio. Kuda adalah simbol kebangsawanan, kecepatan, ketangkasan dan ketekunan.


Orang yang lahir di tahun Kuda, digambarkan sebagai orang yang pintar, bertutur kata luar biasa dan memiliki bakat mempengaruhi orang lain untuk memperoleh sesuatu. Mereka percaya bahwa tujuan mereka dalam hidup adalah untuk mencari kebebasan individu dan kebahagiaan.

Berbicara tentang kuda, mengingatkan saya pada artikel kompas yang mengupas acara sea games yang lalu, dimana tim berkuda Indonesia memperoleh medali emas walaupun menunggang kuda yang sakit. Kesan pertama saya waktu itu, luar biasa.

Pada saat undian, Jendri Palendeng mendapat kuda Gunderman, seekor kuda yang menderita sakit pinggang. Ditandai dengan kepalanya selalu mendongak ke atas dengan gelisah. Pelatih tim berkuda Indonesia Prasetyana Sumiskun sudah mencoba meminta ganti kuda, tapi kurang beruntung karena kuda cadangan tidak tersedia. Akhirnya tim pelatih meminta ijin untuk mengganti gear ( benda yang digigit kuda ), dari besi menjadi karet. Kemudian minta ijin lagi memasang draw rein ( alat yang dipasang di pinggang kuda ) untuk mengurangi sakit pinggang kuda tersebut, pada sesi latihan.

Pergantian gear ternyata sangat efektif mengurangi kegelisahan, sehingga kuda mudah dikendalikan. Sedangkan draw rein mengurangi rasa sakit di pinggang kuda. Alhasil, kuda Gunderman yang ditunggangi Jendri dapat melompati semua rintangan dengan sempurna, tanpa kesalahan. Jendri menjadi penentu tim Indonesia dalam merebut emas pada nomor lompat rintangan beregu. Strategi yang jitu membuat Indonesia berhasil merebut emas dengan selisih waktu 0,73 detik dari tim Myanmar yang merebut perak.

Banyak orang akan merasa pesimis dan tidak bersemangat menghadapi situasi ini. Banyak orang akan menyalahkan undian atau menyalahkan kudanya bila tidak berhasil menjadi pemenang. Tapi tidak dengan pelatih dan tim joki Indonesia, mereka tetap optimis dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi situasi yang tidak dapat mereka kendalikan dengan mengganti gear dan memasang draw rein. Mereka juga mengatur jumlah langkah kuda dan kekuatan jepitan ke pinggang kuda, saat melompati rintangan. Hasilnya kita semua sudah tahu.

Bagaimana dengan diri kita untuk menghadapi tahun Kuda 2014 ? Apakah kita akan menjadi seperti kebanyakan orang yang hanya bisa mengeluh ketika keadaan tidak sesuai dengan yang kita harapkan ? Kemudian mencari alasan-alasan ketika kita tidak mampu mencapai target atau tujuan.

Menggaris bawahi alinea pertama, bahwa kuda adalah simbol kebangsawanan, kecepatan, ketangkasan dan ketekunan. Maka sudah selayaknya kita mampu bertindak cepat, tangkas, penuh dedikasi dan ketekunan untuk mencapai target dan komitmen yang sudah kita tentukan di awal tahun 2014 ini. Marilah kita mempersiapkan diri untuk mengatasi kekurangan diri kita, fokus pada kekuatan kita kemudian siapkan strategi yang jitu supaya kita menjadi pemenang di tahun 2014.

Semoga cerita tentang kuda ini dapat menginspirasi kita, untuk menjawab tantangan di tahun Kuda yang tentunya tidak mudah, tetapi kita tetap optimis mampu mencapai target-target yang kita tetapkan. Marilah belajar dari kuda.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Memang Benar di th 2014 ini adalah Tahun Kuda, Menurut Saya Beberapa cerita diatas tadi
    Luar Biasa sekali dan kita ambil Pesan Moral dan Hikmahnya dari beberapa Pemenang yg Hebat, bisa menjadikan kita motivasi untuk bekerja dan beraktifitas lebih Semangat dan Semangat lagi hingga sampai tercapai tarjet Kita di th 2014 ini dg sukses.
    Sudah saatnya di th 2014 ini Kita Semua jadi Seorang Pemenang...!
    Kita Semua Ingat ! Seorang PEMENANG Selalu Berorientasi Pada Hal - Hal Yg POSITIP!!!
    Ayo tuggu Apalagi Mari Kita WUJUDKAN!!!


    Salam Sukses Dan Hidup Luar Biasa...

    BalasHapus