Senin, 21 April 2014

Menciptakan Peluang


Pada awal bulan ini diadakan test seleksi untuk menjadi pengawas SPBU yang terbuka bagi operator yang ingin meningkatkan karier. Sebanyak 31 orang operator dari berbagai SPBU Gelora Group mendaftar untuk mengikuti test tertulis yang diadakan di kantor pusat, Cilacap.

Dari hasil saringan pertama, 9 orang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti test berikutnya yaitu wawancara. Selama mengikuti wawancara dari mereka, saya menarik kesimpulan bahwa persiapan mereka ala kadarnya hanya kebetulan karena adanya lowongan, sebab banyak dari mereka yang memberikan jawaban yang kurang memuaskan.

Sesungguhnya tanpa melalui kesempatan mengikuti test seleksi semacam ini, seorang karyawan tetap dapat meningkatkan karier apabila mereka mau berbuat lebih, bekerja lebih baik, belajar lebih banyak dan memantaskan diri untuk jabatan yang lebih tinggi dan tanggung jawab yang lebih besar. 

Menciptakan peluang tentu lebih baik daripada hanya menunggu peluang. Saat kesempatan datang seperti ini pun, ketika mereka tidak menyiapkan diri dengan baik, mereka akan gagal menangkapnya. Pengalaman mereka sebagai operator bertahun-tahun, sama sekali tidak memberikan gambaran kesiapan mereka untuk memperoleh tanggung jawab yang lebih besar.

Siapa yang tidak kenal Lionel Messi yang berada di puncak pencetak gol terbanyak di semua ajang Eropa sepanjang musim 2012-2013 ? Messi menjadi pemain andalan utama Barcelona untuk menjebol gawang lawan. Torehan 60 gol semusim yang berbuah predikat Top Scorer La Liga.

Mau tahu apa rahasia di balik banyaknya gol yang mampu Messi jaringkan ke gawang lawan ? Jawabannya sederhana. Messi setiap kali mampu berada di lokasi dimana bola berada. Bagaimana bisa ? Karena Messi selalu bergerak, baik ketika ada bola mau pun tidak ada bola. Ia terus bergerak di daerah gawang lawan dan pemain satu timnya selalu menemukan Messi dalam posisi tak terjaga. 

Kelihatannya cukup mudah, tapi sesungguhnya tidak demikian. Lebih banyak pemain yang menanti dengan pasif bola disodorkan kepada mereka. Orang-orang seperti inilah, yang menanti satu peluang atau kesempatan dalam hidupnya untuk menggapai sukses. 

Seharusnya kita bisa mencontoh Messi yang memiliki naluri untuk terus bergerak, baik peluang itu sudah berada di depan mata atau bahkan ketika belum terlihat sebagai peluang. Sikap mengambil tindakan dan bergerak inilah yang mendekatkan kita pada kesempatan dalam hidup ini. Kesempatan akan muncul berkali-kali bagi mereka yang tidak diam menunggu, tetapi bergerak dan bersiap menyambut kesempatan itu.

Persiapkanlah diri Anda sebaik-baiknya dengan bekerja sebaik mungkin, untuk menciptakan peluang atau bersiap menyambut peluang emas bagi diri Anda. Namun apabila Anda melakukan yang biasa Anda lakukan, maka wajar sekali apabila Anda mendapatkan apa yang biasa Anda dapat.

Keahlian dalam melakukan apa pun, tercipta karena kita sering melakukannya. Keahlian kita dalam bekerja itulah yang akan menentukan kualitas dari hasil kerja kita. Lakukanlah apa pun yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain, itulah yang membuat Anda di daftar teratas untuk meraih peluang, karena semua orang akan menoleh kepada Anda.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar