Mc Donald’s adalah waralaba makanan cepat saji yang begitu digemari banyak pelanggan, dan sangat sukses di seluruh dunia. Kalau melihat dari produk yang dijual ternyata tidak banyak beda dengan para pesaingnya. Memang kualitas produk yang baik sudah menjadi keharusan.
Kenapa
sepatu Nike banyak digandrungi bukan hanya oleh para olahragawan, tetapi oleh
siapa pun mulai dari anak-anak hingga orang tua ? Apakah karena kualitas
sepatunya yang terbaik dibanding kompetitornya ? Atau karena modelnya yang
selalu baru, inovatif dan berganti-ganti ?
Kenapa
para perokok di seluruh dunia keranjingan dengan Marlboro ? Apakah karena
kenikmatan tembakaunya ? Atau karena aroma yang ditimbulkan oleh kertas
filternya ? Marlboro meraih sukses mengalahkan para pesaingnya bukan melulu
karena enaknya racikan tembakau rokoknya.
Kenapa
Starbucks sukses di Amerika dan kini mulai mecoba mengulang sukses di seluruh
dunia, termasuk di mall-mall kota besar di Indonesia ? Apakah karena kopinya ?
Terus terang saya lebih suka kopi Excelso waralaba lokal milik perusahaan Kapal
Api, dibanding kopinya yang terlampau pahit.
Mc
Donald’s, Nike, Marlboro dan Starbucks meraih sukses mereka bukan hanya karena
“ apa yang ditawarkan kepada pelanggan ”. Mc Donalds sukses bukan karena
makanannya, Nike sukses bukan karena sepatunya dan Marlboro sukses juga bukan
karena racikan tembakaunya, demikian pula dengan Starbucks yang sukses bukan
hanya karena kopinya.
Merek-merek
dunia tersebut sukses lebih dikarenakan “ bagaimana cara mereka menawarkan
produk dan layanan kepada para pelanggan “. Mc Donald’s sukses karena konsep
yang ditawarkan seperti pelayanan, kebersihan, nilainya. Keramahan kepada
anak-anak dengan disediakannya arena bermain, lengkap dengan event-event ulang
tahun, dan lain-lain. Juga suasana restoran yang fun dan frendly.
Demikian
pula dengan Nike. Anda keliru jika menganggap Nike hanya berjualan sepatu. Nike
jualan identitas dan ekspresi diri. Nike lebih fokus mengusung nilai yang
bergeser dari sepatu yang kuat dan berkualitas menjadi alat ekspresi diri, alat
mendefinisikan diri, dan alat untuk menunjukkan citra pemakainya.
Kesimpulannya,
berbeda lebih penting dari pada sekedar lebih baik. Suatu produk yang unggul
dari segi isi atau apa yang ditawarkan, akan lebih mudah ditiru oleh pesaing
sementara perbedaan dari segi bagaimana menawarkannya akan lebih sulit ditiru.
Ada perusahaan yang mengandalkan sumber daya manusia sebagai pembeda. Banyak
orang yang datang ke restoran bukan karena hidangan yang disajikan, melainkan
suasana di sekitarnya.
Untuk
sukses sebagai seorang karyawan, hampir sama seperti mengelola sebuah bisnis.
Anda dapat mengambil cerita di atas sebagai inspirasi . Perusahaan tempat Anda
bekerja adalah yang menjadi pelanggan Anda. Bukan apa yang akan Anda jual kepada
perusahaan atau pimipinan Anda tetapi bagaimana Anda menjual diri Anda.
Seperti
di dalam bisnis, kalau Anda sekedar bekerja lebih baik tentu dapat disaingi
oleh orang lain dan tidak akan membuat perusahaan melirik kelebihan Anda.
Setelah Anda lebih baik dari rekan yang lain, cara Anda yang berbeda akan
menjadi sangat penting untuk meraih kesuksesan dalam karier.
Salam
SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Saya sangat2 setuju dengan apa yg dipaparkan oleh Pak Han...Bisnis yang kita kerjakan tidak bisa kita mengandalkan kerja yg kita lakukan dengan standar baik saja...tapi bagaimana kita harus mempunyai konsep penjualan yg membuat kita BEDA,membuat kita punya sesuatu WOOW , yang pelanggan kita akan selalu teringat dengan tempat kita...contoh kecilnya...Jika nanti TEAM BINTANG sudah menyusun kata2 bijak Milik Pak Han..dan dijadikan sebuah buku saku Bijak kecil..dan buku itu bisa kita gunakan untuk pelanggan PERTAMAX di Seluruh SPBU Gelora Group sebagai soufenir untuk pelanggan...dan sy yakin efeknya pasti Luar Biasa...pertama pelanggan akan selalu ingat dengan SPBU Gelora Group khususnya...kedua alangkah indahnya jika kata2 bijak ini sangat berguna untuk pelanggan2 kita...yang ketiga Pasti Penulisnya akan mendapatkan keuntungan Dunia akherat....Aminn....Saya tunggu BUKU SAKU BIJAK nya Pak Han....Salam Sukses Hidup Hanya Sekali Hiduplah dengan Luar Biasa....
BalasHapusWah...wah....wah, saya ditodong terus sama mas Michelle. Jangan khawatir sudah dipikirkan konsep buku sakunya, mudah2an dapat segera terwujud. Hidup hanya sekali, hiduplah dengan luar biasa. Mungkin judulnya itu.
HapusSalam Sukses, Hidup Luar Biasa.