Jumat, 04 April 2014

Kosa Kata Yang Harus dihindari


Kata-kata digunakan untuk membuat kita tertawa dan menangis. Kata-kata dapat melukai atau menyembuhkan hati kita. Kata-kata dapat memberi kita harapan dan kehancuran. Dengan “kata” kita dapat membuat maksud termulia kita dapat dirasakan dan keinginan terdalam kita diketahui oleh orang lain.

Pemilihan kata yang efektif untuk menggambarkan pengalaman hidup kita dapat meningkatkan emosi kita yang paling memberdayakan. Pemilihan kata yang buruk dapat menghancurkan kita dengan pasti dan cepat.

Seorang psikiater ternama pernah berkata bahwa dua patah kata paling menyedihkan dalam kosa kata manusia adalah “ Kalau saja “. Dia yakin bahwa orang yang terjebak dalam kegagalan menghabiskan seluruh hidupnya dengan berkata, “ Kalau saja....kalau saja saya berusaha lebih keras, kalau saja saya bersikap lebih lembut pada anak-anak saya, kalau saja saya lebih tekun, kalau saja saya lebih jujur, kalau saja.....”

Cara membenahi pola pikir seperti itu adalah dengan mengubah kosa kata Anda dan menggantinya dengan kata “ Lain kali “....lain kali saya akan berusaha lebih keras, lain kali saya akan bersikap lebih lembut pada anak-anak saya, lain kali saya akan lebih tekun, lain kali....”

Kegagalan bukanlah kegagalan kalau Anda memperbaikinya di lain kesempatan. Saya pernah baca hasil dari mewawancarai tujuh puluh orang yang mengukir prestasi teratas di berbagai bidang, tidak ada yang menggunakan kata gagal untuk mendeskripsikan kesalahan mereka. Sebaliknya, mereka menganggapnya pembelajaran, jalan memutar atau kesempatan untuk berkembang, pelajaran yang berharga.

Anda boleh menganggap itu cuma perbedaan kecil, tetapi perbedaan kecil yang dapat menghasilkan perbedaan besar. Cara perpikir kita menentukan tindakan kita. Orang-orang negatif memilih kata-kata yang mengambil peran sebagai korban, bukan sebagai pemeran utama. The world is a stage and we are all actors ini it. Dunia adalah sebuah panggung dan kita semua adalah aktor di dalamnya.

Seperti kata-kata, “ Kenapa saya “, orang-orang mengeluh kenapa harus saya yang dilahirkan dari keluarga miskin, kenapa saya hanya berpendidikan rendah, kenapa saya gajinya tidak naik-naik, dan ratusan “ kenapa saya” selalu menghantui kehidupan mereka.

Ada lagi orang yang selalu mengkhawatirkan apa yang belum terjadi, sehingga seringkali takut dan tidak memiliki keberanian untuk bertindak. Yaitu kalimat “ Apa yang akan terjadi jika....”  Sebagai contoh, “ Apa yang akan terjadi jika saya berbisnis dan tidak berhasil ?, Apa yang terjadi jika saya dipromosikan dan tidak dapat mengerjakan tugas baru saya ?”

Bayangkan kata-kata atau kalimat yang akan merenggut dan mengkerdilkan potensi diri Anda. Hindarilah penggunaannya dan mulailah mengambil tanggung jawab penuh akan keberhasilan Anda. Anda bukan korban, bukan juga penonton, Anda adalah pemeran utama hidup Anda. Hari ketika Anda berhenti untuk mencari-cari alasan dan kambing hitam adalah hari ketika Anda memulai menaiki tangga kesuksesan.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Catatan yang Luar Biasa,...
    Terima-Kasih Pak.

    Sebetul-nya bukan hanya Perut kita saja yang harus diberi makan setiap hari,
    tetapi juga Mental kita yaitu dengan Kata-Kata yang menginspirasi,memotivasi,mendidik,bermanfaat.

    Ketika raja baja "Andrew Carnegie" meninggal dunia,laci mejanya terbuka.
    Di laci ada selembar kertas kuning.
    Pada selembar kertas itu,ada kata-kata yang ditulis-nya ketika ia berumur 20 tahun,
    Andrew Carnegie menulis tujuan utama hidupnya :..
    "Aku akan menghabiskan separuh pertama hidup saya untuk mendapatkan uang , dan yang kedua untuk mendistribusikan-nya".
    ternyata Carnegie begitu terinspirasi dengan kata-kata'nya ini,
    Pada tahun 1901 dia mengumpulkan kekayaan sebesar $480 juta,
    Dan kemudian di bagian terakhir dari hidupnya , ia mengabdikan dirinya dengan sukacita untuk mendistribusikan Harta-nya dijalan kebaikan...Luar Biasa.

    Orang bijak mengatakan;...
    Jangan berkata: "Jika aku bisa, aku akan melakukan-nya".
    Tetapi katakan: "Jika aku ingin, aku bisa melakukan-nya".

    Hidup hanya sekali,HIDUPLAH dengan LUAR BIASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar Biasa, mas Nuzul. Kita bisa memilih kata-kata yang selalu menginspirasi dari kita sehingga tetap teguh mencapai tujuan. Hidup hanya sekali, Hiduplah dengan luar biasa !!

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus