Kamis, 17 April 2014

Apa Yang Anda Jual


Mc Donald’s adalah waralaba makanan cepat saji yang begitu digemari banyak pelanggan, dan sangat sukses di seluruh dunia. Kalau melihat dari produk yang dijual ternyata tidak banyak beda dengan para pesaingnya. Memang kualitas produk yang baik sudah menjadi keharusan. 

Kenapa sepatu Nike banyak digandrungi bukan hanya oleh para olahragawan, tetapi oleh siapa pun mulai dari anak-anak hingga orang tua ? Apakah karena kualitas sepatunya yang terbaik dibanding kompetitornya ? Atau karena modelnya yang selalu baru, inovatif dan berganti-ganti ?

Kenapa para perokok di seluruh dunia keranjingan dengan Marlboro ? Apakah karena kenikmatan tembakaunya ? Atau karena aroma yang ditimbulkan oleh kertas filternya ? Marlboro meraih sukses mengalahkan para pesaingnya bukan melulu karena enaknya racikan tembakau rokoknya.

Kenapa Starbucks sukses di Amerika dan kini mulai mecoba mengulang sukses di seluruh dunia, termasuk di mall-mall kota besar di Indonesia ? Apakah karena kopinya ? Terus terang saya lebih suka kopi Excelso waralaba lokal milik perusahaan Kapal Api, dibanding kopinya yang terlampau pahit.

Mc Donald’s, Nike, Marlboro dan Starbucks meraih sukses mereka bukan hanya karena “ apa yang ditawarkan kepada pelanggan ”. Mc Donalds sukses bukan karena makanannya, Nike sukses bukan karena sepatunya dan Marlboro sukses juga bukan karena racikan tembakaunya, demikian pula dengan Starbucks yang sukses bukan hanya karena kopinya.

Merek-merek dunia tersebut sukses lebih dikarenakan “ bagaimana cara mereka menawarkan produk dan layanan kepada para pelanggan “. Mc Donald’s sukses karena konsep yang ditawarkan seperti pelayanan, kebersihan, nilainya. Keramahan kepada anak-anak dengan disediakannya arena bermain, lengkap dengan event-event ulang tahun, dan lain-lain. Juga suasana restoran yang fun dan frendly.

Demikian pula dengan Nike. Anda keliru jika menganggap Nike hanya berjualan sepatu. Nike jualan identitas dan ekspresi diri. Nike lebih fokus mengusung nilai yang bergeser dari sepatu yang kuat dan berkualitas menjadi alat ekspresi diri, alat mendefinisikan diri, dan alat untuk menunjukkan citra pemakainya.

Kesimpulannya, berbeda lebih penting dari pada sekedar lebih baik. Suatu produk yang unggul dari segi isi atau apa yang ditawarkan, akan lebih mudah ditiru oleh pesaing sementara perbedaan dari segi bagaimana menawarkannya akan lebih sulit ditiru. Ada perusahaan yang mengandalkan sumber daya manusia sebagai pembeda. Banyak orang yang datang ke restoran bukan karena hidangan yang disajikan, melainkan suasana di sekitarnya.

Untuk sukses sebagai seorang karyawan, hampir sama seperti mengelola sebuah bisnis. Anda dapat mengambil cerita di atas sebagai inspirasi . Perusahaan tempat Anda bekerja adalah yang menjadi pelanggan Anda. Bukan apa  yang akan Anda jual kepada perusahaan atau pimipinan Anda tetapi bagaimana Anda menjual diri Anda. 

Seperti di dalam bisnis, kalau Anda sekedar bekerja lebih baik tentu dapat disaingi oleh orang lain dan tidak akan membuat perusahaan melirik kelebihan Anda. Setelah Anda lebih baik dari rekan yang lain, cara Anda yang berbeda akan menjadi sangat penting untuk meraih kesuksesan dalam karier. 

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Saya sangat2 setuju dengan apa yg dipaparkan oleh Pak Han...Bisnis yang kita kerjakan tidak bisa kita mengandalkan kerja yg kita lakukan dengan standar baik saja...tapi bagaimana kita harus mempunyai konsep penjualan yg membuat kita BEDA,membuat kita punya sesuatu WOOW , yang pelanggan kita akan selalu teringat dengan tempat kita...contoh kecilnya...Jika nanti TEAM BINTANG sudah menyusun kata2 bijak Milik Pak Han..dan dijadikan sebuah buku saku Bijak kecil..dan buku itu bisa kita gunakan untuk pelanggan PERTAMAX di Seluruh SPBU Gelora Group sebagai soufenir untuk pelanggan...dan sy yakin efeknya pasti Luar Biasa...pertama pelanggan akan selalu ingat dengan SPBU Gelora Group khususnya...kedua alangkah indahnya jika kata2 bijak ini sangat berguna untuk pelanggan2 kita...yang ketiga Pasti Penulisnya akan mendapatkan keuntungan Dunia akherat....Aminn....Saya tunggu BUKU SAKU BIJAK nya Pak Han....Salam Sukses Hidup Hanya Sekali Hiduplah dengan Luar Biasa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...wah....wah, saya ditodong terus sama mas Michelle. Jangan khawatir sudah dipikirkan konsep buku sakunya, mudah2an dapat segera terwujud. Hidup hanya sekali, hiduplah dengan luar biasa. Mungkin judulnya itu.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus