Jumat, 11 April 2014

Bagaimana Menyelesaikannya


Ada dua hal yang paling sulit ditemukan orang-orang, yaitu berpikir sesuai urutan kepentingannya dan melakukan sesuatu sesuai yang terpenting. Apakah Anda salah satu diantaranya ? Jika ya, Anda tidak sendirian. Saya juga sering mengalaminya.

Tentukan prioritas untuk tujuanmu. Bagian utama dari kesuksesan terletak pada kemampuan menentukan hal terpenting yang harus dilakukan. Alasan utama dari kegagalan mencapai tujuan ialah karena kita menghabiskan waktu mendahulukan hal-hal yang kurang penting.

Seorang manajer SPBU berpikir bahwa dengan bekerja keras dapat menghasilkan nilai audit yang ekselen untuk SPBUnya. Maka ia pun bekerja keras menerapkan SOP yang harus dijalankan oleh seluruh anak buahnya. Karena tidak tahu hal-hal mana yang harus diprioritaskan, kerja kerasnya tidak membawa hasil yang memuaskan. Atasannya berkata, “ Bekerjalah dengan cerdas.” 

Demikian pula apabila Anda ingin menjadi kaya, maka Anda harus memikirkan pekerjaan macam apa yang bisa membuat Anda kaya. Lalu tentukan prioritas yang jelas dan mencari tahu cara mencapai tujuan tersebut. Berpikirlah sesuai urutan hal yang terpenting dan selalu bekerja dengan cerdas.

Hal pertama yang harus kita lakukan ialah hal yang paling penting. Itulah hal-hal yang tidak dapat ditunda sampai besok, seperti mengatur meja makan untuk makan malam, dan belajar karena akan mengikuti ujian besok pagi atau mempersiapkan materi untuk rapat besok.

Lalu ada hal penting berikutnya yang tidak butuh banyak waktu untuk menuntaskannya, seperti tugas membuat bahan presentasi yang harus selesai tiga minggu mendatang. Tiga minggu jelas waktu yang cukup. Kata yang penting diingat adalah “ batas waktu “.

Pekan pertama, kita sibuk karena harus mengerjakan hal-hal yang paling penting. Pekan kedua, kita dimintai bantuan bagian lain untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Pada saat pekan ketiga tiba, kita mulai panik, akhirnya harus dibantu rekan-rekan yang lain untuk merampungkannya. Itulah pentingnya batas waktu dibuat, dan yang lebih penting kita harus mematuhinya.

Seorang siswa SMP bernama Kumar membaca bahwa kalau ia bekerja keras, ia bisa menjadi kaya.  Pekerjaan terberat yang ia ketahui adalah menggali lubang. Jadi ia mulai menggali lubang di kebun belakang rumahnya. Ia tidak menjadi kaya, malahan dimarahi oleh orang tuanya !

Memang, hal itu tidak benar-benar terjadi, tetapi itu contoh yang bagus bagi orang-orang yang bekerja keras tanpa prioritas. Seringkali kita dihadapkan pada tiga, empat atau beberapa hal sekaligus, itu berarti kita harus bisa menentukan urutan prioritas.

Semua pemimpin harus meluangkan waktu untuk memiliki tujuan, tetapi pemimpin yang baik tahu bagaimana mengandalkan para pengikutnya agar ikut membantu. Pemimpin yang baik akan belajar untuk menggunakan pihak lain melakukan pekerjaan yang tidak begitu penting agar mereka dapat fokus pada hal-hal yang utama.

Pemimpin yang baik tahu bagaimana agar ia tidak terjebak pada hal-hal yang tidak begitu penting. Mereka tahu bagaimana membuat prioritas. Beberapa hal perlu dilakukan “sekarang” beberapa hal bisa “menunggu” sampai besok, dan beberapa hal lainnya tidak harus dilakukan segera.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Setuju Sekali Pak Han....

    menentukan prioritas baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan memang sangat dan sangat penting untuk dapat sukses mencapai target yang ingin dicapai..

    Kita memang harus menentukan dan membuat skala prioritas baik dalam pekerjaan maupun kehidupan yang akan membuat kerja atau hidup kita terarah, karena jelas mana yang ingin kita capai terlebih dahulu dan mana yang ingin kita capai kemudian. Sehingga kita akan lebih fokus dalam mencapai tujuan tersebut...

    Salam Sukses Hidup Luar Biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau setuju, jangan lupa bagikan ke teman-teman. Terima kasih, semoga senantiasa bermanfaat, pak Budi Sadewo.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Terima kasih Motivasinya Pak.
    Memang betul Pak . sesuatu yang penting karus kita utamakan untuk di jalankan /di selesaikan,tetapi kita juga tidak boleh mengambaikan sesuatu yang tidak penting , karena sesuatu yang kita anggap sekarang tidak penting suatu saat bisa menjadi sesuatu yang penting.

    Salam Sukses , Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting Anda tahu membuat skala prioritas, mana yang harus dilakukan walaupun Anda tidak ingin melakukannya, mana yang ingin Anda lakukan tapi tidak harus dilakukan, mana yang tidak harus dilakukan sekarang, dstnya. Terima kasih juga atas partisipasi Anda, pak Samun.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus