Senin, 14 April 2014

Harga Diri


Coba perhatikan selembar uang. Uang tersebut berharga bukan karena tampilan fisiknya saja. Lebih dari sekedar fisiknya yang terbuat dari kertas, ada nilai di dalam uang itu yang menyebabkan uang itu dihargai dan diakui dengan nilai tertentu.

Demikian juga yang berlaku pada diri manusia. Yang menentukan diri kita, sesungguhnya bukan hanya bentuk serta tampilan fisik kita, yang membuat diri kita berharga. Banyak orang menyebutnya “ inner beauty ”, atau kita juga dapat menyebutnya dengan“ harga diri “, sebagai bentuk penerimaan yang tulus terhadap diri kita tanpa syarat.

Ada sebuah tips teknik untuk membangun harga diri yang baik, yang pernah saya baca yaitu dengan teknik do-re-mi. Mudah-mudahan dapat berguna, karena dengan terbentuknya harga diri yang baik, kepercayaan diri Anda juga akan meningkat.

Pertama, Do, doronglah diri Anda dengan kata-kata penguatan positif. Jika kita mengulang kata-kata penguatan yang positif setiap hari, alam bawah sadar kita akan menerimanya sebagai fakta. Tanpa kita sadari akan membentuk hal positif yang kita yakini. 

Lalu Re, respek atau hormati diri Anda sendiri. Jadilah kuat, jangan pernah merendahkan diri Anda sendiri dan jangan pernah tidak menghargai dan tidak menghormati diri Anda sendiri dengan cara dan keadaan apa pun.  Tegakkanlah kepala dan bersyukurlah dengan cara menghormati diri Anda sendiri.

Kemudian Mi, milik diri Anda yang berharga. Buatlah inventory atau daftar fisik mau pun mental diri Anda yang bernilai. Fokus pada kelebihan-kelebihan Anda, pada hal-hal yang positif dari diri Anda.

Berikutnya Fa, fakta apakah dari masa lalu Anda yang menunjukkan kesuksesan dan pribadi Anda yang cemerlang ? Kita sering menengok ke belakang karena mengenang kegagalan-kegagalan yang tidak mudah dilupakankarena kita kurang menghargai keberhasilan-keberhasilan yang pernah kita raih. Hargailah keberhasilan Anda di masa lalu, sebagai pendorong semangat.

Lalu Sol, solusi-solusi apakah dalam hidup Anda yang berhasil ? Lihat, seperti apa pun diri Anda saat ini adalah hasil dari berbagai solusi yang berhasil di masa lalu Anda. Ada orang yang mengatakan, “ Mengakui keberhasilan masa lalu, adalah membingkai masa depan.”

Lalu berikutnya nada La, langkah-langkah apakah yang bisa Anda lakukan untuk membuat diri Anda lebih berharga lagi di masa depan ? Temukanlah cara meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan sikap Anda, kemudian melangkahlah dengan penuh percaya diri.

Lantas berikutnya adalah Si, sikap positif harus dijaga. Dengan memiliki sikap positif terhadap diri kita sendiri, maka kita akan bisa selalu bersikap positif terhadap orang lain. Supaya kita bisa tulus menerima orang lain, kita perlu lebih dahulu belajar menerima diri sendiri secara utuh.

Terakhir nada Do lagi, dorong diri Anda dengan penguatan yang positif sekali lagi. Katakan betapa berharga dan bernilainya diri Anda.

Dengan tips do-re-mi-fa-sol-la-si-do diatas, mari kita belajar membangun harga diri kita. Memang harga diri Anda tidak sepenuhnya ditentukan oleh diri Anda. Orang lain pun akan turut memberikan judgement terhadap diri Anda. Namun, yang jelas harga diri itu harus dimulai dari diri Anda terlebih dulu. Orang yang memiliki harga diri tinggi biasanya tidak kesulitan untuk tampil lebih percaya diri. 

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Pak Han selain hebat dlm menyanyikan lagu2, ternyata bisa mengubah not lagu menjadi rumus yg mudah diingat dan dihafalkan.
    Semoga setiap kali kita bersenandung, kitapun ingat rumus2 yg diajarkan oleh pak Han ini, sehingga kita semakin menjadi lebih 'berharga'.
    Salam sukses hidup luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...pak Ishak bisa saja, maksudnya biar mudah menghafal rumusnya. Kapan-kapan kita nyanyi-nyanyi lagi. Rencana minggu pertama Mei ke Semarang lagi tapi biasa acara cuap-cuap tiga bulanan di kedungmundu, silahkan ajak teman kalau berkenan hadir.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Terima kasih pak Han, kalo saya diijinkan untuk datang di acaranya mr.Joss Gandos....he he
    Pasti sy tdk akan melewatkan kesempatan yg luar biasa ini.
    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus